Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instrumen Investasi di SBR010 Potensi Risk Free Cocok Untuk Semua Investor

Instrumen Investasi di SBR010 Potensi Risk Free Cocok Untuk Semua Investor

Gambariklan.com - SBR010 yang merupakan salah satu seri dari Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Savings Bond Ritel (SBR) saat ini disebut sebagai instrumen investasi yang cocok untuk semua investor entah itu pemula atau yang sudah expert, nag dibalik alasan ini ternyata ada alasan yang masuk akal.

Jadi memang SBR ini pada dasarnya sudah risk free jadi apabila investor siap untuk lock up period , maka bisa untuk semua termasuk investor pemula, kemudian tentang risk free atau bebas resiko yang dimaksud memang sudah dijelaskan pada Memorandum Informasi SBR010 dari Kementerian Keuangan, mulai dari resiko yang ada yaitu :

1. Risiko gagal bayar (default risk)

Resiko gagal bayar ini maksudnya investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit ketika produk investasi jatuh tempo kupon dan pokok.

2. Risiko tingkat bunga (interest rate risk)

Risiko tingkat bunga yaitu terjadinya perubahan tingkat bunga di pasar yang memberikan potensi menjadi penyebab kerugian bagi investor.

3. Risiko likuiditas (liquidity risk)

Terakhir Risiko likuiditas yaitu risiko investor tidak dapat menjual atau mencairkan produk investasi pada waktu yang cepat serta dengan harga yang wajar.

Tetapi yang penting disini ternyata Kementerian Keuangan juga menyebutkan bahwa tiga risiko di atas merupakan jenis risiko utama yang harus diperhatikan jika terjun berinvestasi pada pasar keuangan.

Penjelasan Risiko Investasi di SBR010

Pertama yaitu tentang Risiko gagal bayar yaitu SBR ini tidak mempunyai risiko gagal bayar karena berdasarkan Undang-Undang SUN, Negara membarikan jaminan pembayaran kupon dan pokok SUN termasuk untuk SBR010 hingga jatuh tempo dan dana tersebut sudah tersedia dalam APBN.

Kedua tentang Risiko tingkat bunga maka bisa disebutkan jika SBR010 tidak memiliki risiko ini karena tingkat kupon SBR010 mengikuti pergerakan suku bunga acuan dan jaminan tingkat kupon minimal hingga jatuh tempo.

Ketiga tentang Risiko likuiditas bisa disebutkan jika SBR010 tidak memiliki risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, tetapi investor tetap dapat mencairkan SBR010 yang dimiliki sebelum jatuh tempo menggunakan fasilitas pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) sesuai ketentuan yang berlaku serta Investor dapat juga menjaminkan SBR ke pihak lain misalnya sebagai jaminan dalam pengajuan pinjaman di bank umum atau lembaga keuangan lainnya, kemudian juga bisa dugunakan sebagai jaminan dalam rangka transaksi efek mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Instrumen SBR010 ditawarkan pemerintah dari 21 Juni 2021 sampai 15 Juli 2021 nilai minimum pemesanan Rp1 juta dan nilai maksimum pemesanan Rp3 miliar, Surat SBR010 ini merupakan obligasi non-tradable khusus investor ritel warga negara Indonesia dengan jangka waktunya 2 tahun dari penerbitan, atau jatuh temponya SBR010 sampai tanggal 10 Juli 2023.

Kuntungan Investasi SBR010 yang Bisa Didapatkan

Penawaran obligasi Surat Berharga Negara (SBN) konvensional seri Savings Bond Ritel atau SBR010 belum lama ini mulai ditawarkan oleh pemerintah dan masa penawarannya mulai 21 Juni 2021 sampai 15 Juli 2021 kemudian ternya SBR010 ini disebutkan menjadi sebuah alternatif investasi yang aman dan risk free serta menguntungkan.

Instrumen SBR010 diharapkan dapat pilihan berharga untuk Penduduk Indonesia ketika berinvestasi dimana manfaatnya selain untuk si investor bisa bermanfaat untuk negara karena dana tersebut langsung digunakan sebagai sumber pembiayaan APBN dan Obligasi ini akan jatuh tempo dua tahun mendatang tanggal 10 Juli 2023.

Pembayaran kupon SBR010 pertama 10 September 2021, kupon akan dibayarkan setiap tanggal 10 setiap bulan, serta tingkat kupon SBR010 untuk periode tiga bulan pertama mulai tanggal 22 Juli 2021 hingga 10 Oktober 2021 sebesar 5,10 persen dan tingkat kupon tersebut berasal dari suku bunga acuan sebesar 3,5 persen ditambah spread tetap 160 bps (1,6 persen).Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat masyarakat jika berinvestasi di SBR010 sebagai penawaran SUN ritel yang jenisnya tidak dapat diperdangkan atau non tradeable seri saving bond ritel, sebagai berikut :

1. Dijamin Oleh Negara

Keuntungan pertama yaitu Instrumen investasi SBR010 ini dijamin negara karena pemerintah Indonesia sebagai penerbitnya.

2. Mulai dari Rp 1 Juta

Kemudian kita bisa membeli surat utang tersebut dengan nilai minimal Rp 1 juta dan maksimum pemesanan bisa sebesar Rp 3 miliar.

3. Kupon Mengambang dengan Kupon Minimal

Keuntungan berikutnya yaitu SBR memiliki kupon yang mengambang dengan kupon minimal (floating with floor) mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate dimana kupon mengambang artinya besaran kupon SBR disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali dan kupon minimal berarti tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal hingga jatuh tempo.

4. Fasilitas Early Redemption

Surat Utang SBR010 merupakan sebuah instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder tapi punya fasilitas Early Redemption yang merupakan fasilitas untuk investor sehingga memungkinkan menerima sebagian pelunasan pokok SBR010 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo dan tentu fasilitas ini hanya dapat difunakan investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap mitra distribusi, jumlah maksimal yang dapat diajukanpun untuk Early Redemption sebesar 50 persen dari total kepemilikan para investor.

5. Kontribusi Untuk Membangun Negara

Dana yang didapat dari penerbitan SBR010 disebutkan akan digunakan untuk pembiayaan APBN 2021 serta digunakan untuk membantu pemulihan ekonomi imbas dampak pandemi.

Cara Membeli Investasi Surat Utang SBR010

Jika kamu tertarik untuk membeli SBR010, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Pendaftaran dan Registrasi

Pertama haruslah mendaftar dan proses pendaftaran calon investor ini dilakukan melalui sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis) dengan data yang dibutuhkan yaitu data diri pada umumnya, nomor SID, nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga, jika kamu belum punya nomor SID, rekening dana, atau rekening surat berharga langsung saja hubungi Midis untuk cara mendapatkannya.

2. Melakukan Pemesanan

Setelah proses pendaftaran atau registrasi berhasil maka kamu sebagai calon investor dapat melakukan pemesanan SBR010 dengan membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi yaitu waktu pemesanan hanya bisa dilakukan ketika masa penawaran SBR010.

3. Melakukan Pembayaran

Jika proses pemesanan sudah terverifikasi maka kamu sebagai calon investor bisa mendapatkan kode billing pembayaran via email atau sms sesuai kebijakan Mitra Distribusi dan kode pembayaran tersebut digunakan untuk penyetoran dana investasi lewat Bank Persepsi yaitu teller, ATM, internet banking, mobile banking atau lewat Pos dan bisa lewat Lembaga Persepsi Lainnya sesuai batas waktu yang sudah ditentukan.

4. Lakukan Konfirmasi

Terakhir setelah kamu menyelesaikan proses pembayaran maka akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan juga dapat notifikasi completed order kemudian baru bisa mendapatkan alokasi SBR010 saat tanggal setelmen atau tanggal penerbitannya.

Posting Komentar untuk "Instrumen Investasi di SBR010 Potensi Risk Free Cocok Untuk Semua Investor"