Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Investasi Uang Kripto Bitcoin Ethereum di Platform yang Terdaftar Bappebti

Cara Investasi Uang Kripto Bitcoin Ethereum di Platform yang Terdaftar Bappebti

Gambariklan.com - Mata uang kripto dengan contoh bitcoin, ethereum dan sebagainya sekarang menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang sangat "menarik" bagi sebagian masyarakat Indonesia karena pamornya yang memberikan keuntungan besar dalam waktu yang singkat.

Meskipun sebagian besar investor sudah menyadari kalau kripto ini memiliki risiko yang sangat tinggi karena nilainya begitu cepat berfluktuasi, besaran keuntungan yang ditawarkan juga tidak main-main, lebih besar ketimbang instrumen investasi lainnya.

Pernah dalam satu waktu nilai uang kripto baru mengalami kenaikan hingga 10 ribu persen dalam 1 bulan saja, seperti layaknya Bitcoin yang pernah menjadi Rp 900 juta dalam waktu satu bulan juga dengan start di nilai Rp 45 Ribuan saja.

Karena uang kripto bentuknya mata uang virtual jadi sudah pasti tidak berupa fisik atau bisa pegang dan di gunakan seperti uang konvensional seperti biasanya. Memang uang kripto di Indonesia masih tidak diperbolehkan dipergunakan sebagai alat pembayaran, dan sampai artikel ini ditulis masih sebagai komoditas perdagangan tepatnya sebagai instrumen investasi.

Cara untuk berinvestasi uang kripto seperti Bitcoin atau Ethereum dan sebagainya bisa melalui platform - platform yang memiliki sarana tersebut dan harus terdaftar di Bappebti misalnya seperti Indodax ataupun TokoCrypto.

Badan Pengawas Berjangka Komoditi atau Bappebti adalah Lembaga Pemerintah yang punya wewenang untuk menerbitkan izin platform uang kripto di Indonesia, dan Bappebti ini berada di bawah Kementerian Perdagangan.
Di Indonesia untuk saat ini terdapat 13 platform untuk investasi uang kripto yang memiliki izin Bappeti.

1. INDODAX - PT Indodax Nasional Indonesia

Pertama ada Indodax atau PT Indodax Nasional Indonesia, yaitu sebuah perusahaan berbasis teknologi sebagai tempat pertemuan penjual dan pembeli aset digital terbesar di Indonesia, Indodax sudah eksis dari 2014 dan sudah aktif melayani lebih dari 2 juta member dari 80 negara dan sudah memiliki lebih dari 80 jenis aset kripto untuk diperjual-belikan.

Dari pamornya saja Indodax sudah dikenal lama sebagai platform berlikuiditas tinggi dan pernah melantai di posisi keempat marketplace aset kripto terbaik di dunia, berdasarkan web traffic oleh ICO Analytics.

Dengan menjadi member Indodax maka kamu bisa melakukan jual beli berbagai aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan sebagainya dengan mudah.

2. TOKOCRYPTO - PT Crypto Indonesia Berkat

Tokocrypto didirikan oleh penggemar mata uang kripto pada Juni 2017 dengan keyakinan bahwa teknologi blockchain akan memiliki manfaat yang bisa ditawarkan ke masyarakat pengguna platform insvestasi di Indonesia, dan misinya untuk menjadi pusat pertukaran aset digital di Asia Tenggara dengan platform yang mudah digunakan, simpel, dan aman.

Tokocrypto juga disebut-sebut menjadi sebuah pusat komunitas para pecinta mata uang kripto untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dan juga keahlian teknis, memang pamornya untuk mengembangkan dunia kripto ini terlihat sangat bagus.

3. ZIPMEX - PT Zipmex Exchange Indonesia

Berikutnya ada Zpmex yang menawarkan beragam peluang kepada investor dalam sektor aset digital, dan Zipmex ini bisa dikatakan sebagai platform inovatif yang menyediakan akses finansial untuk siapapun yang ingin mendapatkan keutungan dengan cara berinvestasi.

Zipmex memiliki beberapa keunggulan dalam proses berinvestasi aset digital seperti harga beli yang ditawarkan menarik terutama dalam jumlah besar hingga biaya trading yang rendah serta telah dijamin asuransi oleh BitGo dari Inggris.

4. IDEX - PT Indonesia Digital Exchange

IDEX atau Digital Exchange adalah sebuah platform tukar-menukar aset digital di Indonesia yang menggunakan fitur mutakhir serta menyediakan kemampuan eksekusi perdagangan yang cepat. Pengguna IDEX bisa memperdagangkan aset seperti Bitcoin, Ethereum dan aset digital lainnya dengan mudah dan aman .

Keunggulan lainnya yaitu pengguna bisa mendapat info secara real time, serta platform ini didesain dengan tampilan antarmuka yang simpel agar mudah digunakan oleh investor pemula hingga yang pro.

5. PINTU - PT Pintu Kemana Saja

Pintu lebih sebagai platform yang terfokus para calon investor baru di dunia mata uang kripto karena banyak yang ingin memiliki aset kripto tetapi masih ragu dengan cara kerja, meskipun begitu pintu juga menjadi bursa aset kripto untuk investor profesional.

Dengan Pintu kamu bisa membeli, menjual, menyimpan hingga mengirim mata uang kripto dan bisa dilakukan secara aman melalui aplikasi berbasis smartphone serta kamu tidak dikenakan biaya apa pun untuk transaksi jual beli hanya membayar sesuai harga final tertera.

6. LUNO - PT Luno Indonesia LTD

Luno merupakan salah satu pionir awal di industri krito dan mereka mempercayai jika mata uang kripto yang terdesentralisasi seperti Bitcoin dan Ethereum bisa merubah pandangan dunia akan penggunaan uang, jadi bisa disebutkan kalau tujuan mereka untuk menyebarkan pengetahuan mengenai investasi aset digital kripto ini ke seluruh dunia.

7. KOINKU - PT Cipta Koin Digital

Koinku juga merupakan salah satu marketplace khusus mata uang kripto di Indonesia yang menawarkan platform aman untuk berinvestasi aset digital dimana Koinku sudah terdaftar serta diawasi langsung oleh KOMINFO dan Bappebti.

8. TRIV - PT Tiga Inti Utama

PT Tiga Inti Utama adalah perusahaan yang mengelola layanan pertukaran uang digital dan pada tahun 2014 mendirikan sebuah marketplace bernama Triv dengan halaman akses triv.co.id, marketplace ini sekarang menjadi pusat jual beli Bitcoin dan Ethereum yang konsisten beroperasi selama 24 jam serta terhubung dengan berbagai bank untuk traksaksi setor atau tarik seminggu penuh.

9. UPBIT - PT Upbit Exchange Indonesia

Upbit perna mengklaim tentang perusahaannya yang menjadi bursa penukaran aset digital terpercaya di Indonesia memiliki lebih 160 aset digital di lebih dari 186 pasar serta merupakan platform transaksi teknologi blockchain kelas dunia, selepas dari itu memang Tim ahli dari Upbit memiliki pengetahuan oprasional yang baik akan mata uang kripto dan blockchain. Upbit telah terdaftar KEMKOMINFO dan Bappebti serta memiliki sertifikat sistem keamanan kelas dunia yaitu ISO 27001, ISO 27017, dan ISO 27018.

10. Rekeningku Dotcom - PT Rekeningku Dotcom Indonesia

Rekeningku Dotcom didirikan tahun 2017 dan menawarkan layanan transaksi aset digital, setor dan penarikan dalam bentuk Rupiah, transaksi bisa dilakukan selama 24 jam dengan aman dan nyaman karena memiliki dukungan tim suport di Pusat Bantuan 24 jam seminggu penuh bahkan di hari libur.

11. PT Triniti Investama Berkat

PT Triniti Investama Berkat memiliki platform transaksi aset digital bernama Bitocto yang memiliki tujuan memberikan lebih banyak likuiditas dan akses ke jenis mata uang kripto baru dengan keungulan seperti platform yang simpel dan tampilan antarmukanya mudah dipahami. Dari semua kelebihannya, Bitocto memiliki sistem pemantau keamanan yang akan langsung melaporkan dan memblokir jika ada aktivitas yang mencurigakan.

12. Bechipindo - PT Bursa Cripto Prima

Bechipindo terdaftar sejak 4 Desember 2019 untuk keamanan transaksi aset kripto dan pencegahan serta bekerja sama dengan perusahaan layanan verifikasi biometrik PT Asli Rancangan Indonesia dan hasil dari kesepakatan itu kerja sama itu Bechipindo kini bisa memverifikasi identitas penggunanya lewat proses electronic know your customer.

13. PLUTO - PT Plutonext Digital Aset

Pluto atau PT Plutonext Digital Ase memberikan layanan untuk berinvestasi, menginkubasi, dan memberi saran proyek aset digital berdasarkan teknologi terdesentralisasi jaringan seperti Ethereum dan Polkadot.

Cara Investasi Uang Kripto Bitcoin Ethereum di Platform Tersebut

Cara Investasi Uang Kripto Bitcoin Ethereum di Platform Tersebut

Nah, untuk cara membeli aset investasi uang kripto seperti bitcoin dan ethereum pada platform tersebut sangat mudah, tinggal unduh dan install saja salah satu platform yang kamu suka kemudian lakukan pendaftaran akun.

Setelah terdaftar dan terverifikasi maka lanjutkan dengan mengisi saldo pada dompet digital via transfer di platform uang kripto kemudian pilih koin atau token apa yang ingin dibeli, ingat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Sekali lagi berinvestasi di uang kripto ini memiliki risiko yang sangat tinggi karena harganya bisa naik dan turun dalam waktu yang sangat singkat, karena itu pengetahuan akan pasar kripto beserta faktor yang mempengharuhinya harus dipahami dengan baik.

Jangan Hanya Ikut-Ikutan Investasi di Uang Kripto

Jangan Hanya Ikut-Ikutan Investasi di Uang Kripto

Flashback sebentar dimana uang kripto yang mengalami kenaikan sejak awal tahun 2021 dan karena itulah sebagian besar masyarakat yang baru melek teknologi mulai tertarik beralih investasi ke uang digital tersebut, namun harus dipahami jangan asal ikut-ikutan dalam berinvestasi di uang kripto ini karena terlalu berisiko.

Contohnya saja investasi uang kripto Bitcoin yang berkaitan dengan transaksi secara global maka jika ada sedikit saja perubaha dari faktor eksternal seperti cuitan orang berpengharuh di pasar ini akan berdampak ke harga Bitcoin.

Apalagi jika ada suatu negara yang melakukan pelarangan terhadap bitcoin ini maka nilai aset kripto lainnya bisa dengan mudah mengalami penurunan yang cukup tajam, berikutnya kita juga harus selektif dalam memilih platformnya saat berinvestasi di uang kripto, jangan sembarangan, pilih saja salah satu yang sudah terdaftar diatas.

Permasalahan yang bisa muncul dari platform yang salah seperti keterseilihan sisi harga yang harus dibayarkan, kemudian dari sisi keamanannya mengingat kalau cryptocurrency berbasis blockchain maka bisa dikatakan kalau hampir tidak ada keamanan risiko untuk transaksi.

Permasalahan biasanya ada pada Platform karena bagaimana pun platform ini yang menghubungkan antara investor dengan sistem dari blockchain dan setiap platform dibangun berdasarkan sumber daya yang berbeda.

Kesalahan yang muncul misalnya seperti biaya transaksi menjadi terlalu mahal dan juga banyak peluang penipuan yang muncul di platform yang tidak resmi. Sangat disarankan untuk tidak sembarangan menaruh dana di uang kripto, jangan hanya melihat kondisi uang kripto yang melejit lalu menempatkan semua dana investasi yang ada.

Jika ingin bermain di cryptocurrency lebih baik jangan gunakan 100 persen dana investasi portofolio, maksimal 20%-30% saja, selebihnya kita bagi ke aset yang aman seperti deposito, surat utang, ataupun emas jadi kalau terjadi koreksi harga yang dalam pada cryptocurrency, kita masih memiliki aset yang aman.