Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Internet Tidak Stabil Lemot di Smartphone Android

Penyebab Dan Cara Mengatasi Internet Tidak Stabil Lemot di Smartphone Android

Gambariklan.com - Masa pemakaian Smartphone Android yang sudah cukup lama pasti membuat munculnya beberapa masalah pada akses internetnya seperti tidak stabil dan lemot di waktu atau tempat tertentu, karenanya harus ada tindakan yang kamu lakukan untuk mengatasi hal ini.

Pada artikel ini Mas Muktiaji akan mengulas tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Internet Tidak Stabil Lemot di Smartphone Android yang mungkin cukup panjang karena triger yang membuat internet lelet ini juga beragam, tentu beserta cara mengatasinya juga yang bisa dilakukan sendiri.

Internet yang tidak stabil atau lemot di ponsel android ini sepertinya masalah yang pasti terjadi, kadang beberapa bulan saja sudah muncul kondisi macam ini dan sangat wajar, pernah mas Aji merasakan tiba-tiba ponsel jadi lemot dari pemakaian dan internetnya, ternyata setelah dicek sana sini memang ada dan harus memperbarui sistem operasinya.

Penyebab Internet Android Tidak Stabil atau Lemot


Cukup banyak Penyebab dari Internet Android Tidak Stabil, bisa karena memang ponselnya yang bermasalah, bisa karena cuaca atau tempat yang salah atau juga bisa karena kitanya yang lupa mengisi paket internet.

Penyebab Internet Android Tidak Stabil atau Lemot

1. Karena Efek Cuaca Buruk

Koneksi internet di hp android ini cukup lucu jika dipikirkan apalagi kalau operatornya getol ngiklan diharga murah, karena ketika cuaca buruk atau hujan pasti langsung jadi lemot dan sinyalnya hilang beberapa bar.

Begini, di Indonesia kan operator ada yang nomor 1,2,3,4,5 dan 6 khusus untuk paketan internet. Kalau misalnya kamu menggunakan operator nomor 4,5 atau 6 dan lemot ketika hujan maka itu hal yang wajar.

Bahkan operator ranking 1,2,3pun juga besar kemungkinan internetnya menjadi lemot karena hujan deras efek dari sinyal-sinyal internet yang ada di udara terhalang oleh titik-titik hujan jadi kalau internet kamu terasa sangat lelet dan lemot ketika hujan, ya bersabarlah.

Mas Aji juga sering merasakannya apalagi operator yang dipakai ranking 2, harusnya kan kuat lancar jaya, tapi ternyata lemot juga waktu hujan deras.
2. Jaringan Internet Sibuk

Penyebab yang paling sering terjadi berikutnya karena kita berinternetan pada Prime time, apalagi kalau operator yang kita gunakan pakai sistem broadband, ya jelas pasti kecepatan internet akan menurun karena terbagi-bagi. Beda cerita kalau pakai akses internet premium dari operator yang memberikan 1 device 1 Ip, nah kalau itu masih lemot berarti sangat lucu humornya paket internet.

Kalau digambarkan sin sama seperti penggunaan WiFi, kalau banyak yang menggunakan di lokasi itu apalagi bandwith besar seperti download maka sudah pasti kecepatan internet yang bisa diakses juga menurun, alhasil jadi lemot dah tu internet.

3. Sinyal Naik Turun Tidak Stabil

Ada kalanya setiap operator internet sedang melakukan perbaikan di daerah tertentu atau bts mengalami gangguan, dan kalau hal itu benar terjadi maka sinyal internet yang diterima ponsel kita juga naik turun tidak stabil, alhasi internet di android juga jadi lemot.

Mungkin juga kita berada di lokasi yang jangkuan sinyalnya lemah atau hanya sedikit terpaut ke bts terdekan, kondisi ini disebabkan dar faktor eksternal ponsel, jadi tak apa apa tinggal pindah ke tempat yang sinyalnya kuat.

4. Aplikasi Yang Mengganggu

Lanjut ke penyebab yang berasal dari ponsel kita, misalnya ada beberapa aplikasi yang aktif terus yang menyebabkan koneksi internet lambat seperti aplikasi yang akan selalu on contohnya Spotify, Instagram, FV, Medos lain dan aplikasi jenis messenger yang akan aktif terus.

Untuk hal ini kamu harus mengatur aplikasi, dan pilih mana yang harus terus menyala dan mana yang lebih baik mati dan hanya terkoneksi internet ketika dibutuhkan saja.

5. Ada Update Otomatis

Hp Android baru atau merk hp tertentu seperti Samsung sekarang ini sudah dilengkapi fitur update otomatis yang berguna untuk memperbaruia semua aplikasi secara otomatis pada Play Store dan setingan defaultnya memang aktif setiap saat.

Jika meamng fitur ini aktif dan saat itu terjadi update otomatis maka bandwith internet akan digunakan untuk mendownload aplikasi, dan akses internet untuk aplikasi lainnya akan berkurang, jadi internet terasa lemot ketika digunakan untuk browsing, video call, atau main game.

6. Tempat Kamu Sekarang Tidak Terjangkau Layanan Provider

Mungkin kamu berada di tempat susah sinyal yang memang karena belum atau sedikit terjangkau layanan provider ? Seperti misalnya ketika masuk ke pedalaman, maka sangat lumrah kalau internet melambat efek dari terhalang oleh pepohonan dan jangkauan sinyal dari BTSnya tidak mampu menyangkut ke hp kamu.

7. Tempat Susah Sinyal Atau Parkiran

Melanjutkan point berikutnya, di parkiran juga sering mengakibatkan ponsel android kamu tidak mendapatkan sinyal sehingga internet nya lemot efek dari dinding beton yang tebal, jika memang demikian pindahlah dari tempat tersebut ke tempat yang lebih tinggi atau tempat terbuka. Contoh tempat susah sinyal lagi mungkin terowongan yang panjang juga bisa.

8. Kartu SIM Eror

Kalau semua poin diatas tidak kamu alami, dan kamu berada di tempat yang normal tapi internet tetap lemot atau justru internetnya mati mungkin bisa jadi kartu SIM yang sedang digunakan terjadi eror atau memang harus diganti yang baru.

9. Ada Masalah Pada Sistem Operasi

Ini penyebab internet kacau yang pernah mas Muktiaji alami, internet jadi lemot, hp jadi cepat panas dan layar tersendat-sendat, ternyata memang ada masalah pada sistem operasinya. Kalau untuk cara untuk mengatasi ini waktu itu hanya mengupdate sistem operasinya saja, atau kalau tidak ada update bisa kamu flash OSnya di tempat reparasi.

10. Mungkin Kuota Hampir Habis

Tidak semua operator memberikan kecepatan penuh sampai kuota habis terpakai semuanya, tapi contohnya saja operator yang mas aji gunakan ya dengan ranking ke 2, ketika kuota hampir habis tinggal 1GB an pasti jadi lemotnya bukan main, atau yang pakai sistem FUP, kalau sudah lemot ya udah beli paket baru saja.

11. Salah Ketika Memilih Paket Internet

Penyebab internet lemot yang mungkin terjadi yaitu karena kesalahan memilih paket internet, bisa karena iklan yang bilang murah murah dan murah tapi ternyata lemot atau memang kamu beli paket internet yang kata orang-orang bagus tapi ditempat kamu susah sinyal. Jadi beli saja paket internet yang punya sinyal paling kuat di tempat kamu tinggal.

12. Munkin WiFi Sedang Error

Kalau kamu sedang tidak menggunakan jaringan internet SIM, dan pakai Wifi mungkin koneksinya atau memang AP nya sedang error, bisa juga karena dipakai banyak orang secara bersamaan, kalau begitu coba saja cek pakai internet speed test yang sudah mas aji ulas pada artikel "Internet Speed Test dan cara menggunakannya" kalau memang lemot ya pakai internet ponsel saja.

13. Situs Atau Aplikasi DIblokir

Kemungkinan terakhir nih ya, mungkin situs atau aplikasi berbasis internet yang kamu akses memang sudah diblokir oleh sistem operator dan sebagainya karena berbagai alasan. Jika kondisi seperti ini terjadi pastilah saja akses internet ke situs atau aplikasi tersebut akan sulit dan menjadi lemot.

Cara Mengatasi Internet Android Tidak Stabil Atau Lemot


Setelah beberapa penyebab yang bisa disampaikan dan kemungkinan bisa terjadi karena masa pemakaian yang sudah cukup lama, berikutnya tentu kiat atau langkah-langkah dari cara mengatasinya :

Cara Mengatasi Internet Android Tidak Stabil Atau Lemot

1. Lakukan Restart ponsel

Pertama kali yang bisa kamu lakukan yaitu merestart ponsel atau mematikan dan menyalakannya kembali, langkah ini bertujuan untuk mereset pengaturan ponsel yang mungkin tertumpuk cache lain atau memang sengaja dilakukan untuk mendapatkan IP yang baru.

Untuk masalah jaringan internet sederhana seperti sinyal 4G LTE tidak muncul, pasti bisa teratasi, asal bukan masalah di hardwarenya. Kalau sudah yang bermasalah itu hardwarenya ya harus di service.
2. Memakai Ad-Blocker Jadi Pilihan

Tidak bisa disangkal kalau salah satu faktor penyebab kecepatan internet di perangkat android karena adanya iklan yang sembarangan muncul, dan jika memang ini masalah yang dialami, penyelesaiannya tinggal memblokir iklan pada browser dengan memakai Ad Blocker misalnya menggunakan UC Browser, Opera Browser atau bloker sejenisnya yang penting iklan iklan tersebut tidak muncul lagi.

3. Cek Update Pembaruan Sistem Operasi Android

Opsional saja dan memang sangat disarankan untuk selalu cek update pembaruan OS terbaru, kalau ada usahakan untuk menginstallnya karena sistem operasi terbaru pasti punya source untuk mengatur semua fungsi android termasuk koneksi internet yang lebih baik.

4. Gunakan Jaringan 4G Only

Mungkin kalau ponsel android kamu berubah-ubah sinyalnya, berganti-ganti dari 4G ke H+ atau 3G secara terus menerus, maka lebih baik gunakan aplikasi untuk mengunci jaringan ke 4G Only, tapi dengan mengunci jaringan ini ponsel tidak bisa digunakan untuk panggilan keluar, namun kelebihannya jaringan jadi stabil.

Kalau memang ponsel android kamu sudah mendukung pengaturan network mode ke jaringan 4G only, tinggal diatur saja. Tapi ini opsional saja, disarankan untuk cek dan ricek cari masalahnya dimana, jika memang jaringan sedang tidak bagus ya biarkan saja dan tunggu sampai stabil lagi.
5. Matikan Atau Nonaktifkan Tethering

Yap, Tethering ini adalah tindakan berbagi koneksi yang tentu saja bermanfaat dengan menjadikan perangkat smartphone sebagai hotspot sehingga ponsel lain atau laptop dan komputer bisa terhubung dengan internet dengan mudah.

Jadi gampangnya ponsel android kamu jadi perangkat Wifi portable, kalau begitu lebih baik matikan tethering tersebut agar bandwidth tidak terbagi ke perangkat lainnya ketika jaringan intenret tidak stabil atau terasa lemot.

6. Bersihkan Cache Sistem

Seiring waktu pemakaian akan membuat aplikasi memiliki cache yang menumpuk dan jika dibiarkan akan membuat peforma perangkat android menjadi tambah lemot. Jadi membersihkan cache sistem ini bisa menjadi langkah opsional untuk dilakukan agar browser lebih ringan.

Membersihkan cache bisa dengan aplikasi tambahan atau lewat pengaturan ponsel android langsung, sama saja tinggal kamu suka pakai yang mana. Kalau yang paling mudah tentu pakai aplikasi, tapi kalau mau hanya aplikasi tertentu yang dibersihkan ya lebih baik manual saja.

7. Coba Pakai VPN

Kalau kamu menyadari situs atau aplikasi yang digunakan tidak di ijinkan di akses karena diblokir operator misalnya, maka bisa coba pakai VPN, sangat banyak macam aplikasi VPN di Play Store jadi tinggal pilih saja mana yang punya rating tingi dan paling cepat buat internetan, kelebihannya dengan menggunakan VPN maka privasi dari data ponsel kalian bisa lebih aman.

8. Penyimpanan Hampir Habis

Mas Aji sendiri masih penasaran apakah penuhnya penyimpanan ponsel berpengaruh dengan cepat lambatnya akses internet. Tapi jelas mempengaruhi kinerja ponsel, membuka aplikasi, browser atau game akan terkendala dengan kecepatan yang lambat. Mungkin karena itu secara tidak langsung muncul asumsi internetnya yang lemot padahal karena memorinya penuh.

Sangat disarankan untuk membiarkan minimal 30% dari total penyimpanan ponsel kosong dengan alasan pengaruh ke kinerja smartphone, caranya dengan memindahkan file seperti foto film atau video ke micro SD, jika sudah tidak berguna ya dibersihkan saja. Kemudian uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan dengan aplikasi cleaner sehingga bersih sampai file-file cache nya.

9. Pindah Ke Tempat yang Sinyal Full

Cobalah pindah ke tempat yang lebih tinggi atau lokasi yang mendapatkan sinyal full atau lebih banyak pada android kamu, diharapkan kalau tidak ada masalah apapun maka dengan sinyal yang lebih banyak, koneksi akan lebih lancar.

10. Ganti Kartu SIM Baru

Teknologi SIM Card akan terus diperbarui seiring dengan dikembangkanya tingkat keamanan dan jaringan internet yang lebih baik, jadi kalau kamu masih pakai kartu sim yang lama atau sudah terlihat rusak, pergilah ke gerai operator tersebut dan minta ganti Kartu SIM yang baru.

11. Beli Paket Atau Kuota Baru

Mungkin internet kamu lemot karena kuota tinggal sedikit atau masuk ke FUP, jika memang demikian maka satu-satunya jalan ya belu kuota baru. Langsung beli yang jumlah kuotanya banyak saja misal 100rb 30GB dan sebagainya.

12. Cek Speed Kalau Pakai Wi-Fi

Apabila kamu berinternetan dengan koneksi Wi-fi, cobalah cek kecepatannya terlebih dahulu. Kalau dari akses wifinya saja sudah lemot, ya pakai internet data perangkat Android saja. Tapi kalau cek speed wifinya lancar dan kecepatan internetnya bagus tapi diponsel kok lemot, berarti ada masalah pada Androidnya, cobalah gunakan beberapa cara sebelumnya.

13. Lakukan Setting User Agent

Kurang direkomendasikan sih sebenernya, tapi mengingat sekarang ada banyak sekali situs yang sudah responsive dan harus menyesuaikan jadi bisa lakukan seting atau mengganti user agent pada browser ke mobile. Sebagai informasi saja, poin ini hanya digunakan jika kamu suka mengutak atik browser, tapi kalau pakai browser Chrome bawaan smartphone, maka tinggal update ke versi terbaru saja dan tidak perlu setting user agent.

Sepertinya itu dulu pembahasan soal penyebab dan bagaimana cara mengatasi jaringan internet smartphone android yang terasa tidak stabil atau bahkan menjadi lemot, langkah menangani problem ini sangat beragam tergantung dari apa penyebabnya juga, jadi kadang perlu improvisasi sendiri untuk mengecek sebenarnya pemasalahannya ada dimana. Karena itulah beberapa poin diatas semoga bisa menjadi acuan dan referensi kamu ketika menemui permasalahan yang sama. Semoga Bermanfaat.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com dengan judul Penyebab Dan Cara Mengatasi Internet Tidak Stabil Lemot di Smartphone Android url https://www.gambariklan.com/2021/05/penyebab-dan-cara-mengatasi-internet-lemot-android.html
Penulis : Mas Muktiaji