Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Anak Muda Yang Bikin Keuangan Kacau dan Boros

Kebiasaan Anak Muda Yang Bikin Keuangan Kacau dan Boros

Gambariklan.com - Kalau kamu masih termasu anak muda di usia bersosialisasi dan merasakan keuangan kacau atau pengeluaran selalu banyak maka bisa dipastikan kalau pasti ada kebiasaan-kebiasaan yang punya dampak mengganggu kesehatan finansial.

Berbicara solusi ya pertama harus tau kebiasaan-kebiasaan buruk apa yang tanpa kamu sadari mengganggu keuangan di dompet dan setelah menyadari kebiasaan tersebut berikutnya tinggal menghindari pengeluaran di kebiasaan tersebut.

Kebiasaan Yang Mengganggu Kesehatan Keuangan

Kamu bisa cek beberapa kebiasaan yang nampak berikut, dan bisa jadi karena tuntutan yang ada. Kalau memang kondisi keuangan kamu tidak mampu menghandle nya lebih baik tinggalkan atau hindari saja.

1. Besarnya Tagihan TV Kabel

Pertama mungkin karena kebutuhan internet dan hiburan, akhirnya memutuskan untuk berlangganan layanan internet bundling tv, sekaligus berlangganan tv kabel juga padahal setiap harinya hanya 1-2 jam saja menonton tv.

Jelas tagihan ini akan memperberat pengeluaran yang ada. Sebagai solusinya lebih baik batalkan layanan tv kabel dan ganti dengan layanan streaming, atau yang sudah bundling dengan paket internet, lagipula berhemat dengan mengurangi nonton tv jg tidak masalah.2. Bunga Kartu Kredit

Berikutnya untuk kamu yang belum lama masuk ke dunia keuangan mandiri dan mendapatkan layanan kartu kredit maka jika tidak melunasi saldo kartu kredit tersebut pastinya akan membayar lebih untuk pembelian selanjutnya dan akhirnya menjadi beban yang berat pada tiap pembayaran bunga kartu kredit.

Kalau bisa ya jangan pakai kartu kredit saja, tapi kalau memang harus pakai ya lebih baik buat perencanaan untuk membayar hutang kartu kredit yang bisa dilakukan bertahap agar tidak membengkak di akhir dan membuat keuangan jadi kacau balau.

3. Ikut Asuransi yang Tidak Dibutuhkan

Mengasuransikan sesuatu tentu itu hal yang bagus tetapi kamu harus bijaksana untuk secara teratur mengevaluasi kembali asuransi yang di ikuti termasuk misalnya untuk mobil, asuransi jiwa atau berbagai jenis polis asuransi individu. Maka pilihlah jenis asuransi yang dibutuhkan saja misalnya hanya asuransi kesehatan, atau tidak perlu ikut asuransi jiwa terlebih dahulu jika masih single atau mandiri.

4. Iuran Keanggotaan Komunitas Tertentu

Di usia yang matang secara kemandirian, ya anggap saja mungkin 25 - 40 an maka sangat menyenangkan menjadi bagian dari suatu komunitas, misalnya saja gym atau motor club dan sebagainya karena banyak teman.

Tapi sisi buruknya di ekosistem tersebut bisa menghabiskan anggaran keuangan dengan sangat mudah berdalihkan loyalitas seperti iuran bulanan hanya untuk kumpul-kumpul atau acara rutin, sudah pasti akan ada pengeluaran lagi disamping iuran tersebut. Jadi sekarang lebih baik pilih komunitas yang benar tepat untuk kamu, satu saja sudah cukup dan tinggalkan komunitas yang banyak mengakibatkan pengeluaran tanpa tujuan pasti.

5. Trend Ikut Hadiah Mahal

Setiap waktu, setiap bulan, setiap tahun pasti akan ada banyak perayaan misalnnya ulang tahun, hari besar, hari ibu ayah dan sebagainya. Disuatu keluarga juga kadang muncul stigma hadiah terbaik adalah hadiah yang mahal.

Jika memang ini terjadi maka lebih baik kamu menahan diri untuk mengurangi ikut perayaan tersebut, tapi kalau tidak bisa misalnya seperti perayaan hari raya yang harus hadir, maka minimalkan nilai uang untuk hadiah tersebut dan cobalah untuk memberikan hal berharga lainnya misalnya barang buatan sendiri atau barang yang memang disukai oleh orang yang akan diberi hadiah.

6. Boros Paket Internet

Yap, didunia serba digital ini paket internet akan menjadi kebutuhan primer, alih-alih menjadi lebih mudah ternyata langganan tagihan ponsel bulanan justru bisa membuat bokek dan mengikis keuangan tiap bulannya.

Lebih baik gunakan paket internet prabayar saja yang bisa diatur berapa nilai dan besarannya. Karen kalau dihitung beli paket internet kecil kecil justru akan boros, dan lebih hemat jika misalnya beli sekalian paket Rp100.000 - Rp200.000 perbulan dengan kuota besar, kecuali jika untuk bisnis maka lebih bagus jika berlangganan internet kabel atau Wifi.

7. Boros Makan di Luar

Poin ini tergantung kamu sudah berkeluarga atau belum, jika masih single maka untuk kebutuhan makan tidak masalah jika beli diluar, sangat bagus jika bisa masak sendiri pasti akan lebih hemat.

Nah jika kamu sudah berkeluarga tentu sangat disarankan untuk mengurangi makan di luar, atau memesan makanan dari luar lewat jasa kurir karena akan mempercepat habisnya anggaran bulanan, lebih baik makan sendiri atau beli makanan di warung yang lebih murah, jangan melulu direstoran atau cafe.

8. Pengeluaran Rutin Di Jalan

Untuk mereka yang bekerja dijalan pasti akan ada pengeluaran rutin misalnya kopi, cemilan, merokkok dan sebagainya sudah pasti akan mempercepat habisnya anggaran untuk transport dan perjalanan, kalau bisa ya berhenti tapi pasti akan sulit jadi berusahalah untuk menahannya misal beli cemilan hanya waktu ingin saja dua hari sekali atau dengan periode yang lebih panjang sehari sekali saja. Tujuannya ya agar lebih hemat saja.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut memang tidak akan disadari secara langsung mengganggu keuangan bulanan kamu, tapi kalau dibiarkan dan tidak terkontrol bisa dipastikan kalau dana yang ada bisa habis sebelum waktunya, jadi saran saja sih cobalah untuk berhemat dan tinggalkan pengeluaran rutin yang tidak penting atau kurang memberikan manfaat yang pasti.

Artikel "Macam Kebiasaan Anak Muda Yang Bikin Keuangan Kacau" telah tayang pada Gambariklan.com penulis Mas Muktiaji.

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Anak Muda Yang Bikin Keuangan Kacau dan Boros"