Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berinvestasi Sesuai Prinsip Syariah Dengan Reksa Dana Syariah

Berinvestasi Sesuai Prinsip Syariah Dengan Reksa Dana Syariah

Gambariklan.com - Jika kamu sedang mencari instrumen investasi yang sesuai dengan prinsip syariah, mungkin reksa dana syariah cocok sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Berkembangnya masa, pengetahuan serta teknologi yang kini sangat cepat terlihat menjadi penyebab kebutuhan hidup yang semakin tinggi setiap waktunya, menabung pun sekarang sudah tidak begitu mumpuni karena inflasi semakin tinggi, dan tentu pilihan mengamankan nilai uang tersebut harus dengan investasi, salah satu instrumen yang akan mas Muktiaji ulas yaitu Reksa Dana.

Investasi pada reksa dana ini bisa kita ibaratkan juga sebagai tabungan untuk masa depan sebagaimana perhitungan kasar nilainya akan selalu bertambah sesuai dengan perkembangan pasar.

Tentang Apa itu Reksa Dana

Sesuai dengan apa yang disebutkan Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat 27 Reksa Dana adalah sebuah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat sebagai pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Salah satu pertanyaan yang muncul ketika kita kita membahas investasi Reksa Dana yaitu bagaimana cara investasinya, kemudian bagaimana keamanan dan keuntungannya di reksa dana dan yang paling sering ditemui juga tentang bagaimana status riba di investasi reksadana tersebut.

Tidak sedikit pula muncul pertanyaan apakah reksadana bertentangan dengan syariat Islam atau tidak, kalau pertanyaan seperti ini jelas jawabannya boleh-boleh saja investasi di reksadana asalkan aktivitas tersebut tidak bertentangan dengan syariat Islam. Sebagai seorang muslim sepatutnya kita tau kalau hal ini tidak bisa ditawar ataupun dinego.
Maka dari itu tidak sedikit orang yang merasa ragu untuk melakukan investasi pada instrumen Reksa Dana. Sebagai solusinya, jika kamu ingin berinsvestasi di reksadana maka pakailah yang berbasis Syariah, apalagi sekarang teknologi pendukungnya sudah sangat berkembang pesat, jadi platform-platform berbasis sayariah di satu dekade kebelakang sudah tumbuh dengan baik.

Berinvestasi Reksa Dana Syariah

Langsung saja, kamu bisa pilih Reksa Dana Syariah untuk menghindari atau meminimalisir hal-hal yang jelas dilarang oleh syariat, dengan Reksa Dana Syariah ini kamu tidak perlu khawatir dan ragu karena dari sistem serta mekanismenya sudah disesuaikan dengan prinsip Syariah yang ada.

Salah satu alasan kenapa kita harus berinvestasi di Reksa Dana Syariah yaitu karena instrumen ini bisa memberikan keuntungan yang bagus dengan modal awal yang sangat terjangkau mulai dari Rp 100 ribuan saja.

Semua proses investasi reksa dana syariah memiliki proses yang mudah serta semua kegiatan dan produknya dikelola, diawasi oleh OJK dan DPS, kemudian yang paling penting dan harus kamu tau tentang mekanisme operasionalnya yaitu karena menggunakan akad wakalah dan mudharabah serta terdapat juga proses scerenning dan cleansing.

Dengan adanya akad wakalah dan mudharabah disertai proses scerenning dan cleansing maka kita sebagai investor tidak perlu khawatir dengan uang yang sedang di investasikan akan dipergunakan pada instrumen investasi lain yang tidak sesuai atau bertentangan dengan syariat Islam.

Secara mekanisme dan akad nya, Investasi di instrumen Reksa Dana Syariah ini bisa dikatakan sangat cocok untuk kamu yang butuh jenis investasi sesuai dengan prinsip Syariah yang ada, kebutuhan modal juga relatif kecil. Resiko dari Reksa Dana Syariah juga terlihat sangat rendah mengingat dari awal prosesnya sudah diatur dengan baik.

Disamping semua keuntungan yang ditawarkan, ada satu hal yang paling penting yaitu dengan berinvestasi sesuai prinsip syariah maka kita akan bebas khawatir dari rasa ragu akan riba termasuk bebas dari pemikiran kemana uang kita akan di investasikan berikutnya ke perusahaan-perusahaan yang bertentangan dengan syariat Islam.

Perbedaan Reksadana Syariah dengan Reksadana Konvensional

Secara mekanismenya, ReksaDana Syariah memiliki perbedaan yang terlihat nyata dibandingkan reksadana konvensional sehingga membuat instrumen ini sesuai dengan prinsip syariah.

1. Sektor dan Industri

Pertama mungkin yang perlu kamu tau kalau Reksadana konvensional memiliki aset dasar yang secara umum tidak dibatasi dari sektor maupun industri tertentu jadi kita tidak tau dan tidak bisa komplain jika dana investasi kita dialihkan ke sektor atau industri yang bertentangan dengan syariah. Berbeda dengan Reksadana Syariah yang memang sektor Industrinya sangat diatur agar tidak melanggar prinsip syariah tersebut.

2. Cleansing

Berikutnya di Reksadana Syariah ini terdapat fitur cleansing atau proses pembersihan reksadana dari pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang ada dan kemudian pendapatan yang tidak sesuai tersebut akan digunakan sebagai amal.

Contohnya, jika ada dana yang mengendap di bank dan mendapatkan bunga, maka bunga tersebut akan dialihkan untuk amal agar pendanaan di reksadana syariah tetap bersih.

3. Risiko Rendah

Dibandingkan dengan reksadana konvensional, bisa dikatakan kalau Reksadana syariah memiliki risiko yang lebih rendah karena perusahaan atau sektor yang ingin sahamnya masuk ke dalam DES hanya boleh memiliki total utang yang lebih kecil ketimbang aset yang ada jadi dengan total utang yang kecil tersebut maka pendanaan perusahaan yang ikut akan cukup sehat dan sahamnya bisa menghasilkan return yang cukup tinggi akhirnya perputaran laba perusahaan tersebut akan lebih stabil dan risiko gagal bayar utang relatif lebih kecil.

4. Semua Diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Reksadana Syariah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS), DPS bertugas turun langsung membantu manajer investasi untuk memberi arahan, mempertimbangkan dana sosial kemudian mengembangkan produk investasi syariah dimana semua ini tidak ada pada reksadana konvensional.

Nah, jika kamu sedang mencari instrumen investasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah maka Reksa Dana Syariah bisa menjadi pilihan yang tepat, dan jika masih pemula maka jangan lupa pelajari dari dasarnya dulu, lebih bagus jika bergabung ke komunitas yang mengulas dan membahas topik yang sama sehingga kamu bisa mendapatkan informasi perkembangan terbaru dari Reksa Dana Syariah.

Posting Komentar untuk "Berinvestasi Sesuai Prinsip Syariah Dengan Reksa Dana Syariah"