Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Obligasi dan Pembagian Jenis Berdasarkan Peninjauannya

Pengertian Obligasi dan Pembagian Jenis Berdasarkan Peninjauannya

Gambariklan.com - Jika kamu bermain di investasi pasti tidak asing dengan kata obligasi, pengertian obligasi ini cukup beragam tergantung dari para ahli yang mendefinisikannya begitu juga jenis-jenis yang beredar.

Pengertian Obligasi adalah sebuah bentuk investasi yang berada pada lingkup perusahaan berupa sertifikat yang berisi kontrak antara investor dan sebuah perusahaan, di dalam obligasi terdapat pernyataan bahwa investor sebagai pemegang obligasi telah meminjamkan asetnya kepada perusahaan tersebut.

Sebuah perusahaan menerbitkan obligasi karena bertujuan untuk mendapatkan keuntungan investasi berupa bunga dan dari kemungkinan adanya capital gain, maka dari itu obligasi bisa dikatakan kalau memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan produk perbankan yang ada tertutama yang berkaitan dengan sebuah perusahaan.
Jika kamu ingin tau pengertian dan jenis dari obligasi secara lengkap, lanjutkan saja baca ke poin berikut :

Pengertian Obligasi

Kata obligasi itu sendiri berasal dari bahasa latin "obligare" yang bisa diartikan sebagai sebuah ikatan kewajiban. Obligasi itu sendiri merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh emiten bisa berupa perusahaan, bisa berupa badan hukum atau bisa juga oleh pemerintah yang sedang membutuhkan dana untuk kebutuhan operasional bisa juga dana untuk ekspansi dalam memajukan jenis investasi yang dilaksanakan badan emiten tersebut.

Secara umum surat obligasi ini diterbitkan untuk periode tetap di atas 10 tahun. Nah untuk surat utang berjangka yang waktu periodenya 1 tahun hingga 10 tahun disebut dengan "Surat Utang". Khusus untuk negara Indonesia, surat utang yang berjangka waktu 1 hingga 10 tahun tersebut dan diterbitkan oleh pemerintah yang disebut Surat Utang Negara (SUN).

Jenis - Jenis Obligasi

Jenis Obligasi yang ada terbagi menjadi empat berdasarkan peninjauannya yaitu dari sisi penerbit, sisi sistem pembayaran bunga, kemudian hak penukaran, dan juga jenis oblagasi dari segi jaminan atau collateral.

1. Jenis Obligasi Ditinjau dari Sisi Penerbit

Corporate bonds, yaitu obligasi yang diterbitkan sebuah perusahaan, bisa perusahaan milik negara maupun perusahaan milik swasta.

Government bonds, yaitu jenis obligasi yang diterbitkan langsung oleh pemerintah.

Municipal bonds, jenis obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah.

2. Jenis Obligasi Ditinjau dari Sistem Pembayaran Bunga

Zero coupon bonds, yaitu obligasi tanpa proses pembayaran bunga secara periodik.

Coupon bonds, yaitu obligasi dengan kupon yang bisa diuangkan secara periodik sesuai ketentuan penerbit.

Fixed coupon bonds, yaitu obligasi dengan tingkat kupon bunga yang ditentukan sebelum jangka waktu tertentu berdasarkan acuan.

Floating coupon bonds, yaitu obligasi yang tingkat bunganya ditentukan sebelum jangka waktu tertentu, berdasarkan dari rata-rata tertimbang tingkat suku bunga deposito bank pemerintah dan bank swasta.

3. Jenis Obligasi Ditinjau dari Hak Penukaran

Convertible bonds, yaitu jenis obligasi yang pemegang obligasinya diberikan hak untuk mengkonversikan obligasi tersebut kesejumlah saham milik penerbitnya.

Exchangable bonds, yaitu jenis obligasi yang pemegang obligasinya diberikan hak untuk menukar saham perusahaan ke sejumlah saham perusahaan afiliasi milik penerbitnya.

Callable bonds, yaitu jenis obligasi yang emitennya memiliki hak untuk membeli kembali obligasi tersebut di harga tertentu sepanjang umur obligasi.

Putable bonds, yaitu jenis obligasi yang investornya memiliki hak untuk mengharuskan emiten membeli kembali obligasi tersebut pada harga tertentu, sepanjang umur obligasi.

Serial bonds, yaitu jenis obligasi yang cara pelunasannya dilakukan bertahap sesuai tanggal jatuh tempo terjadwal pada periode tertentu sampai pelunasan keseluruhan obligasi.

Perpetual bonds, yaitu jenis obligasi tanpa waktu jatuh tempo, dan obligasi ini tidak dapat ditebus serta mempunyai kewajiban membayar pendapatan bunga tetap atau annuaty bond.

4. Jenis Obligasi Ditinjau dari Segi Jaminan atau Collateral

Secured bonds, yaitu jenis obligasi yang dijamin dengan kekayaan tertentu oleh penerbitnya atau bisa bisa juga dijamin oleh pihak ketiga.

Unsecured bonds, jenis obligasi yang tidak dijamin oleh nilai kekayaan tertentu, tapi dijamin dengan kekayaan penerbit secara umum.

Mungkin seperti itulah pengertian dari surat obligasi dan pembagian jenisnya berdasarkan dari peninjauan obligasi tersebut. Obligasi menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati investor di market tanah air selain dari emas dan saham. Penting untuk memahami perbedaan dari tiap jenis obligasi sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada instrument tersebut.