Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penanganan HP Smartphone yang Basah Karena Hujan

Cara Mengatasi HP Smartphone yang Basah Karena Hujan

Gambariklan.com - Intensitas hujan memang tidak selalu bisa diprediksi, maka dari itu ada beberapa langkah pertama Cara menangani dan langkah pertama jika HP / Ponsel / Smartphone yang Basah Karena Hujan atau kehujanan.

Kadang di Indonesia terjadi hujan lebat yang tidak bisa ditebak dan datang tiba-tiba, dan mungkin saja ponsel smartphone kamu menjadi basah kuyup kalau tidak sempat berteduh dan menerjang hujan naik kendaraan bermotor.

Ponsel atau Smartphone kita merupakan rangkaian dari perangkat elektronik dengan komponen-komponen di dalamnya yang sangat sensitif terhadap air apalagi air hujan itu mengandung asam dan garam tergantung dari wilayahnya.

Apabila smartphone jadi basah karena hujan, itu belum tentu akan langsung merusak smartphone tergantung dari langkah pertama yang kamu lakukan.

Cara Mengatasi Ponsel Smartphone yang Basah Kehujanan


Paling tidak ada enam langkah yang Gambar Iklan rangkum untuk menangani hp yang basah karena kehujanan dijalan.

Segera Matikan Ponsel Smartphone

Langkah pertama jika kamu sadar kehujanan dijalan maka menepilah untuk sebentar dan matikan segera mungkin smartphone kamu atau semua perangkat elektronik yang dibawa dan kalau ada plastik maka bungkus smartphone tersebut.

Tujuannya sederhana yaitu untuk menghindari konflik arus listrik terhadap air yang menyebabkan konsleting. Kalau memang kondisi daerah kamu sering hujan, maka sangat disarankan untuk membeli tempat atau dompet gadget yang anti air jadi kalau hujan tinggal masukkan saja ponsel ke bag waterproff tersebut.Bersihkan Bagian Luar Smartphone dari Air Hujan

Setelah sampai rumah atau dapat tempat meneduh yang nyaman maka sangat disarankan untuk segera membasuh atau mengelap smartphone kamu dari air yang ada disemua permukaan.

Semakin cepat kamu membersihkan air hujan yang ada maka akansemakin sedikit pula potensi kerusakan smartphone yang terjadi karena hampir semua komponen sangat sensitif terhadap air.

Jika tiba-tiba terjadi hujan lebat, lebih baik segera cari tempat berteduh yang nyaman dan segera amankan smartphone dengan mengelapnya atau membungkusnya dengan plastik, jangan biarkan kehujanan dalam waktu yang lama.

Segera Lepaskan Baterai

Intik smartphone yang menggunakan baterai lepas maka segeralah melepaskan baterai tersebut agar tidak terjadi konslet, dan jika smartphone kamu masih menggunakan ponsel dengan case terpisah maka cepat cepat lepas case dan baterai agar meminimalisir masuknya air.

Tapi untuk model smartphone sekarang yang menggunakan baterai tanam pasti tidak mungkin untuk mencopot baterainya ketika dijalan, dan lakukan saja ketika sampai rumah jika memang kamu bisa dan terbiasa melepas baterainya.

Tapi kalau tidak bisa dan kamu pengguna smartphone biasa, maka bersihkan air yang ada di semua sisi smartphone, sebagai catatan jangan pernah hidupkan ponsel dahulu.

Lepas SIM Card dari Smartphone

Berikutnya segera lepaskan SIM card dari smartphone, karena bagaimana juga SIM Card ini merupakan komponen elektronik yang lebih kompleks. Lepas dan keringkan Sim Card dan kalau ada Micro SD maka lakukan juga hal yang sama.

Hilangkan Lembab Yang Ada

Langkah berikutnya kamu harus menghilangkan atau mengurangi kelembaban yang ada dengan menggoyangkan smartphone secara perlahan agar kelembaban di permukaan bisa berkurang, syukur syukur kalau air keluar lewat celah-celah case.

Berikutnya ambil kain bersih untuk mengelap bagian-bagian smartphone yang masih terasa lembab terutama dibagian depan.Diamkan Smartphone 1-2 Hari

Kalau smartphone kamu hanya sedikit terkena hujan maka tidak perlu mendiamkannya selama berhari hari, tapi kalau smartphone kamu terendam air atau basah kuyup karena kehujanan maka setelah melakukan beberapa langkah diatas, diamkanlah smartphone selama 1-2 hari di tempat yang kering.

Ada beberapa saran dari teman-teman yang sudah pernah mengalami smartphone basah karena hujan yaitu dengan merendamnya ke dalam tumpukan beras mentah, meskipun rasanya agak kurang cocok, tapi cara ini cukup efektif untuk mengeringkan lembab yang ada.

Atau kamu bisa mengeringkan ponsel dengan hairdryer secara berkala mungkin semalam 3 kali dan lakukan kira-kira 2 malam. Setelah itu barulah hidupkan kembali smartphone milikmu untuk memeriksa apakah langkah diatas berfungsi dengan baik atau tidak.

Bawa Ke Tempat Service

Jika langkah-langkah diatas tidak menghasilkan apapun, mungkin smartphone kamu sudah terlanjur konslet karena masih hidup ketika basah kuyup. Dan jika memang terjadi kondisi demikian maka tidak ada jalan lain kecuali membawa smartphone kamu ke tempat service untuk diperbaiki.
Pertimgbangkan Smartphone Tahan Air

Untuk berikutnya kamu bisa menabung untuk membeli ponsel baru yang lebih keren, dan juga jika kamu sering kehujanan maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan beli smartphone yang tahan dari air atau waterproof.

Okelah memang harganya mahal, tapi disisi lain memang fitur anti air ini tidak ada yang murah, mengingat kerusakan karena ponsel terendam air hampir tidak mungkin terjadi. Lagipula ponsel yang sudah tahan air pasti komponen didalamnya juga dibuat lebih tahan terhadap goncangan, jadi tidak ada salahnya jadi pertimbangan.

Mungkin sampai disini dulu ulasan gambar iklan dari cara dan langkah mengatasi serta menangani smartphone yang basah kuyup karena air hujan, jadi kalau kamu mengalami kondisi seperti ini segeralah lakukan poin pertama kedua dan ketiga jika memungkinkan untuk meminimalisir kerusakan ponsel. Semoga bermanfaat.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Penulis : Mas Muktiaji

1 komentar untuk "Cara Penanganan HP Smartphone yang Basah Karena Hujan"

  1. Infomasi yang sangat bermanfaat, cocok buat jaga-jaga pas kondisi hujan, emang lebih enak kalau bawa bag waterproff kalo pas musim hujan.

    BalasHapus