Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Keuntungan Investasi Saham Yang Bisa Investor Dapatkan

Sumber Keuntungan Investasi Saham Yang Bisa Investor Dapatkan

Gambariklan.com - Membahas tentang investasi saham, maka rasanya penting untuk mengetahui darimana saja sumber keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor dari instrument investasi saham ini,

Instrument investasi saham banyak disebut oleh investor lama sebagai sebuah instrumen yang paling menguntungkan dibanding instrumen lain, meskipun begitu sudah diketahui banyak orang kalau di saham ini antara keuntungan dan resikonya sangat berimbang, artinya jika ada potensi mendapatkan imbal hasil investasi yang besar maka akan memiliki potensi yang besar pula, begitupun sebaliknya.

Jika kamu baru mencari informasi tentang investasi saham, atau mungkin tertarik pada instrument ini maka sebaiknya ketahui juga dari mana saja kita bisa mendapatkan keuntungan di investasi ini, tentu saja ketika ada instrument yang memberikan imbal hasil cukup besar, kita akan merasa penasaran tentang darimana saja sumber keuntungan tersebut.

Pada instrument investasi saham, konsep umumnya kita sebagai investornya akan bisa menjadi pemilik dari suatu perusahaan tergantung seberapa besar kepemilikan akan saham tersebut dan sebagai investor mkaa kita akan berhak mendapatkan keuntungan dari operasional perusahaan termasuk jika perusahaan tersebut rugi, maka kita juga akan mendapat kerugian yang sebanding pula.

Sumber Keuntungan dari Investasi Saham

Ada beberapa sumber keuntungan yang dapat kita peroleh sebagai investor dari investasi saham ini, yaitu :

1. Capital Gain / Kenaikan Harga Saham

Pertama, sebagai investor kita bisa mendapatkan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham ( investor ) dari hasil selisih harga beli dan harga jual saham, maksudnya jika harga jual sahamnya lebih tinggi daripada harga saham waktu kita beli maka kita akan mendapatkan untung, seperti dagang maka selisih harga tersebut adalah laba, di instrument ini kita sebut keuntungan.

Capital gain atau kenaikan harga saham pada umumnya bisa terjadi karena adanya aktivitas yang bergerak positif pada perdagangan di bursa efek. 

Misalnya begini, kamu bel saham perusahaan AAA yang perlembarnya dijual Rp. 5000 kemudian beberapa waktu atau minggu kemudian kamu menjual saham tersebut Rp. 8000 karena di pasar saham tersebut mengalami capital gain, jadi kamu akan dapat keuntungan Rp. 3000 per lembarnya, nilai keuntungan ini dikalikan berapa kamu punya lembar saham. Maka dari itu riset perusahaan harus dan penting dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli sahamnya.
2. Dividen / Pembagian Keuntungan

Berikutnya ada Dividen yang bisa disebut juga pembagian laba atau pembagian keuntungan yang akan diberikan perusahaan kepada para pemegang saham ( investor ). Pembagian laba atau dividentersebut berasal dari keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan dari aktivitas kegiatannya, dan secara pembagiannya kepada investor, dividen masih dibagi menjadi dua lagi yaitu secara tunai dan saham.

Dividen yang dibagikan secara tunai maksudnya perusahaan tersebut akan memberikan keuntungan berupa uang tunai kepada pemegang saham atau investor per satu lembar saham, jadi dikalikan saja. Berikutnya dividen yang dibagikan secara saham maksudnya investor akan mendapatkan keuntungan berupa saham juga, jadi jumlah saham yang dimiliki investor akan bertambah setelah proses pembagian.

Tapi perlu diketahui kalau ada perusahaan yang memang tidak membagikan dividen kepada pemegang saham atau investor walaupun telah mendapatkan keuntungan dari aktivitasnya, biasanya kondisi seperti ini menunjukkan kalau perusahaan tersebut sedang akan melakukan ekspansi atau mengembangkan usaha dan diposisi ini sebagai investor haruslah bersabar karena setelah ekspansi berhasil maka biasanya nilai saham naik secara signifikan, jika benar proses ini terjadi maka sangat layak untuk ditunggu.

3. Investasi Modal Kecil Untung Besar

Mungkin pada poin ini bukanlah tentang sumber keuntungan, mainkan kenapa saham itu menguntungkan. Ya di investasi saham ini, kamu tidak harus punya modal yang besar, kebutuhan modal relative kecil dibandingkan investasi jenis lain, serta persentase keuntungan yang akan didapatkan dari cukup menjanjikan (kembali lagi tergantung skill dan pengalaman riset pasar).

Sebagai contoh di waktu ulasan ini mas Muktiaji tulis, kamu bisa mulai investasi saham dengan beberapa ratus ribu saja. Ambilah 1juta, maka kamu sudah bisa mendapatkan beberapa lembar saham perusahaan yang relatif menengah keatas, jika riset pasar benar maka beberapa minggu atau bulan kemudian bisa mengalami kenaikan nillai berlipat-lipat, nah alhasil kamu akan dapat capital gain, apalagi jika mau main denganrentang waktu yang panjang.

4. Urusan Pajak Relatif Kecil

Nah, ini yang harus menjadi pertimbangan juga dimana jika kita bandingkan dengan instrumen investasi lain maka permainan saham ini memiliki persentase pajak yang relatif kecil hanya 0,1 persen dari keuntungan akhir yang dimiliki investor jadi missal kita dapat keuntungan 3juta setelah penjualan atau pembagian maka nilai pajaknya hanya sekitar Rp 3000 an saja.

Pajak untuk saham ini juga bersifat final yang artinya kita sebagai investor tidak perlu repot-repot membayar pajak tersebut ketika melakukan pelaporan SPT setiap tahunnya karena sudah secara otomatis dipotong oleh pihak dari pialang saham atau yang biasa kita sebut broker ketika pelunasan transaksi saham.

Secara garis besar memang sumber keuntungan yang bisa kita dapatkan dari investasi saham yaitu dari capital gain dan dividen, pada umumnya memang dari capital gain dimana para investor menjual saham ketika nilai saham tersebut mengalami kenaikan. Adapun modal investasi yang murah serta nilai pajak yang rendah bisa menjadi variable pendukung ketika memutuskan untuk bermain di instrumen ini.

Posting Komentar untuk "Sumber Keuntungan Investasi Saham Yang Bisa Investor Dapatkan"