Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Tata Cara Belanja Online Bayar Pakai COD yang Harus Diketahui

Tentang Tata Cara Belanja Online Bayar Pakai COD yang Harus Diketahui

Gambariklan.com - Sejak munculnya belanja online dengan sistem pembayaran COD atau cash on deliver, tidak sedikit yang justru memunculkan masalah akibat pembeli tidak sepenuhnya memahami tata cara beli barang di internet dengan metode ini.

Yap, memang cukup banyak buyer atau pelaku pembelanja online yang salah saham pembayaran COD ini karena pada dasarnya metode cash on deliver digunakan untuk beli barang yang dikirim oleh penjual langsung jadi bisa langsung komplain jika barang tidak sesuai.

Tapi ketika opsi pembayaran COD dipakai oleh marketplace besar dengan pengiriman oleh kurir maka secara tidak langsung tata cara dan etikanya berubah, jujur saja COD nya marketplace ini sepertinya bertujuan untuk lebih banyak menggaet pelanggan baru.

Maka dari itu ketika kita melakukan belanja online seharusnya memahami dan mengetahui tentang metodenya, cara pembayarannya, bagaimana pengirimannya dan tentu saja tata cara untuk komplain barangnya.

Caranya Belanja Online Bayar Pakai COD

Ketika pertama belanja online dengan metode pembayaran COD maka kamu harus paham kalau pembeli memang HARUS melakukan pembayaran ke kurir sebelum membuka paket atau mengecek kondisi barang yang dikirim.

Jika kamu sebagai pembeli menolak untuk membayar atau mungkin tidak ada di tempat saat kurir mengirimkan paket beberapa kali dalam kurun waktu tertentu maka seharusnya diblokir dari sistem pembayaran COD, namun fitur ini hanya dimiliki beberapa e-commerce saja dan sebagian besar lebih memilih menghubungi pembeli lewat kontak langsung.
Sebelum belanja online dengan cara bayar COD maka sangat penting untuk membaca ketentuan dari e-commerce terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi karena seperti yang mas Aji jelaskan diatas, pengirimnya ini kang kurir dan bukan penjualnya, baca terutama pada bagian bagaimana cara komplain barangnya.

Jadi akan sangat salah jika kamu menolak membayar dan hanya mau cek barang terlebih dahulu, jika kondisi seperti ini terjadi maka bisa dipastikan 100% kamu yang salah karena kalau memutuskan untuk belanja lewat e-commerce maka mau tidak mau harus mengikuti tata caranya, kalau tidak mau ikut aturannya ya lebih baik jangan belanja online.

Sebelum Memutuskan Untuk Bayar Dengan COD

Karena COD ini mengartikan bayar setelah barang diterima dan dengan segala aturan serta etikannya maka semestinya kita harus membayar dulu dan kalau barang tidak sesuai barulah melakukan komplain ke penjual dengan mediasi platform marketplace tersebut.

Namun disisi lain, sebelum memutuskan untuk membeli dengan COD maka sebaiknya ada beberapa Hal yang harus kamu lakukan, yaitu :

1. Identifikasi Produk

Agar tidak terjadi kesalahan pengiriman barang maka lebih baik identifikasi penjualnya terlebih dahulu dengan melihat reputasinya dan testimoninya kemudian seberapa banyak dia bisa menyelesaikan transaksi dengan respon puas dan sesuai dengan keinginan pembeli, sangat disarankan beli dari toko official atau yang resmi.

Setelah itu baca deskripsi dari produknya bagaimana ukuran dan variabel yang penting dari produk tersebut, terutama cek foto barang yang sudah diterima oleh pembeli lainnya karena biasanya itulah penampakan barang yang asli.

2. Cek Cover Wilayah Ekspedisi

Berikutnya yang sangat penting juga yaitu untuk memastikan apakah barang tersebut bisa dikirim oleh jasa kuris ekspedisi dengan baik pada area yang di-cover. Pastikan memilih kurir yang sub pengiriman daerahnya paling cepat dan paling baik untuk tempat tinggal kamu.

3. Ketahui Metode Pembayarannya

Dalam hal ini kita akan membahas tentang metode COD nya, jadi penting juga untuk memahami metode pembayaran COD tersebut saat hendak bertransaksi lewat paltform E-Commerce. Umumnya COD pada platform e-commerce ini hanya memudahkan pembayaran saja yaitu bayar ketika barang sampai, dan untuk komplain langsung ke kontak penjualnya, BUKAN ke abang kurirnya.

Kalau memang disarankan sih pilih metode pembayaran yang ia rekomendasikan seperti dengan virtual account atau juga dompet elektronik, berikutnya pakai transfer bank lewat ATM atau paling akhir yaitu pembayaran dilakukan lewat minimarket.

Mungkin memang pembayaran via COD ini kurang direkomendasikan karena banyak sekali kendala, mulai dari harus ketemu pembeli langsung terlebih dahulu, dan kalau tidak ada harus bolak balik. Sebagai pembeli juga harus punya etika dan harus standbay menunggu barang tersebut dikirim.

4. Ada Harga Ada Kualitas

Berikutnya jangan pernah tertarik dengan barang murah yang foto produknya sangat bagus karena itu hanya halu, dimana-mana ada harga pasti ada kualitas dan juga lebih baik beli dari merk yang sudah terkenal akan kualitasnya.

5. Persoalan Komplain

Sistem COD yang digunakan oleh platform belanja online tidak sama dengan COD langsung seller, jika ada komplain ketidak cocokan barang maka akan dimediasi oleh situs belanja tersebut dengan syarat pembeli menyertakan bukti-bukti komplain yang sesuai aturan seperti foto atau barang dikirim balik terlebih dahulu.

Dengan sistem COD maka kamu harus membayarnya terlebih dahulu dan barulah segera memeriksa kondisi paket yang datang tersebut apakah sesuai atau tidak dan barulah mengisi kolom notifikasi di aplikasi atau situs berbelanja untuk memilih opsi barang sudah diterima atau mengajukan komplain, baca rulenya dulu ya.

Bagaimana ya, mau tidak mau memang begitulah cara bayar COD kalau beli barang lewat platform belanja online karena memang kurir hanya bertugas mengirim, dan kalau ada komplain sudah seharusnya langsung ke penjualnya.

Penting untuk kamu pahami tidak semua lapak penjual pada platform online ini menjaga kualitas dan kepuasan pelanggannya, ada juga yang penting barang laku saja.

Maka dari itu seperti yang mas Aji sampaikan diatas, kalau mau bayar pakai COD maka belilah barang yang berkualitas dari official store dan jangan terpincut harga murah dengan foto yang bagus karena itu tidak mungkin. Dimana-mana ya ada harga pasti ada kualitas, itu sudah jadi hukum alam kalau mau belanja di online atau offline. Semoga informasinya bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di Gambariklan.com dengan judul Tentang Tata Cara Belanja Online Bayar Pakai COD yang Harus Diketahui url : https://www.gambariklan.com/2021/05/tata-cara-belanja-online-bayar-pakai-cod.html
Penulis : Mas Muktiaji