Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Aplikasi Transaksi Saham Mudah dan Resmi

Memilih Aplikasi Transaksi Saham Mudah dan Resmi

Gambariklan.com - Sekarang ini trend sudah serba digital karena itu Memilih Aplikasi Transaksi Saham Mudah dan Resmi menjadi sebuah tuntutan mempersingkat serta mengoptimalkan proses transaksi digital.

Dengan dunia yang sudah beralih ke base digital, tentu transaksi digital juga akan meningkat pesat di sektor perbankan bergitu juga pada sistem pembayaran, perkembangan dompet digital, belanja online dan terutama untuk para pemain transaksi saham.

Proses digitalisasi ekonomi dan keuangan ini akan menjadi game changer di situasi seperti sekarang dimana sistem digital menjadi sebuah jalan atau solusi metode pembayaran melihat adanya peningkatan transaksi keuangan digital.

Membahas ke dunia transaksi saham, memilih aplikasi transaksi trading yang mudah dan resmi untuk melakukan berbagai hal terkait jual beli saham tentu menjadi prioritas para investor, penilaian kemudahan aplikasi mulaid ari pendaftaran akun, kecepatan pengecekan setoran deposit uang, kemudian kelengkapan berbagai analisis baik fundamental maupun teknikal dari sebuah proses transaksi saham yang kompleks.

Dunia digital sekarang ini didominasi oleh smartphone, maka jelas aplikasi yang dipilih untuk transakasi saham ini harus punya beragam fungsi dan harus sangat mudah di operasikan dari smartphone sehingga harapannya proses transaksi saham menjadi sangat mudah layaknya bermain chatting atau semudah main media sosial.

Cara Memilih Aplikasi Transaksi Saham Mudah dan Resmi

Oke, mungkin yang jadi permasalahannya sekarang sangat banyak aplikasi transaksi trading atau saham yang ditawarkan kepada investor pemula hingga investor pro sekalipun, namun mungkin ada sejumlah poin yang harus menjadi perhatian dan pertimbangan ketika memilih aplikasi tersebut.
1. Aplikasi Saham Harus Dari Perusahaan Sekuritas Resmi

Poin pertama yang harus diperhatikan yaitu aplikasi saham harus dari perusahaan sekuritas resmi yaitu sebuah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha untuk melakukan perdagangan saham, reksadana, obligasi, serta menjamin emisi efek dan yang paling penting perusahaan sekuritas resmi ini telah terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga apliakasi inilah yang akan memfasilitasi setiap transaksi saham secra legal.

2. Perusahaan Sekuritas Harus Tepercaya

Mungkin perusahan pemilik aplikasi yang akan kita gunakan sudah terdaftar resmi dan memiliki izin dari OJK, namun pertimbangan berikutnya yaitu soal reputasi dan popularitas, okelah karena banyak pilihan aplikasi yang bisa kita gunakan pastinya kadang bikin bingung karena ada kelebihan disetiap masing masing fungsinya, jadi pertama pilih yang terdaftar resmi di OJK dan kedua pilih dengan reputasi paling tinggi. Cara cek reputasi dari perusahaan sekuritas tersebut mungkin kamu bisa gunakan search engine Google dan cari keyword misalnya "Kasus Saham" atau "Kasus Sekuritas" dengan begitu kamu bisa memilih aplikasi dari perusahaan sekuritas yang paling minim muncul kasusnya.

3. Aplikasi Harus Mudah Digunakan Dan Aman

Soal aplikasinya pasti harus mudah dipelajari, fiturnya lengkap, punya informasi yang update dan juga mudah digunakan, apalagi tentang kualitas keamanan dari sistem transaksi online yang dimiliki harus benar-benar bagus, contohnya saja belum pernah terjadi kebocoran data di platform tersebut, tidak pernah ada masalah data tidak akurat dan minim sistem error, poin-poin ini sangat penting mengingat ketika transaksi saham maka kita harus mendaftarkan diri dengan menyertakan sejumlah identitas pribadi jadi keamanan perlindungan data harus sangat diperhatikan.

4. Nilai Setoran Awal dan Biaya Transaksi

Setelah proses pendaftaran dengan pertimbangan keamanannya, maka yang jadi perhatian selanjutnya yaitu pembukaan rekening dana investasi di sekuritas tersebut, perhatikan nilai setoran awalnya, sesuaikan saja dengan level kamu yang pemula atau pro, pilih saja awalan ratusan ribu atau kalau memang Anda sudah Pro yang pilih saja yang jutaan rupiah.

Biaya lainnya yang harus diperhatikan juga yaitu biaya setiap transaksi yang dilakukan, disini mungkin kamu bisa membandingkan mana aplikasi yang mengenakan biaya transaksi paling murah jadi secara perhitungan ya bisa lebih menguntungkan.

5. Aplikasi Punya Analis Tersertifikasi dan Kredibel

Aplikasi trading saham adalah milik sebuah perusahaan sekuritas, dan sebuah perusahaan sekuritas haruslah punya analis data dan pasar yang tersertifikasi sesuai dengan kompetensinya tentu harus kredibel juga, paling penting kalau sebuah perusahaan sekuritas bisa memiliki analis yang terspesialisasi untuk tiap jenis produk investasi atau sektor saham tertentu jadi pendapat dan rekomendasi informasi analisanya bisa sangat berkualitas ketika kamu akan melakukan sebuah transaksi.

Semua poin-poin pemilihan aplikasi diatas bisa kamu gunakan sebagai acuan ketika akan memilih aplikasi untuk rencana transaksi investasi saham dan tentu masih banyak faktor pertimbangan lain dari sumber lainnya, yang penting jangan sampai memilih aplikasi saham hanya karena iming-iming keuntungan besar semata karena tujuan dari transaksi trading dan saham ini haruslah bisa menguntungkan dalam jangka yang panjang.

Artikel "Memilih Aplikasi Transaksi Saham Mudah dan Resmi" telah tayang pada Gambariklan.com url https://www.gambariklan.com/2021/06/memilih-aplikasi-transaksi-saham-mudah-resmi.html penulis Mas Muktiaji.