Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Apakah Ada Orang Lain yang Memakai Jaringan Wifi Kita

Cara Mengetahui Apakah Ada Orang Lain yang Memakai Jaringan Wifi Kita

Gambariklan.com - Dari pengalaman mas Aji nih, cuma butuh 2-3 cara untuk mengetahui apakah ada orang lain yang memakai atau mencuri jaringan wifi kita tanpa ijin, jika memang terjadi maka harus ada tindakan-tindakan antisipasi yang kamu lakukan.

Sekarang pastinya sudah tidak asing dengan teknologi wifi, ya internet pakai wifi memang itungannya lebih irit karena pakai bulanan dan harganya tetap, jadi mau pakai berapa GB pun bebas saja yang penting jenis paketnya unlimited.

Nahh, yang bikin jengkel nihnya kalau wifi yang kita gunakan, kita bayar perbulan, ternyata diluar sepengetahuan telah digunakan orang lain tanpa ijin, hal ini sering disebut dengan pencurian koneksi wifi, walaupun secara harfiah tidak ada yang hilang dari kita, namun cukup mengganggu juga kalau misalnya kita pakai dan tiba-tiba lemot.

Sangat mungkin terjadi karena saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui password wifi, apalagi kalau settingannya masih default. 

Yang sudah terjadi biarlah terjadi, yang bisa kamu lakukan hanya mengeceknya saja apakah benar ada orang lain yang pakai wifi kita atau tidak, jika ada ya lakukan saja tindakan antisipasinya.

Cara Mengetahui Ada Orang Lain yang Memakai Wifi Kita

Poin sangat menjengkelkannya ya karena tidak ikut bayar, tidak ijin, bukan orang dekat tapi kok seenaknya saja pakai wifi orang, kalau begitu kamu harus coba beberapa cara berikut yang bisa digunakan untuk mendeteksi apakah ada seseorang yang mencuri koneksi WiFi kita saat ini.
1. Internet Wifi Tiba-Tiba Melambat

Poin pertama yang bisa menjadi triger kecurigaan kalau ada orang lain yang pakai wifi kita yaitu tiba-tiba koneksi WiFi melambat dan hal ini bukan terjadi sehari saja tapi berhari-hari. Ya memang mungkin ada alasan lain untuk hal tersebut seperti misalnya ada masalah server, problem jaringan ataupun kehalang suatu obyek.

Namun kalau biasanya kamu berinternetan ditempat itu dan lancar lancar saja, kemudian dalam beberapa hari kecepatan akses internetnya menurun drastis di waktu-waktu tertentu, maka dari pengalaman mas aji sih pasti ada yang ikut pakai akses internet wifi kita tanpa ijin.

2. Langsung Cek Daftar Perangkat Terhubung

Tindakan berikutnya yang harus dilakukan yaitu langsung cek daftar perangkat terhubung ketika jaringan internet tiba-tiba melambat, sebagai informasi saja yaitu setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet pribadi akan dilengkapi dengan alamat IP dan MAC unik , jadi tidak mungkin ada satu perangkat dengan dua IP atau MAC.

Dengan melihat daftar perangkat terhubung ini, pasti langsung terdeteksi berapa orang yang mengakses koneksi wifi kita, kalau ada 3 IP atau Mac ya berarti ada 3 perangkat yang terhubung begitu seterusnya, kemudian tinggal cari perangkat mana yang tidak kita kenal.

Cara cek perangkat terhubung bisa dilakukan lewat pengaturan router, sangat mudah biasanya berbentuk laman web atau aplikasi tertentu. Kemudian jika memang kamu menemukan nama perangkat yang tidak dikenal pada jaringan, dan kamu tidak menemukan perangkat tersebut di lokasi sekarang, maka sudah pasti ada orang lain yang ikut menggunakannya, tinggal diblokir saja atau ikut beberapa langkah mengatasinya berikut.

Tindakan Pencegahan Agar Wifi Tidak Dipakai Orang Lain

Jika kamu sudah tau di sekitar tempat itu ada orang lain yang bisa ikut menggunakan koneksi internet WiFi tanpa ijin, maka ada beberapa langkah dan tindakan yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan dan pengamanan.

1. Gunakan Kata Sandi WPA2 Rumit Panjang

Password untuk masuk dan bisa mengakses Wi-fi rumahan pada umumnya menggunakan WPA2 yaitu metode protokol enkripsi, WPA sendiri adalaah singkatan dari WiFi Protected Access yang artinya WPA2 merupakan pintu pertama untuk masuk dan bisa mendapatkan akases internet dari Wifi.

Jadi karena ada orang yang bisa mengetahui password sebelumnya, tentu dengan cara dan teknik khusus maka sekarang persiapkan WPA2 pada router WiFi dengan kata sandi yang kuat serta panjang tapi bisa kamu ingat sehingga orang lain tidak mudah menebaknya bahkan jika menggunakan aplikasi sekalipun.

2. Ganti Informasi Login Router

Pada umumnya router WiFi menggunakan dua alamat IP yaitu 192.1681.1 atau 192.168.2.1, kedua alamat ini bisa diakses dari browser apa pun entah itu di laptop, monitor pc ataupun dari smartphone.

Kemudian username dan password yang digunakan pun standar saja seperti "admin" atau "root" dan sejenisnya, jadi kalau tau pakai router apa dan alamatnya maka bisa saja untuk masuk dan memiliki akses ke pengaturan.

Jadi tindakan berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu mengatur informasi login router yang baru, pada username dan passwordnya jangan biarkan default, buat sekiranya yang tidak mudah ditebak orang, kalau bisa terdiri antara angka dan huruf.

3. Opsi Untuk Menyembunyikan SSID

Pilihan yang paring disarankan agar jaringan selalu aman yaitu dengan menyembunyikan SSID dari router sehingga nama jaringannya tidak muncul sebagai jaringan yang dapat dihubungkan dan untuk mengaksesnya harus memasukkan alamat secara manual.

Kelebihannya tentu tidak ada orang lain yang bisa menggunakannya sembarangan, tapi tindakan ini juga punya kekurangan yaitu misalnya ada keluarga yang tidak begitu paham tentang internet dan hanya bisa menggunakannya maka akan sangat kesulitan untuk mengakses jaringan internet tersebut.

4. Gunakan Aplikasi Pemantau Jaringan Internet

Jika menggunakan internet Wi-Fi rumahan maka sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi yang bisa memantau jaringan internet, aplikasi ini bisa digunakan untuk memberi tahu ketika ada perangkat tak dikenal terdeteksi mencoba masuk ke jaringan, beberapa layanan premium juga memungkinkan untuk langsung melakukan pemblokiran terhadap perangkat baru tersebut.

5. Jangan Beritahukan Password Wifi Sembarangan

Yang terakhir, mungkin hanya dengan menjaga password wifi dan tidak sembarangan memberitahukannya ke orang lain. Hanya orang-orang dalam rumah saja yang boleh tau password Wi-finya. Dengan WPA2 yang panjang, kompleks dan rumit maka kemungkinan besar akan sulit untuk orang lain menggunakan jaringan wifi kita tanpa ijin.

Artikel ini telah tayang di Gambariklan.com dengan judul Cara Mengetahui Apakah Ada Orang Lain yang Memakai Jaringan Wifi Kita, url https://www.gambariklan.com/2021/05/cara-mengetahui-orang-lain-memakai-wifi-kita.html penulis Mas Muktiaji.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Apakah Ada Orang Lain yang Memakai Jaringan Wifi Kita"