Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Bisnis Usaha Anak Muda yang Saat Ini Sedang Populer

Ragam Bisnis Usaha Anak Muda yang Saat Ini Sedang Populer

Gambariklan.com - Kali ini Mas Muktiaji sudah merangkum beberapa ragam bisnis dan usaha anak muda yang naik daun atau saat ini sedang banyak populer karena banyaknya faktor pendukung serta mungkin sarana dan kebutuhan bersosialisasi.

Memang pada dasarnya ada banyak jenis usaha untuk anak muda yang bisa menjadi kesempatan untuk dicoba apalagi karakteristik anak muda yang punya banyak waktu dan ingin berusaha hidup mandiri kemudian menghasilkan uang.

Saat ini, ragam model usaha dikalangan anak muda yang sedang populer tidak melulu pada bidang jasa tetapi juga pada segmen kreativitas, ketenkunan hingga karena memang sudah punya pengalaman sebelumnya, jenis-jenis usaha ini beberapa hanya butuh modal kecil tapi bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Jenis usaha untuk anak muda yang berdasarkan skill atau kreativitas memang membutuhkan kemampuan ekstra karena harus mengatur stategi, menghitung peluang, kemudian membaca pemasaran yang baik, melakukan distribusi, mendapatkan kepercayaan hingga memberikan pelayanan terbaik setiap waktu. Kemampuan ekstra ini tentunya tidak didapat secara instan tapi harus dipelajari dan dicoba seiring waktu.

Bisnis Usaha Anak Muda yang Populer Bisa Untung Besar

Berikut ini ada beberapa jenis bisnis dan usaha anak muda yang sedang populer di tahun 2020-2021, informasi ragam usaha dan bisnis ini Mas Muktiaji kumpulkan dair berbagai sumber dan melihat kondisi pasar secara langsung.

1. Online Store / Toko Online

Pertama yang sangat banyak digandrungi oleh anak muda karena tidak harus memiliki lokasi yang digunakan sebagai toko dan bisa dimulai langsung dari rumah bermodalkan teknologi internet yaitu membuat toko online, bisa gunakan marketplace yang sudah banyak tersedia atau menggunakan website mandiri tapi jelas membutuhkan skill yang ekstra.

Paling mudah, produk yang kamu miliki bisa ditawarkan atau dipromosikan memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook yang gratis, hanya perlu masuk dan bergabung ke grup atau ekosistem yang sesuai, pengiriman bisa lewat jasa ekspedisi atau kurir online dan kalau dekat bisa dikirim sendiri.

Langkah yang mudah untuk memulai ini memang pada dasarnya punya beberapa ujian awal misalnya menentukan ide atau jenis produk yang akan dijual, tapi buat mereka yang gigih ternyata mendapatkan untung dari toko online bukan sebuah hal yang terlalu sulit.

2. Produk Digital Desain Grafis

Produk bisnis anak muda selanjutnya bertopik di jasa desain grafis karena jenis usaha ini punya pasar yang tidak terbatas dan selalu ada perluang baru apalagi didukung komputer yang semakin canggih serta internet yang cepat, modal yang dibutuhkan mulai dari perangkat dan keterampilan skill membuat desain, contoh produknya seperti undangan digital, foto ilustrasi untuk hadiah wisuda, hingga desain banner media promosi.

Bahkan jual produk foto, logo serta desain sesuai permintaan pelanggan juga menghasilkan cuan yang sangat besar, awal mula yang mudah-mudah misalnya desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, poster dan sebagainya. Tidak masalah memasang tarif yang terjangkau untuk awalnya, tapi setelah expert maka naikkanlah kualitas dan price nya.3. Cafe atau Warung Kopi

Perwujudan dan implementasi ide paling sederhana tentang bagaimana menyediakan tempat untuk anak muda berkumpul dan bertukar cerita bisa mulai dari Warung kopi hingga kafe, bicara soal keuntungan rasanya relatif dengan kerja keras yang kamu lakukan, waktu bukanya juga mengikuti waktu nongkrongnya anak muda.

Sudah banyak contoh warung kopi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, apalagi kalau didukung dengan suasana dan posisi tempat yang enak, kamu juga bisa terjun langsung menggeluti bisnis tersebut.

4. Jasa Cuci Sepatu

Melihat hasil kesuksesan dari seseorang yang membuka bisnis jasa cuci sepatu membuat beberapa tahun belakangan banyak yang menggandrungi model bisnis ini karena sekarang sudah banyak sekali anak muda pengguna sepatu mahal, tidak mungkin kalau sepatu dengan harga berjuta-juta kok dicuci sendiri, maka dari itu salon sepatu punya tempat di peluang bisnis baru yang cukup populer.

Dasar dibutuhkannya Bisnis cuci sepatu ini mungkin karena tidak orang mau untuk membersihkan sepatunya sendiri dan kadang malas, dengan begitu menggunakan jasa cuci sepatu adalah sebuah pilihan yang paling oke.

Bisnis jasa cuci sepatu tidak butuh tempat usaha luas dan modalnya juga cukup murah, namun untuk hal ini kamu harus mempelajari target konsumen juga, apakah untuk konsumen standar mahasiswa kerja atau memang khusus untuk sepatu yang punya nilai harga tinggi.

5. Produk Seputar Aksesoris

Mungkin bisnis membuat aksesoris wanita termasuk turunan dari toko online dalam kategori produknya, tapi jenis usaha ini sangat populer di kalangan anak muda karena para wanita paling suka dengan aksesoris yang unik-unik dan modalnya pun tidak besar, kamu hanya harus punya kreativitas dan kesabaran hingga bisa membaca minat pasar, contoh produknya seperti syal, kalung, gelang, bando, bros, penghias rambut dan lain sebagainya.

Keuntungan yang ditawarkan sangat besar karena semakin rumit dan semakin berkualitas aksesoris tersebut maka harga jualnya bisa lebih tinggi walaupun modal yang dibutuhkan relatif sama apalagi jika bahan baku yang dibeli dalam jumlah yang cukup besar pasti akan dapat diskon. Penjualan dan promosi pemasarannya bisa dilakukan secara online atau mediasosial tapi kadang butuh trik marketing khusus juga.

6. Penulis Konten / Content Writer

Berikutnya ada bisang ketik mengetik yaitu penulis konten atau sering disebut dengan content writer, pasalnya jenis usaha ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang karena tidak semua orang bisa merangkai kata dan membuat konten berupa teks, modalnya sangat minim tapi soal modal kemampuan menulis, jelas harus sudah dimiliki bertahun-tahun sebelumnya.

Keuntungan disesuaikan antara tarif dan jumlah kata yang di inginkan konsumen serta bagaimana kerumitan dari topik yang dipilih, skill untuk menulis yang enak dan menarik perhatian pembaca konten bukanlah hal yang mudah, bisa dikatakan kalau kamu pada dasarnya suka menulis, inilah ide bisnis yang cocok.7. Usaha Bertema Laundry

Dengan faktor alasan yang sama pada bisnis cuci sepatu, rasa malas para milenials untuk mencuci karena sudah sibuk dan penatnya dunia kerja maka laundry menjadi pilihan usaha yang sangat bagus apalagi jika lokasi dan pemilihan tempatnya ada di kota besar atau perumahan yang padat.

Bisnis dan Usaha laundry terlihat sangat digemari saat ini dengan berbagai modelnya, ada yang full service laundry, self service laundry dan model-model bisnis laundry lainnya disesuaikan dengan target konsumen yang dipilih. Memang faktanya untuk para pekerja yang sibuk dari pagi hingga petang, mencuci pakaian kotor menjadi pekerjaan yang membuang waktu dan berat.

Strategi bisnis laundry untuk bisa sukses salah satunya yaitu tentang letak usaha yang strategis dekat dengan pemukiman padat penduduk atau lebih baik lagi yang demografinya memang orang-orang sibuk bekerja fulltime, kemudian tentang peralatan laundry dipersiapkan harus berkualitas sekalian agar hasil cuciannya bagus dan lebih awet.

Kemudian di strategi promosi pemasaran, cobalah gunakan jasa desain banner,logo, dan selebaran digital yang mudah untuk dishare lewat media sosial atau pun bisa dicetak kemudian dibagikan pada lingkungan tempat usaha, harga promosi harus dilakukan agar menarik awal pelanggan baru.

8. Cuci Mobil Motor

Jenis usaha kawula anak muda yang kini sedang populer berikutnya dan terhitung cukup menjanjikan ada yaitu bisnis cuci mobil dan motor bisa buka full time 24 jam atau di jam sehabis kerja, bisa juga dalam skala kecil maupun besar beserta salon layanan penuh.

Okelah, salah satu faktor kenapa usaha ini dikatakan memiliki potensi yang besar yaitu tidak lain karena pemilik kendaraan entah itu mobil dan motor akan terus bertambah setiap tahunnya serta malas dan tidak punya banyak waktu untuk mencuci kendaraan secara rutin jadi cuci motor mobil menjadi pilihan yang singkat ringan cepat dan masuk akal.

Selama ada mobil dan motor maka kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor akan selalu ada, jangan khawatir soal persaingan yang padat, yang penting bagaimana memilih lokasi serta pelayanan yang cepat, masalah modal bisa dikondisikan main dari skala kecil atau langsung terjun ke skala besar.

9. WO / Wedding Organizer

Disini WO dan EO punya perbedaannya, khusus untuk wedding organizer berkutat di bidang acara pernikahan saja, kebutuhan modal untuk WO jelas lebih mudah karena berlaku sistem DP dan perputaran uangnya cepat, namun kamu dituntut untuk memiliki pengetahuan, tenaga bantuan, kreatifitas, lihat trend pasar ketika menjalankan sebuah acara pernikahan serta pemilihan target yang tepat sangat penting untuk segmen bisnis ini.

10. EO / Event Organizer

Kalau WO hanya khusus untuk pernikahan, maka EO atau event organizer lebih ke semua event yang ada namun bukan jenis pernikahan, lebih ke pertemuan berskala sedang - besar, EO juga termasuk jenis bisnis yang bisa dibilang hampir tidak memerlukan modal karena berlaku sistem yang sama yaitu dana dari klien entah itu dibayar lunas atau sistem DP.

Skill dan pengalaman menjadi seorang EO sangat dituntut apalagi model pertemuan akan selalu berubah setiap waktu, khusus EO mungkin dibutuhkan relasi vendor penyedia perlengkapan event, juga vendor untuk sound, panggung, dekorasi dan lainnya dengan kesiapan yang pasti.

Kadang, EO tidak akan dapat dana di awal dan konsumen lebih suka membayar setelah acara selesai, sistem DP harus berlaku, namun lebih baik untuk mendapatkan dana bantuan dari relasi dan cari sponsor apalagi level Event yang acarakan sekelas perusahaan besar.

Cukup banyak sebenarnya jenis bisnis dan usaha yang kini sedang naik daun dan populer di kalangan anak muda, tentu trend bisnis ini akan berubah sesuai waktu dan faktor pendukung yang ada, saat ini ranah media digital sangat mendominasi sehingga tidak salah juga jika akan ada banyak bibit bisnis digital baru. Lalu, kamu tertarik di segmen bisnis yang mana ?

Artikel "Ragam Bisnis Usaha Anak Muda yang Saat Ini Sedang Populer" telah tayang di Gambariklan.com url https://www.gambariklan.com/2021/06/ragam-bisnis-usaha-anak-muda-yang-sedang-populer.html penulis Mas Muktiaji.