Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Tips Biar Lancar Parkir Mobil di Tempat Sempit

Begini Tips Biar Lancar Parkir Mobil di Tempat Sempit

Gambariklan.com - Memakirkan mobil di area atau tempat yang sempit memang butuh kemampuan dan trik khusus, bahkan yang sudah berpengalamanpun kadang harus turun dan melihat kondisi terlebih dahulu baru bisa memarkirkan kendaraannya.

Seperti yang semua calon pengemudi harus tau yaitu kemampuan memarkir mobil harus sangat diasah dan sangat dibutuhkan karena walaupun kelihatannya mudah, parkir memarkir ini tidak semua pengemudi bisa melakukannya dengan baik dan tepat.

Permasalahan utama yang menguras energi yaitu ketika menghadapi lahan parkir yang sempit dan posisi yang sulit seperti parkir paralel, parkir menurun drastis atau nanjak nikung, tentu saja kondisi seperti ini akan membuat kesulitan dan tidak sedikit yang memilih tempat agak jauh untuk parkir yang penting lebih lega.

Langkah Memarkirkan Mobil di Tempat Sempit


Untuk melakukan hal ini yaitu parkir mobil di area yang cukup sempit, maka ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Turun dan Lihat Ruang Parkir

Dimensi lokasi antara melihat langsung dan dari dalam mobil itu jauh berbeda, jadi ketika akan parkir ditempat yang sempit atau sulit lebih baik pertama kali turun dari mobil dan cek secara visual apakah memang ada ruang untuk mobil atau tidak.

Tipsnya ukur kira-kira ruang parkir tersebut muat untuk mobil dengan tambahan 60cm - 1meter dari tiap sisi mobil kita mulai dari depan belakang dan samping, kalau memang ruang tersebut sangat kurang dari hitungan kasar tersebut maka lebih baik cari tempat parkir lainnya.

Ukuran tambahan perkiraan tersebut digunakan untuk menekuk ketika akan meluruskan mobil dan akses untuk membuka pintu atau mungkin jika butuh membuka pintu belakang untuk memasukkan dan menurunkan barang.

Kalau memang ruang parkirnya dikira-kira bisa memadai untuk menempatkan mobil kita dalam waktu yang cukup lama dan aman, maka barulah bersiap untuk memakirkan.Persiapan Memarkir Mobil

Berikutnya persiapan untuk memarkirkan dengan melihat kondisi sekitar apakah ada kendaraan lain yang akan melintas atau tidak, jika ada maka biarkanlah kendaraan tersebut melitas terlebih dahulu.

Gunakan lampu sein sebutuhnya dan kalau perlu beri tambahan kode tangan, periksa kaca spion kemudian lakukan secara perlahan dan sabar, pastikan setiap sisi memiliki jarak minimal 30cm dari benda lain misalnya dari mobil lain atau tembok, jika sudah mepet maka luruskan dan posisikan jarak kembali.

Masuk Ke Area Tempat Parkir

Ingat, untuk memarkirkan mobil ditempat sempit, kamu harus sabar, tenang dan perlahan, kalau memang ada teman atau keluarga yang bisa memberikan kode jarak dari luar maka minta tolonglah ke mereka.

Tapi kalau kamu harus melakukannya sendiri maka sabar saja dan lakukan pengecekan secara visual jarak antar sisi dan posisinya dengan cara turun ketika merasa ragu antar jarak.

Kamera Parkir Sebaiknya Ada

Tips yang ini mungkin harus diawal ya, atau mungkin setelah ini kamu pasang sendiri kamera parkir buat mobil. Kalau bisa letakkan tepat center di belakang mobil dan belilah kamera dengan kualitas bagus serta pasang sensor jarak parkir juga.

Parkirkan Mobil dengan Baik dan Cermat

Parkirkan mobil sepenuhnya ke area parkir tersebut dengan baik, kemudian pastikan dan ukur lagi secara visual antar sisinya. Parkir yang baik maksudnya tidak memakan jalan kendaraan lainnya, dan jalur sisa parkir seharusnya bisa dilewati kendaraan atau orang yang akan melintas.

Parkir yang benar harus dengan memutar roda sedikit dan mundur atau maju kemudian mengulanginya beberapa kali agar dapat masuk ke lahan parkir yang sempit dan jangan pernah berharap serta mempratekkan sekali parkir langsung jadi (ini cara yang salah) lakukan saja secara perlahan dan berulang-ulang.

Pastikan semua kaca dan sensor digunakan secara maksimal, seperti sering melihat sekeliling untuk memastikan tak menabrak mobil atau benda lainnya dan setelah berhasil memarkirkan kendaraan cek kembali posisi rem parkir harus benar, kalau menggunakan mobil manual maka masukkan gigi mundur jika posisi parkir mobil nanjak begitu juga sebaliknya masukkan gigi 1 jika posisi parkir mobil menurun.

Sering Latihan Lagi dan Terus Latihan

Kemampuan memarkirkan mobil di tempat sempit ini tidak bisa didapatkan secara instant dan harus dilatih terus menerus karena posisi dan kondisi parkir disetiap tempat tidaklah sama. Yang terpenting kamu harus memahami ukuran dimensi mobil yang digunakan dan jarak tekuk panjang mobil yang mampu didapatkan. Semakin sering memarkinkan mobil ditempat yang sulit, pastinya kemampuan teknik parkir akan semakin bagus. Oke sepertinya itu dulu dan semoga beberapa tips memarkirkan mobil diatas bisa bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di Gambariklan.com dengan judul Begini Tips Biar Lancar Parkir Mobil di Tempat Sempit, url : https://www.gambariklan.com/2021/05/tips-lancar-mobil-parkir-di-tempat-sempit.html
Penulis : Mas Muktiaji