Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instrumen Investasi yang Cocok untuk Anak Muda Demi Masa Depan

Instrumen Investasi yang Cocok untuk Anak Muda Demi Masa Depan

Gambariklan.com - Instrumen Investasi yang Cocok untuk Anak Muda memiliki karakter yang sesuai untuk posisi seseorang dimana mulai memiliki penghasilan sendiri dan persiapan menghadapi keuangan di masa depan.

Beberapa tahun kebelakan ketika ekonomi mulai terasa lebih sulit, trend investasi mulai naik daun termasuk dikalangan anak muda yang mulai mempersiapkan keuangan mengingat inflasi semakin tidak terukur, maka dari itu tidak sediki yang sadar manfaat investasi dan mencari instrumen yang cocok.

Dalam memilih instrumen investasi dibutuhkan pertimbangan dan riset yang matang termasuk menyesuaikan dengan pola produktifitas masing masing, nah untuk akan muda sebaiknya paham betul tujuan keuangan dan profil risiko dari instrumen tersebut terlebih lagi karena akan mempersiapkan dana untuk masa depan.

Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Berikut ini mas Muktiaji merangkum beberapa instrumen investasi yang cocok untuk kamu para kawula muda sesuai dengan tujuan yang ingin diraih serta bagaimana pandangan toleransi ketika menghadapi risiko yang kemungkinan muncul.

1. Logam Mulia Emas

Instrumen investasi yang pertama dan pasti cocok untuk anak muda untuk mengkonvert uangnya menjadi barang yang tidak terimbas inflasi sudah pasti adalah emas. Emas sudah lama dikenal sebagai aset investasi yang bisa mempertahankan nilai kekayaan secara konsisten tanpa terpengaruh investasi sekalipun.

Kelebihan emas yaitu mudah dicairkan, rendah risiko dan pasti memiliki return tinggi jadi seketika kamu butuh uang untuk kebutuhan dan tujuan tertentu bisa langsung menguangkannya atau justru langsung membayar tujuan tersebut dengan bentuk emas. Emas yang dimaksud ini adalah logam mulia kepingan dan sebaiknya jangan perhiasan jika untuk investasi. Logam mulia emas kepingan memiliki resiko kehilangan lebih rendah dan nilai jualnya lebih tinggi daripada perhiasan.
2. Investasi Saham

Berikutnya jenis investasi yang bisa menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat yaitu saham, tapi harus kamu tau kalau sebuah instrumen memberikan untung besar dengan range wantu yang singkat maka instrumen tersebut juga punya tingkat risiko yang tinggi pula.

Dalam investasi saham kamu harus memantau pergerakan pasar dan berani memutuskan kapan harus membeli atau menjual saham yang dimiliki, maka dari itu jangan hanya berdasarkan peruntungan, tapi kamu harus memperlajari saham tersebut milik siapa dan bagaimana historinya.

Jangan pernah menanam modal hanya pada satu jenis saham tertentu agar terhindar dari kegagalan berinvestasi saham, caranya harus investasikan modal pada beberapa saham agar jika salah satu saham mengalami kerugian maka kamu masih bisa untung dari saham yang lain.

3. Investasi di Reksa Dana dan Obligasi

Instrumen Investasi yang tidak membutuhkan modal yang besar atau kamu bisa mulai dengan modal minimal beberapa juta saja yaitu jenis investasi reksa dana pasar uang serta obligasi. Pada instrumen ini kamu tidak perlu memantau perkembangan aset di pasar modal karena hampir semuanya berjangkawaktu yang panjang.

Kita ambil saja obligasi dimana merupakan surat utang jangka panjang yang sebagian besar diterbitkan oleh pemerintah, berdasarkan nilai nominal dan waktu jatuh tempo tertentu maka jika kita bandingkan dengan deposito tentu obligasi ini memiliki bunga yang lebih besar dan pajak yang lebih kecil kemudian paling penting menjadikanya layak dipilih karena instrumen ini juga dijamin langsung oleh negara.

Artinya kita tidak perlu khawatir soal keamanan, karakteristik instrumen reksa dana pasar uang dan obligasi memang cocok untuk investasi anak muda yang ingin keuntungan jangka panjang contohnya sebagai persiapan dana pensiun atau dana sekolah untuk anak.

4. Investasi Bidang Properti

Buat kamu yang sudah mempersiapkan tabungan atau dana cukup besar untuk investasi, maka sangat disarankan untuk memilih instrumen investasi properti dengan segala keuntungannya dan lebih aman dari instrumen lain karena resiko kehilangan hampir sangat kecil, seperti hal nya rumah yang bisa dijual kapan saja tanpa khawatir akan ada yang mengambilnya.

Keuntungan paling layak dipertimbangkan yaitu tentang harganya yang selalu naik, selain itu soal properti bisa disewakan kapan saja atau langsung bisa diwariskan keketurunan berikutnya, properti merupakan jenis investasi yang sangat dinamis, bisa sangat jangka panjang dan bisa juga uangkan dalam waktu yang relatif singkat.

Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk investasi properti, pastikan untuk belajar dan melakukan riset terlebih dahulu tentang seperti apa "strategis" yang menjadi minat target pasarnya sehingga nilai harganya bisa naik dengan cepat.

Tidak harus dengan cara cash, kamu bisa memulai investasi properti dengan cara mengambil KPR atau mencicil, namun pastikan jika besaran cicilan tersebut tidak lebih dari lebih dari 30 persen pendapatan tiap bulannya jadi kondisi cash flow kamu tetap dalam keadaan bisa di atur, serta kamu harus sangat selektif dalam memilih rumah atau properti yang akan dibeli sesuai dengan karakter strategis diatas.

Sebagai pertimbangan mungkin kamu bisa mempelajari variabel lokasi, fasilitas pendukung, popularitas developer kemudian baru mencari tau kualitas dari bahan bangunan yang digunakan. Mudah saja semakin berkualitas di setiap variabelnya maka semakin cepat mula properti tersebut mendapatkan kenaikan nilai harganya.

Penutup

Pada dasarnya cukup banyak Instrumen Investasi yang Cocok untuk Anak Muda, yang terpenting kamu harus bisa memahami apa kebutuhan keuangan yang paling mungkin terjadi dengan perjalanan hidupmu, dan barulah memilih instrumen investasi yang mendukung untuk kebutuhan tersebut, jadi untuk memilih instrumen investasi ini, kamu sebagai anak muda harus menyingkirkan ego dan mulailah berpikir bijaksana. Semoga bermanfaat.

Artikel "Instrumen Investasi yang Cocok untuk Anak Muda" telah tayang pada Gambariklan.com penulis mas Muktiaji.

Posting Komentar untuk "Instrumen Investasi yang Cocok untuk Anak Muda Demi Masa Depan"