Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Onderdil Suku Cadang Mobil Asli

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Onderdil Suku Cadang Mobil Asli

Gambariklan.com - Sebagai pemilik mobil, sangat disarankan untuk menggunakan onderdil suku cadang mobil asli dan lebih baik jangan pernah menggunakan suku cadang palsu.

Ada beberapa Alasan Kenapa Harus Menggunakan Onderdil Suku Cadang Mobil Asli ketika kendaraan kita rusak, terutama mulai dari daya tahan hingga kecocokan dengan versi mobil yang kita mililiki.

Meskipun suku cadang asli, pastilah tetap memiliki kelebihan dan kekurangan, namun kalau itu onderdil mobil asli maka bisa dipastikan kelebihannya akan lebih banyak yang didapatkan dan kekurangannya paling pada harganya yang mahal saja.

Perlu kamu tau kalau Onderdil imitasi atau aftermarket juga tidak selamanya memiliki kulatitas buruk, tetapi yang sering kita temui yaitu rancangan produknya tidak sebagus produksi produsen aslinya, jadi lebih baik dihindari saja walau harganya yang murah.

Kenapa Harus Menggunakan Onderdil Suku Cadang Mobil Asli


Karena itu sangat disarankan kepada para pengguna mobil, harus menggunakan onderdil suku cadang yang asli dengan berbagai kelebihannya yang akan didapatkan, seperti berikut ini :

1. Onderdil Asli Teruji Soal Daya Tahan

Tidak dapat disangkal kalau dengan menggunakan Onderdil suku cadang asli diklaim lebih kuat dalam daya tahan dan memiliki masa pakai yang lebih lama karena material yang digunakan untuk memproduksinya sudah sesuai dengan spesifikasi dan telah teruji untuk merek mobil yang digunakan.

2. Terhitung Suku Cadang Asli Lebih Hemat

Mungkin kata Hemat sangat kontras dan bertolak belakang dengan harga onderdil mobil asli yang cukup mahal, namun jika dihitung masa penggunaan dan kecocokannya maka bisa dipasitkan menghindari potensi kerusakan lain dan juga ada garansi pastinya. Jadi kalau dihitung dari biaya perawatan mobil dalam jangka panjang bisa meminimalisir pengeluaran lainnya.
3. Sesuai Dengan Komponen Lain

Kemudian alasan yang sangat penting kenapa harus menggunakan Onderdil mobil yang asli yaitu karena part tersebut dibuat secara spesifik dan teruji secara presisi untuk sebuah merek mobil tertentu dan sudah melewati berbagai tahapan penyesuaian dan pengetesan berulang untuk memastikan kecocokan dengan komponen lain yang berhubungan dengan komponen tersebut pada mobil kita, jadi onderdil asli punya jaminan kecocokan dan kinerja yang pasti bagus.

4. Garansi Setelah Perbaikan

Setelah ganti suku cadang, tidak selalu akan berjalan mulus sampai nanti waktunya rusak, tapi kadang dalam beberapa hari ada problem yang muncul dair onderdil tersebut. Nah jika kamu menggunakan onderdil asli walaupun mahal pasti akan dapat garansi, jadi kalau beberapa hari terjadi kendala, bisa dibawa kembali ke bengkel tanpa mengeluarkan uang lagi.

5. Harga Jual Kembali dari Mobil Relatif Tinggi

Mungkin ada kalanya kita niat menjual mobil dan beli mobil yang baru. Tidak jarang orang yang mencari mobil bekas pakai pasti mengecek suku cadang yang digunakan, dan jika semua suku cadang yang digunakan asli maka akan berdampak pada harga jual kembali yang berani relatif tinggi karena semua riwayat penggantian terkontrol pada bengkel resmi dan bisa dicek sendiri.

Dan juga orang yang akan membeli mobil kita pasti akan mencobanya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi, kemudian jika mereka akan merasakan mesin dan onderdil yang halus kemudian melakukan pengecekan dan ternyata semua onderdilnya asli maka harga dealnya bisa lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang menggunakan onderdil aftermarket.

6. Suku Cadang Asli Kadang Dapat Promo

Kadang pada Bengkel resmi ada berbagai program promosi pada momen momen tertentu untuk perawatan mobil dan pembelian suku cadang asli, karena itu tidak ada salahnya jika mencari tau kapan waktu-waktu promo tersebut agar harga onderdil asli bisa jadi lebih murah.

Kelebihan Onderdil Suku Cadang Mobil Asli


Namnya juga suku cadang asli, dibalik alasan-alasan kenapa harus menggunakannya juga terdapat berbagai kelebihan yang harus kamu tau.

Suku Cadang Asli Selalu Cocok dengan Kendaraan

Suku cadang asli atau onderdil yang genuine pasti akan selalu cocok jika dipasangkan ke mobil yang bersangkutan dan setiap vendor merk mobil pasti memiliki onderdilnya masing-masing, maka dari itu jika beli yang asli bisa dipastikan akan cocok sehingga mudah dipasang.

Sedangkan onderdil aftermarket yang tidak asli bisa saja ada kemungkinan untuk merombak bagian lain untuk menyesuaikan dengan onderdil baru, jadi kalau rusak malahan harus ganti semua onderdil yang sudah dirombak.
Menggunakan Onderdil Asli Lebih Jarang ke Bengkel

Suku cadang mobil yang asli pabrikan tentu tidak akan mudah rusak dan kualitasnya bagus maka masa pakainya akan lebih panjang dan jelas, jadi jaminan awet dan mobil tidak perlu sering-sering ke bengkel bisa kita dapatkan.

Pas, Cocok dan Nyaman

Kualitas suku cadang yang terjamin adalah segalanya dan pasti membuat kendaraan akan lebih nyaman ketika digunakan, misalnya part shockbreaker yang asli dipastikan kuat dan memberikan rasa nyaman yang lebih maksimal karena memang sudah teruji.

Mengendarai Mobil Lebih Aman Bebas Khawatir

Masih berkaitan dengan kualitas spare part asli, akan lebih menjamin dalam hal keamanan karena kita tidak khawatir lagi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada suku cadang tersebut saat dikendarai dan terlebih lagi suku cadang asli pasti punya garansi jika tiba-tiba rusak bisa di komplain kan tanpa harus keluar biaya lebih banyak.

Walaupun begitu onderdil mobil yang asli juga punya kekurangan apalagi kalau mobil sudah digunakan lebih dari 10 tahunan, pasti suku cadangnya tidak bisa langsung tersedia dan harus pesan terlebih dahulu.

Terlepas dari 2 kekurangan tersebut yaitu harganya yang mahal dan tidak terlalu tersedia untuk mobil lama, suku cadang onderdil yang asli memberikan benefit yang lebih banyak, jadi sebagai sesama pengendara mobil sangat disarankan untuk prioritas menggunakan onderdil yang genuine terlebih dahulu, dan kalau sudah sulit ditemukan barulah bisa mempertimbangkan sukucadang lainnya.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com dengan Judul : Alasan Kenapa Harus Menggunakan Onderdil Suku Cadang Mobil Asli
Url : https://www.gambariklan.com/2021/05/kenapa-harus-menggunakan-onderdil-suku-cadang-mobil-asli.html
Penulis : Mas Muktiaji