Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Ketika Akan Beli HP Smartphone Baru

Cara Memilih Ketika Akan Beli HP Smartphone Baru

Gambariklan.com - Saat kamu akan membeli ponsel atau hp smartphone yang baru, maka pastinya ada pertimbangan atau rekomendasi tertentu tentang gawai seperti apa yang akan dibungkus dan bawa pulang.

Mas Muktiaji ada nih beberapa cara dan tips yang harus diperhatikan ketika kamu membeli HP atau smartphone baru agar mendapatkan ponsel yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja dapat yang paling berkualitas dikelasnya.

Antara persaingan sistem operasi Smartphone Android atau iPhone, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kalau mas Aji sih user Android jadi mungkin kalau kamu suka Iphone bisa skip artikel ini, santai saja.

Nah jika kamu akan membeli hp baru, seharusnya sudah kenal dengan tipe yang kamu inginkan tersebut seperti dari spesifikasi, harga, desain dan berbagai faktor lainnya karena kalau tidak pasti jadi orang bingung saat datang ke toko ponsel dan bisa bisa jadi rugi akibat dipilihkan yang tidak sesuai.

Tips yang Gambariklan share ini untuk membeli HP baru dari memperhatikan deskripsi spesifikasi hingga tampilannya jadi paling tidak kamu tau gambaran smartphone yang ingin dibeli, kalau pilihannya coba cek internet terlebih dahulu ya.

Cara Memilih dan Membeli HP Smartphone Baru


Ada banyak variabel yang bisa digunakan sebagai acuan, TAPI yang paling penting pertama kali yaitu ketersediaan dana dan anggarannya dong!

1. Rentang Budget dan Cek Harga Ponsel

Langkah pertama tentu menentukan budget atau dana yang ada, karena pada umumnya smartphone dengan kualitas yang terbilang bagus untuk semua kebutuhan punya rentang harganya sendiri dan tidak mungkin ada hp murah dengan segudang fitur.

Langsung saja kalau cari ponsel baru untuk kebutuhan harian yang oke dan lancar mulus jaringan cepat ada mulai pada rentang harga minimal 3,5 juta. Dengan budget segitu kamu sudah bisa dapat ponsel yang enak buat jualan online, ngegame, main sosmed dan foto-foto, kalau dananya besar diatas 5 juta ya silahkan pilih saja, pasti kualitas oke punya.

Selanjutnya kamu bisa membandingkan harga hp pada rentang tertentu, misalnya nihnya di rentang harga 3.5juta-4juta ada tipe hp apa saja, pilih merk yang sudah umum misalnya samsung, xiaomi, oppo, dsb dan pilih beberapa tipe yang kamu suka.
Membandingkan ini bisa mulai dari cek internet, seperti marketplace dan review, kemudian bandingkan spesifikasinya dan ambil ponsel dengan speisifasi yang kamu butuhkan. Soal pemilihan spesifikasi lanjut saja ke poin berikutnya.

2. Tentukan Kualitas Kamera

Berukutnya yang sangat penting yaitu memperhatikan kualitas kamera karena sekarang banyak perusahaan ponsel yang menawarkan berbagai macam fitur unik-unik dan megapiksel yang fantastis serta berbagai fungsi kamera untuk menarik perhatian pengguna termasuk kamu.

Penting : Jangan Terlalu fokus ke angka megapikselnya yang tercantum di box atau keterangan .

Penjelasannya karena besar megapiksel belum tentu memberikan informasi secara lengkap tentang kemampuan kamera smartphone itu ketika mengambil gambar dan karena itu juga lebih baik fokus ke review bagaimana kualitas gambar yang diambil.

Ada kok tipe smartphone dengan kamera 48MP justru gambarnya lebih baik dari yang 64MP karena sudah menggunakan AI dan fitur pendukung lainnya.

3. Prosesor Juga Penting Dipikirkan

Fungsi Prosesor ini jelas sebagai otak dari smartphone yang akan kita beli, namun untuk memilih prosesor ini lebih baik sesuaikan dengan tujuan kamu membeli hp, kalau buat ngegame maka pilihlah yang mendukung ai untuk game dan kalau untuk keindahan gambar maka pilih prosesor yang mendukung hal tersebut.

Kalau kamu bingung pilih mana, tentu pilih prosesor yang paling ngebut, sekarang ini ada jenis prosesor yang umum digunakan yaitu Qualcomm Snapdragon, Mediatek, Kirin dan sebagainya. Pilih dengan bijak dan cermat.

Gini, kamu cek review di ytb atau internet, prosesor yang mendukung untuk fungsi tertentu yang mana, misal Snapdragon dengan ketenarannya untuk game dan mediatek untuk kecepatannya. Variabel ini bisa saja berubah karena sekarang prosesor berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Kalau bisa cari yang Ghz nya tinggi.

4. Komponen RAM

Ram pada smartphone ini layaknya ram pada laptop dan komputer yang berfungsi menyimpan data sementara dan juga komponen yang paling mendukung performa smartphone, mudahnya sekarang ini RAM paling kecil yaitu 4GB jadi disarankan untuk beli diatasnya yaitu 6GB atau 8GB dan begitu seterusnya.
5. Penyimpanan Internet Ponsel

Setelah RAM tentunya penyimpanan internal ponsel, pada komponen ini akan di isi dengan sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang kamu install. Mungkin sekarang kapasitas internal yang banyak di pasaran ada yang 32GB, 64GB, 128GB dan seterusnya, saran saja pilih penyimpanan yang paling besar di antara range ponsel budget kamu. Rasanya 64GB atau 128GB sudah sangat oke untuk saat ini.

Dan jangan lupa cek kapasitas ruang penyimpanan tambahan yaitu slot MicroSD yang mampu dialokasikan, kalau internal 64GB dan mampu menampung micro SD hingga 256GB ya tentu saja itu lebih dari cukup, kecuali jika beli hp untuk foto-foto maka belilah yang internal memorinya paling besar.

6. Besar Kapasitas Baterai

Smartphone boros baterai ! ya itu sudah kodratnya karena mengcover mesin prosesor cepat dan internet yang hampir tiap waktu, jadi sangat penting untuk memperhatikan kapasitas baterai ketika akan beli hp baru.

Saat ini sudah banyak vendor yang mulai menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai besar hingga 8000mah, ya mungkin rata-rata kapasitasnya sekitar 5000mAH ketika mas aji buat artikel ini.

Intinya semakin besar kapasitas baterai maka semakin rekomended, jadi jangan mau beli smartphone yang baterainya dibawah 4500mah walaupun fiturnya sudah sangat keren karena nanti akan susah dan repot dikit dikit cari tempat cas.
7. Mungkin Ukuran Layar

Ada hubungannya dengan desain, yaitu pada ukuran layar yang menjadi salah satu untuk diperhatikan ketika akan membeli HP karena pertimbangan dari kenyamanan mata memandang, kalau kecil kan rebet juga buat ngetik-ngetik dan baca-baca.

Oke, yang paling disarankan adalah kualitasnya, jadi kalau main game atau nonton film bisa indah dan mempesona. Langsung saja disarankan minimal 5,7 inci dan maksimal senyamannya tangan memegang ponsel tersebut, semakin bagus kualitas layar juga disarankan, rata-rata ponsel diatas 4juta layarnya sudah oke smua.

8. Jaringan Internet

Untuk jaringan koneksi internet sih pilih saja smartphone yang sudah mendukung jaringan utama saat kamu beli, dan hal ini jangan terlalu dipikirkan karena hp keluaran terbaru pasti sudah mendukung jaringan internet terbaru juga.  

9. Desain Smartphone dan Fiturnya

Terakhir mungkin barulah desain dari HP tersebut dan memiliki fitur apa saja, seperti misalnya fingerprint, nfc, kompas dan sebagainya. Untuk desain mungkin secara umum banyak orang lebih suka bentuk dan bahan yang berbeda, tapi percayal nanti bentuk desain smartphone akan hampir sama semua, jadi pilihlah desain yang paling kamu suka.

Untuk fitur misalnya harus ada port 3,5mm audiojack, microSD, kompas buat gps atau infrared booster kalau kamu butuh, kalau tidak ya pilih yang dibutuhkan saja, untuk fitur ini kamu bisa baca keteranganya di situs yang memiliki informasi tersebut, mas Aji sendiri sering baca-baca di gsmarena atau disitus lain yang mirip.

Mungkin sampai disini dulu tips dan cara-cara yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli ponsel atau smartphone baru agar dapat yang paling berkualitas di kelasnya atau di rentang dana yang kamu miliki. Kalau bisa sangat disarankan jangan cari yang paling murah karena ada kualitas ada harga.

Contohnya saja nih, untuk anak sekolah direntang 2,5 - 3,5 juta sudah cukup, mahasiswa kerja ya 3,5 -5juta terus kalau beli smartphone untuk kebutuhan tertentu yang terfokus misalnya kamera buat konten ya beli diatas 7juta dan selanjutnya. Oke, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kamu kalau sedang ingin membeli hp smartphone yang baru. Salam upgrade gadget.

Artikel ini telah tayang di Gambariklan.com dengan judul Cara Memilih Ketika Akan Beli HP Smartphone Baru, url : https://www.gambariklan.com/2021/05/cara-memilih-dan-beli-hp-smartphone-baru.html
Penulis : Mas Muktiaji