Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Tentang Temanggung Yang Menarik, Salah Satunya Penghasil Kopi Terbesar

Fakta Tentang Temanggung Yang Menarik, Salah Satunya Penghasil Kopi Terbesar

Gambariklan.com - Kabupaten Temanggung yang berada di Jawa Tengah memiliki banyak fakta yang menarik untuk disimak, Temanggung memiliki luas wilayah 870,65 kilometer persegi serta sebagian besar wilayahnya adalah dataran tinggi dan pegunungan yang sangat terkenal yaitu dataran tinggi Dieng dengan wisatanya yang luar biasa.

Sebagian besar dan sumber penghasilan masyarakat Temanggung pada umumnya sangat mengandalkan pada bagian sektor pertanian seperti sentra penjualan sayur mayur dan peternakan ayam karena memang geografisnya yang sangat cocok dan mendukung, apalagi kalau iklim dan cuaca nya mendukung maka bisa menghasilkan panen yang lebih bagus.

Lokasi dari kabupaten Temanggung ini dekat dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing sehingga landscape pemandangan dari Temanggung sangat indah dan karenanya wilayah ini jadi wisata menarik bagi banyak turis dalam dan luar negeri.

Dieng menjadi area wisata yang sangat diminati dan salah satu destinasi wisata yang terkenal ketika ulasan ini ditulis yaitu Embung Kledung berupa waduk buatan atau embung dengan luas sekitar luas sekitar 83x83 meter persegi pada wilayah bekas lahan pertanian yang diapit dua gunung, dimana menjadi ikon Temanggung.
Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Temanggung yang telah gambariklan.com rangkum dari berbagai sumber serta layak dan harus diketahui oleh warga jawa tengah.

Sektor Pertanian Temanggung Menjadi yang Terbaik di Jateng

Pertama yang sangat terkenal dari Temanggung yaitu dari sektor pertaniannya dan sudah terkenal ke seluruh nusantara mulai dari sayur hingga komoditi ekspornya. Hal ini dukung oleh Kondisi geografis Temanggung yang berada di daerah pegunungan membuat wilayah ini sangat cocok ditanami berbagai jenis tanaman pertanian, dan kalau kalian datang ke kabupaten ini, pasti akan langsung tau komoditas utama daris sektor pertaniannya.

Temanggung Penghasil Kopi Terbesar di Jawa Tengah

Masih di sektor pertanian, dan kali ini lebih spesifik yaitu penghasil komoditas kopi dengan jenis robusta dan arabika terbesar di Jawa Tengah bahkan hampir 60% kopi yang dihasilkan oleh provinsi Jawa Tengah berasal dari kabupaten Temanggung.

Kopi dari Temanggung sudah mengikuti kontes Speciality Coffee Association of America (SCAA) Expo di Atlanta, Amerika Serikat pada tahun 2016 lalu dan berhasil meraih juara kedua, tentu ini merupakan hasil yang spektakuler dan membuat kopi Temanggung terkenal hingga internasional.

Wisata Alam Legendaris Gunung dengan Kawah di Puncaknya

Berikutnya di sektor wisata kita bisa menjumpai Gunung Sindoro dengan ketinggian 3.153mdpl dimana gunung ini sangat terkenal di Kabupaten Temanggung beserta saudaranya yaitu gunung Sumbing.

Tetapi khusus Gunung Sindoro jika kamu mendaki kesana maka akan menemui hamparan bunga Edelweiss di sebuah padang rumput, dan gunung ini memiliki kawah aktif yang mengeluarkan asap dan juga gas blerang.

Kawah gunung Sindoro bernama Kawah Jolotundo dan poin yang menarik karena terdapat dua danau kecil yang berisi air jernih pada kawah tersebut yang dipisahkan oleh dinding kawah, danau air jenih ini dikenal dengan Telaga Ajaib dan hampir semua pendaki yang sudah menginjakkan kaki di Puncaknya pasti tau tentang kawah ini.

Banyak Situs Bekas Pemukiman dan Kerajaan Kuno

Seperti julukan destinasi wisatanya yaitu Dieng Negeri Para Dewa, di kabupaten Temanggung tidak sedikit ditemukan situs bekas pemukiman kuno, salah satu contohnya yaitu Situs Liyangan berupa pemukiman kuno yang terletak di Dusun Liyangan.

Situs Liyangan ini terkubur di atas lahan pertambangan pasir milik warga dan keberadaannya terungkap pertama kali tahun 2008 dan menurut keterangan dari Balai Arkeologi Yogyakarta yang sempat meneliti Situs Liyangan menyebutkan kalau situs ini dulunya merupakan bekas pemukiman kuno yang telah berusia 1000 tahun, Fantastis !.

Situs ini disebut-sebut sebagai situs tempat peninggalan kuno yang memiliki struktur terlengkap karena masih terdapat sisa bangunan tempat peribadatan kemudian potongan bangunan sisa tempat tinggal dan juga masih bisa ditemukan benda perkakas rumah tangga.
Pesona Wisata Air Terjun 5 Tingkat Curug Trocoh

Masih pada sektor pariwisata alamnya yang tidak pernah habis, kini tentang Curug Trocoh yang berada di Wonoboyo, Temanggung dimana air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi karena keindahannya dengan ketinggian hampir 120 meter dan memiliki lima tingkatan air terjun yang bersih.

Di Curug Trocoh ini antara satu terjunan air dan terjuan lainnya memiliki jarak rata-rata hampir 20 meter. Air ternjun ini dikenal juga dengan nama Curug Surodipo yang posisinya tersembunyi di antara dua pegunungan jadi wiihhh pesona dinding hijau dengan derasnya air terjun tiada bandingannya lagi.

Di Temanggung Ada Pasar yang Gunakan Kepingan Bambu

Di kabupaten Temanggung ada yang namanya Pasar Papringan yaitu salah satu jenis pasar unik yang menggunakan alat pembayaran berupa kepingan pring yang terbuat dari bambu dan bukan uang rupiah.

Pasar Papringan ini disebutkan kalau buka hanya pada Minggu Wage atau setiap 35 hari sekali dengan hitungan alat pembayarannya satu koin pring dihargai 1000 dengan memiliki empat nominal yaitu 1, 5, 10, dan 50.

Di pasar ini kamu bisa menemukan dan menikmati kuliner asli hasil tani yang sangat terkenal karena dihidangkan menggunakan daun pisang atau piring bambu saja, sungguh merupakan hasil kesenian budaya yang harus terus dilanggengkan.

Tentu, masih banyak fakta unik dari Kabupaten Temanggung lainnya yang harus kamu tau apalagi kalau kamu masih warga Jawa Tengah, tenang saja nanti artikel ini akan Mas Muktiaji update secara berkala waktu tiap waktu agar bisa jadi referensi informasi tentang Temanggung yang lengkap, doakan ya. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di Gambariklan.com dengan judul Fakta Tentang Temanggung Yang Menarik, Salah Satunya Penghasil Kopi Terbesar
Penulis : Mas Muktiaji