Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Maksud dan Fundamental Uang Kripto Sebagai Instrumen

Memahani Maksud dan Fundamental Uang Kripto Sebagai Instrumen

Gambariklan.com - Mulai ketenerannya uang kripto yang sudah naik daun dan dikenal "menguntungkan" oleh banyak masyarakat luas yang baru melek teknologi sejak awal tahun lalu, mungkin mulai terlihatnya di pertengahan tahun sebelumnya.

Karena pamor nya yang begitu wah dengan kabar keuntungan ratusan hingga ribuan persen dalam waktu beberapa pekan saja membuat sebagian besar masyarakat yang baru tau langsung berbondong-bondong membelinya sebagai sebuah instrumen investasi.

Pada titik ini perlu dipahami kalau pergerakan uang kripto itu sendiri sangat fluktuatif bisa naik dengan signifikan dan bisa turun tajam seperti beberapa minggu lalu sehingga membuat investor dadakan bisa tiba-tiba merugi dan kehilangan banyak uang.

Potensi Uang Kripto Sebagai Instrumen Investasi

Pada dasarnya bisa disebutkan kalau investasi uang kripto ini sama dengan investasi pada saham karena dilihat dari kualitas uang kripto tersebut ternyata dapat dianalisa dengan melihat fundamental serta maksud dari produk kripto tersebut terutama memahami faktor-faktor pendukung dari aset kripto.

Hal ini sangat penting untuk dicermati sebelum melangkah untuk melakukan pembelian investasi kripto, bagaimanapun juga dengan memahami maksud tujuan serta fundamental uang kripto tersebut akan memberikan gambaran kepada kita tentang langkah-langkah yang harus diambil ketika ingin membelinya.Pertama Harus Paham Maksud Dan Tujuannya

Salah satu tujuan aset uang kripto diciptakan dan menjadi salah satu instrumen investasi karena total suplai atau jumlahnya terbatas, terbatasnya jumlah uang kriptop ini bukan tanpa sebab, memang sengaja begitu agar bisa menaikkan nilainya secara signifikan ketika banyak yang minat terhadap aset kriptop tersebut.

Oke, ambil contoh saja salah satunya yaitu Bitcoin yang diciptakan hanya ada 21 juta keping di dunia yang menyebabkan ketika pamornya naik maka semua orang berlomba-lomba untuk menambangnya, sehingga terjadilah hukum pasar kalau barang terbatas tetapi banyak yang mencari maka harganya akan naik.

Kedua Cermati Likuiditas nya

Berikutnya seperti instrumen investasi lainnya, seorang investor harus bisa mencermati likuiditas dari aset kripto tersebut tentang bagaimana aset tersebut diuangkan atau dijual dan berbagai kendalanya sampai bisa ditukar kembali menjadi mata uang fiat sesuai yang diakui sebagai alat tukar yang umum termasuk mata uang di negara kita berada.

Pahami serta pelajari juga jaringan dan bagaimana mekanisme atau prosesnya, riset tentang jaringan yang digunakan harus dilakukan secara dalam karena harus memastikan seberapa sehat jaringan tersebut, kadang hal ini bersifat dinamis antara awal diperkenalkan dan ketika sudah naik daun maka jaringan yang digunakan juga bisa berbeda.

Ketiga Perihal Daya Serap Minat Pasar

Cukup penting juga untuk mencari tau seberapa besar minat dan daya serap pasar terhadap aset kripto tersebut apakah rendah atau tinggi, tentu saja hal ini berbeda antara ketidak tahuan terhadap aset dan bagaimana minatnya, minat terhadap sebuah instrumen termasuk aset kripto jelas bisa diketahui dari history bagaimana regulasi memandang aset-set baru sebelumnya.

Mungkin kamu bisa mencari tau di negara besar atau negara asalnya apakah uang kripto tersebut bisa digunakan untuk transaksi jual beli atau tidak dan bandingkan dengan regulasi yang ada dinegara tempat kamu berada, kalau memang di sini aset kripto tersebut tidak bisa menjadi salah satu metode pembayaran maka cek dulu bagaimana penukaran di negara besar.

Seperti yang kita tau kalau Bitcoin sudah diterima oleh beberapa brand tertentu sebagai metode pembayaran jadi semisal disini tidak diterima pun kita masih bisa menukarkannya dengan barang atau nilai mata uang di negara brand tersebut barulah dengan cara lain kita konversikan kemata uang yang sedang kita gunakan.

Keempat Masa Periode dan Volume Trading

Kemudian sebagai seorang investor atau calon, haruslah bisa melihat dan mencermati jumlah serta volume trading dalam periode tertentu contohnya harian 24 jam, per pekan 1 minggu atau dalam 1 bulan terakhir begitu juga tentang mempertimbangkan besaran kapitalisasi pasar untuk menilai seberapa besar pertumbuhan aset digital tersebut.

Kapitalisasi pasar yang tinggi dari aset kripto tersebut harus dibandingkan juga dengan volume trading agar pengukuran pertumbuhan aset semakin akurat, menggeluti investasi kriptop ini mengharuskan kita untuk selalu belajar tentang perkembangannya karena kedepan varian yang muncul pastilah akan lebih banyak.

Kamu bisa mendapatkan informasi tentang kapitalisasi pasar pada situs CoinMarketCap atau CoinGecko dan jika ingin belajar atau mengikuti perkembangan aset kripto bisa lewat media khusus yang membahas aset kriptop tersebut misalnya Coindesk, Cointelegraph, Cryptopotato atau Bloomberg dan sebagainya.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mendalam pada tiap-tiap aset kripto seperti Bitcoin atau Ethereum dan sebagainya bisa juga langsung membaca whitepaper resmi nya atau proposal resmi yang dibuat oleh pengembang aset kripto tersebut ketika diluncurkan ke pasar.

Whitepaper atau proposal resmi tersebut berisi tentang alasan, tujuan, rencana masa depan, jenis blockchain yang digunakan serta cara aset kripto tersebut dibentuk dan whitepaper bisa dnegan mudah diakses melalui browser, biasanya menggunakan bahasa inggris tinggal disesuaikan saja.

Calon investor atau investor pemula sebenarnya bisa belajar melalui beragam sumber artikel resmi yang ada, kalau perlu memang harus mengikuti kursus mengenai blockchain dan aset kripto ini agar tau perkembangannya dan dasar teknik yang bisa digunakan.

Jangan Panik Ketika Aset Uang Kripto Turun

Jangan Panik Ketika Aset Uang Kripto Turun

Membahas tentang investor pemula di instrumen uang kripto pastinya akan merasa panik khawatir hingga takut ketika tren nilai harga mata uang digital tersebut mengalami penurunan apalagi aset ini belum lama muncul di permukaan atau bis kita sebut dengan aset yang masih baru.

Investor pemula di instumen ini sebaiknya tidak heboh dan panik hingga mengambil langkah mendadak ketika harga aset kripto mengalami tren penurunan karena kenaikan atau penurunan nilai aset kripto ini merupakan hal yang sangat wajar seperti instumen investasi lainnya.

Maka dari itu ketika mencoba aset digital ini jangan terbawa fomo atau panik, apalagi ikut-ikutnya tindakan dadakan orang lain, kita juga harus melihat dari prespektif yang lebih luas tentang penurunan harga aset kripto karena bisa jadi memang market tengah mengalami tren penurunan apalagi aset ini masih tergolong baru.

Sebagai investor sebaiknya selalu fokus ke fundamental aset kripto tersebut sehingga tidak mudah terpengaruh dengan "kata orang" ketika harga kripto bergerak fluktuasi karena itulah diatas sangat merekomendasikan untuk riset serta mempelajarinya terlebih dahulu.

Artikel "Memahani Maksud dan Fundamental Uang Kripto Sebagai Instrumen" telah tayang pada Gambariklan.com url https://www.gambariklan.com/2021/06/-maksud-dan-fundamental-uang-kripto.html penulis Mas Muktiaji.