Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab HP Smartphone Mudah Panas Saat Digunakan dan Baterai Cepat Habis

Penyebab HP Smartphone Mudah Panas Saat Digunakan dan Baterai Cepat Habis

Gambariklan.com - Ada cukup banyak penyebab hp atau smartphone bisa mudah panas saat digunakan dan imbasnya baterai akan cepat habis, mulai dari banyaknya aplikasi yang aktif hingga karena memang terdapat masalah pada hardware atau sumber daya yang digunakan.

Tentu semua inti dari penyebab hp panas dan baterai cepat habis ini karena memang ada masalah pada perangkat yang kita gunakan, dan tenang saja karena bukan hanya kamu yang mengalami, mas aji juga sering menemui kondisi demikian.

Smartphone apalagi Android dan Ios, sudah sewajarnya mengeluarkan panas karena sumber daya utamanya adalah arus listrik, permasalahan akan muncuk ketika hp terasa sangat panas dalam waktu yang singkat disertai dengan sisa baterai yang turun dengan cepat.

Jika kondisi demikian sudah terjadi maka sangat penting untuk mengetahui penyebabnya, apakah masalahnya berada di hardware atau software yang digunakan. Panas hp karena pengaturan default sih sangat mudah di atasi, tapi kalau sudah urusan hardware ya sangat disarankan untuk diganti termasuk baterai yang punya masa pakai.

Penyebab HP Mudah Panas Saat Digunakan


Dari pengalaman megang smartphone dan mengutak atiknya, ada cukup banyak penyebab hp mudah panas dan baterai cepat habis yang sering ditemui.

1. Smartphone Kita Banyak Notifikasi Bersamaan

Penyebab pertama ini yang selalu dan sering terjadi jika kita tidak memanajemen aplikasi yang ada, jadi notifikasi muncul terus dan hampir bersamaan seperti layar menyala, bergetar atau memutar suara notifikasi yang terus menerus jadi wajar saja ponsel cepat panan dan baterainya mudah terkuras.

Perlu dilakukan pengaturan manual dengan mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang kamu gunakan dan aplikasi yang penting saja, misalnya satu aplikasi perpesanan saja dan itupun hanya menerima notifikasi dari perorangan, tidak perlu memunculkan notifikasi dari grub juga.
2. Banyak Aplikasi Terbuka Di Latar Belakang

Berikutnya ada hal yang menyebabkan hp cepat panas lainnya dan juga sangat menguras baterai yaitu banyaknya aplikasi yang terbuka dilatar belakang tanpa disadari. 

Hal ini terjadi karena sering membuka aplikasi dengan jumlah yang banyak secara bersamaan dan tidak menutup aplikasi tersebut dengan benar, paling cuma di tap home saja, memang aplikasi tersebut tidak terbuka dan juga tidak tertutup tapi CPU tetap memproses data dari aplikasi tersebut.

Jadi lebih baik gunakan aplikasi satu per satu dan setelah selesai tutup sesuai dengan prosedur yang ada di aplikasi tersebut.

3. Tombol Wifi Terus Aktif

Kadang ada kalanya sebagian orang lebih suka membiarkan fitur wifi yang terus menyala tanpa digunakan karena ketika nanti bertemu dengan sinyal wifi yang biasa dipakai akan langsung tersambung.

Tindakan ini justru bisa menguras baterai lebih cepat dan membuatnya terasa lebih panas karena ponsel akan terus mencari sinyal Wi-Fi di saat yang tidak dibutuhkan, dan imbas yang paling mudah terjadi yaitu baterai cepat ngedrop.

4. Sinyal Operator Tidak Stabil

Jika sinyal internet data seluler yang kamu gunakan tidak stabil pastinya juga bisa menjadi penyebab smartphone yang kita gunakan cepat panas dan baterainya gampang habis karena perangkat akan membuat hp mencari sinyal secara terus menerus dan berganti-ganti jaringan.

Maka dari itu kalau dirasa sinyal naik turun, lebih baik aktifkan mode pesawat untuk menghentikan proses mencari sinyal dan pindahlah ke tempat yang dapat akses internet stabil.

5. Smartphone digunakan Saat di Cas

Ada hal yang tidak seharusnya dan sangat tidak disarankan untuk dilakukan yaitu menggunakan hp saat masih diisi daya karena sudah pasti hp bisa panas secara singkat dan dapat membuat baterai bocor.

Paling parah justru kebiasaan ini bisa merusak hardware dan bahkan meledakkan ponsel, maka dari itu ketika ponsel di charge lebih baik jangan digunakan terlebih dahulu, mode pesawat atau sangat baik jika dimatikan saja. Minimal matikan data lah biar arus tidak bocor keluar.

Trik cas hp paling baik yaitu isi daya ketika masuk ke 30% dan catu setelah lebih 80% atau sesaat sudah 100%. Juga sebaiknya hindari membiarkan kondisi 100% dalam waktu yang cukup lama dan jangan membiarkan hp di cas semalaman.

6. Ada Bug Pada Aplikasi

Kadang ketika ada bug pada aplikasi dan software yang sedang digunakan sangat bisa membuat hp panas karena prosesor tidak akan bekerja dengan optimal serta bingung terhadap kesalahan sistem seperti itu. 

Bug ini bisa ada pada aplikasi ataupun juga pada sistem operasi, jadi jika ada pembaruan atau update sebaiknya segera di install agar bug-bug yang ada diperbaiki ulang pada versi terbaru.

7. Sinkronisasi Otomatis Aplikasi dan Data Aktif

Proses sinkronisasi otomatis yang aktif dari berbagai macam aplikasi seperti mencadangkan foto atau menyinkronkan antar aplikasi pada dasarnya bagus untuk keamanan dari perangkat, tapi perlu kamu tau proses ini sangat menguras baterai.

8. Sistem Operasi Tidak Update

Sistem operasi, yang mungkin kamu kenal dengan Android versi tertentu atau Ios versi tertentu, harus selalu diupdate atau diperbarui ketika sudah muncul notifikasinya. 

Masalahnya jika dibiarkan dan dari awal beli tidak diupdate, maka bug-bug dan permasalahan pada sistem operasi sebelumnya tidak bisa diperbaiki akhirnya bikin ponse cepat panas. Jadi pastikan OS kamu adalah versi yang terbaru.

9. Menggunakan Layar Ynag Terlalu Terang

Menggunakan Layar yang terlalu terang setiap waktu akan bisa menyebabkan baterai ponsel cepat habis, tentu karena layar yang terang membutuhkan daya lebih besar dan juga bagian depan hp akan cepat panas, lebih baik gunakan kecerahan otomatis atau mungkin mengatur kecerahannya secara manual sesuai yang dibutuhkan.

10. Kondisi Sekitar Hp memang Panas

Mungkin kamu salah meletakkan ponsel android, bisa saja karena terlalu lama terkena sinar matahari langsung atau lokasi panas lainnya yang membuat hp justru lebih cepat panas. 

Faktor panas dari luar ini ibsa mengakibatkan kerusakan komponen secara serius seperti masa pakai baterai dan kerusakan layar ponsel lebih cepat.

11. Ada Malware Di Ponsel

Nah, ini yang paling dikhawatirkan kalau hp kita terjangkit malware jadi android akan sangat cepat panas karena malware selalu menjalankan aplikasi dan proses berbahaya yang sangat tidak wajar. 

Jadi jangan sembarangan mengunduh dan menginstall aplikasi, pastikan dari situs atau sumber resminya. Dan tidak ada salahnya gunakan keamanan ekstra seperti anti malware dan virus.

12. Memang Sudah Ada Kerusakan Baterai dan Charger

Kalau kondisi ponsel hampir semuanya normal, tapi baterai terasa cepat panas dan cepat habis maka cobalah cek baterainya dan kepala cas yang digunakan. Mungkin memang ada masalah dan kerusakan pada baterai, kabel cas dan kepala charger.

Khusus ketiga perangkat ini rasanya memang harus segera diganti jika sudah ada aus atau terlihat kerusakan luar ataupun jika terjadi penurunan peforma. Lagian antara baterai, kabel dan kepala charger sekarang harganya sudah terjangkau.

Pastikan kamu beli part yang asli ya, jangan tertipu dengan harga promo yang sangat murah tapi kualitasnya jelek, belilah dari toko resmi dan official serta spesifikasinya seperti daya dan kapasitas sesuai dengan rekomendasi.

Mungkin itulah beberapa penyebab hp atau ponsel android cepat panas saat digunakan dan baterainya mudah habis, kalau mas aji baca-baca sih masih banyak penyebab lainnya, tapi untuk sekarang itu dulu saja, tapi tenang nanti akan di update terus seiring berkembangnya teknologi ponsel. Oke semoga ulasan diatas bisa membantu kalau kamu mengalami hal yang sama.

Artike ini telah tayang di Gambariklan.com dengan judul Penyebab HP Smartphone Mudah Panas Saat Digunakan dan Baterai Cepat Habis url https://www.gambariklan.com/2021/05/penyebab-hp-smartphone-mudah-panas-saat-digunakan.html, penulis Mas Muktiaji.