Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos Alexa Traffic Rank Yang Pernah Terkenal Dikalangan Publisher Web dan Blog

Mitos Alexa Traffic Rank Yang Pernah Terkenal Dikalangan Publisher Web dan Blog

Gambariklan.com - Sebagai seseorang yang berjuang di dunia web atau blog, pastinya tau atau setidaknya pernah dengar tentang Alexa Traffic Rank dan berbagai mitosnya yang bikin bertanya-tanya "apa benar?". Mas aji pun sempat ragu tentang hal tersebut.

Oke, Alexa Traffic Rank ini adalah sebuah layanan yang tujuan dan fungsinya untuk mengukur popularitas situs web dan sistem ini diperkenalkan tahun 1998 an dimana ketika itu website dan blog baru mulai naik daun sebagai media share informasi di internet.

Tentu tujuan utamanya untuk tau berapa trafik yang didapatkan, atau untuk mengetahui peringkat situs kita, pengukuran peringkat situs web di Alexa Traffic Rank ini berdasarkan perkiraan trafik serta keterlibatan pengunjung situs web dalam tiga bulan terakhir dan mungkin menjadi widget tambahan yang cukup keren.

Yang menjadi sangat mengagumkan yaitu banyaknya mitos yang berkembang dari sistem Alexa Traffic Rank dan sangat terkenal di kalangan pengguna internet terutama publisher web dan blog.

Mitos Alexa Traffic Rank yang Sering Ditemui

Blog resmi Alexa sendiri pun juga membahas mitos-mitos yang muncul tentang mereka, dan ternyata yang selama ini mas Aji yakini soal Alexa Traffic Rank juga merupakan sebuah mitos, diantaranya seperti berikut ini :
Membayar Alexa Akan Mendapatkan Peringkat Lebih Tinggi

Pernah ramai mitos kalau membayar Alexa Traffic Rank akan dapat peringkat yang lebih tinggi dan lebih bagus, ternyata hal ini hanyalah mitos dan tidak benar adanya, atau mungkin salah mengartikan soal layanan yang diberikan.

Pada dasarnya Alexa memang menawarkan beberapa layanan pendukung yang cukup wort it seperti Marketing Stack yang bisa mengoptimalkan peluang untuk meraih lebih banyak trafik dari internet yang ujung-ujungnya juga menaikkan peringkat kan ?

Kemudian jika memasang Kode Sertifikasi Alexa di situs web atau blog maka Alexa akan dapat langsung mengukur lalu lintas situs tersebut dengan mendekati data akurat. Jadi mungkin memang mitos ini muncul karena salah mengartikan layanan yang ditawarkan.

Artian "Membayar" ini bukan untuk menaikkan ranking melainkan membeli layanan promosi web atau blog agar mendapatkan peluang lebih besar mendapatkan trafik dan bukan hanya dari celah yang bisa kita jangkau saja, dengan begitu hasilnya pun sama, peringkat bisa naik.

Alexa Cuma Mengukur Pengunjung Yang Juga Memasang toolbar Alexa

Kalau ini sih dari awal juga sudah bisa ditebak, karena panel pengukuran Alexa pasti berdasarkan sejumlah plugin dan ekstensi browser beragam dan tentunya tidak sedikit, kalau sedikit mana ada yang mau pakai layanannnya.

Widget Alexa Toolbar ini hanya salah satu saja, sekali lagi ya cuma salah satu dari banyaknya ekstensi browser sumber data Alexa, jadi pengukurannya berdasarkan banyak sumber data, bukan seperti mitos yang disebutkan.

Dengan memasang kode Alexa Certify maka lalu lintas trafik dari semua pengunjung ke situs web tersebut akan terukur per satuan waktu entah itu pengunjungnya memasang Alexa atau tidak sama sekali ya pastinya akan tetap terhitung, cara kerjanya sama dengan pengukur trafik lainnya, namun jelas Alexa lebih populer dan terkenal.

Alexa Traffic Rank Hanya Mengukur Internet Marketers dan Publiser

Mungkin hal ini menjadi mitos efek dari terlalu berharap pada kekuatan Traffic Rank tanpa mau keluar modal. Jadi tidak benar sama sekali kalau Alexa Traffic Rank hanya mengukur trafik dari IM dan Publisher.

Layaknya cara kerja semua layanan pengukur trafik yang ada, data pada panel Alexa Traffic Rank disebutkan oleh situs Alexa sendiri berdasarkan lebih dari 25.000 ekstensi browser berbeda yang digunakan semua orang, katanya begitu dan ini masuk akan kenapa Alexa bisa terkenal kemana mana, ekstensi yang mempromosikan banyak kali.

Mengklaim Situs Bisa Menaikkan Peringkat

Kemudian juga ada yang menyebutkan kalau mengklaim situs web bisa berpengaruh terhadap menaikkan peringkat dan ternyata ini mitos, tujuan mengklaim situs cuma agar situs kita bisa diukur oleh Alexa, ya seperti cara kerja analitic (waktu itu analitic tidak sekeren sekarang).

Tapi tentu saja dengan memperbarui deskripsi dan informasi kontak web atau blog secara teratur pastilah memungkinkan adanya peluang mendapatkan trafik dari mereka yang mengunjungi Alexa karena dianggap data baru ataupun update data.

Pasang Widget Alexa Bisa Naik Peringkat

Ini juga mitos Alexa Traffic Rank yang sangat luar biasa menyebar di kalangan publisher, namun sekarang ini tentu terlihat kalau memasang widget Alexa tidak akan meningkatkan peringkat situs sama sekali dan tujuannya hanya untuk menginformasikan peringkat situs web kepada pengunjung yang melihatnya.

Trafik Terlihat Naik Maka Peringkat Juga Naik

Mereka yang baru kenal dengan trafik dan anomali kenaikan trafik pada hari tertentu, wajar saja beranggapan kalau peringkat sudah naik. Padahal ini salah, kenaikan trafik pada hari tertentu kemungkinan besar karena keyword yang tertarget untuk waktu khusus.

Dan naiknya trafik di waktu tertentu tidak akan punya dampak naiknya peringkat, tapi beda cerita kalau ada kenaikan trafik kemudian ada beberapa orang yang menggunakan page kita sebagai halaman rujukan dan menjadi backlink untuk situs. Nah, kalau itu pasti pengaruh dengan kenaikan peringkat, tapi bukan karena jumlah trafiknya ya.

Penutup

Data pengunjung situs dari Alexa Traffic Rank ini memang diperbarui dan update setiap hari, namun semuanya masih berdasarkan pengunjung ke situs web dalam tiga bulan terakhir jadi jika terlihat lonjakan di satu hari saja, maka itu cuma satu dari 3x30 hari dan Mas aji juga merasa tidak masuk akal kalau hanya karena itu situs kita langsung naik peringkat.

Secara logika saja kalai Alexa Traffic Rank ini sebuah sistem yang mencari dan harus mendapatkan keuntungan, namanya juga bisnis bro. Kalau hanya memasang widget bisa menaikkan peringkat, rasanya tidak bisa diterima sekali karena tidak mungkin semudah itu, namun kalau kita membayar untuk layanan yang ditawarkan, itu baru masuk akal jika berpengaruh terhadap peringkat situs, seperti layanan dukungan SEO dari sistem serupa.

Intinya, fungsi dari Alexa Traffic Rank ini yang bisa kita dapatkan secara free hanya mengukur perkiraan trafik serta keterlibatan pengunjung situs web saja, kalau ada yang mengatakan berpengaruh terhadap kenaikan peringkat ini bisa disebut mitos.

Berbeda jika kamu memutuskan untuk berlangganan atau membeli layanan seperti SEO audit, Audience Overlap, Keyword matrix, On seo optimize dan tentu saja marketingnya atau promosi situs secara premium maka bisa dipastikan barulah memberikan pengaruh terhadap peringkat situs kita. Fitur keyword researchnya ini lho, kok kelihatannya istimewa sekali.

Semoga ulasan ini bermanfaat ya, ingat ada harga ada kualitas, layanan premium juga pasti jauh berbeda dengan fitur yang free.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mitos Alexa Traffic Rank Yang Pernah Terkenal Dikalangan Publisher Web dan Blog pada Gambariklan.com url https://www.gambariklan.com/2021/05/mitos-alexa-traffic-rank-yang-terkenal.html penulis Mas Muktiaji.