Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu, Pengertian dan Fungsi Internet

Apa Itu, Pengertian dan Fungsi Internet

Gambariklan.com - Apa Itu, Pengertian dan Fungsi Internet. Di masa digital seperti sekaran internet menjadi sebuah kebutuhan untuk media bantu dalam bekerja, mengerjakan dan menghubungkan hampir semua aktivitas manusia dengan lebih efisien serta semakin hari semakin banyak yang lihai menggunakan sarana internet ini.

Mungkin bagi kita yang berada di area kota pasti sangat erat bersinggungan dengan penggunaan internet tetapi diluar sana masih banyak saudara kita yang belum paham dan masih kesulitan untuk bisa mengakses jaringan internet tersebut.

Pengertian Internet


Internet adalah sebuah jaringan media komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai media elektronik dengan mudah dan cepat tanpa adanya kendala perbedaan tempat antara satu dan lainnya.

Jaringan internet akan menjadi media komunikasi dan berguna untuk menyampaikan sejumlah informasi yang dikirim lewat transmisi sinyal dengan frekuensi tertentu dimana standar global penggunaan jaringan internet menggunakan alamat berupa TCP / IP atau Transmission Control Protocol / Internet Protocol.

Perlu diketahui kalau TCP / IP ini merupakan sebuah istilah yang berbentuk protokol pertukaran paket untuk penggunaan global atau dunia jadi setiap tempat dan setiap device atau perangkat yang terhubung internet akan memiliki skema TCP / IP yang berbeda-beda dan selanjutnya untuk proses penghubung antara rangkaian internet disebut internetworking

Internet ini menjadi sebuah sarana yang digunakan untuk mengefektifkan waktu untuk proses komunikasi dengan media website, email, aplikasi dan semua perangkat lunak yang terhubung oleh akses internet.
Sejarah Munculnya Internet

Sejarah internet dimulai dari sekitar tahun 1960 an oleh Departemen pertahanan Amerika melalui ARPA yang membuat sebuah sistem jaringan bernama ARPANET dimana menjadi awal mula munculnya teknologi jaringan dan di negara Amerika teknologi jaringan kala itu hanya digunakan oleh kalangan terbatas saja.

Berlanjut di sekitar tahun 1982 dipublikasikan protokol standar TCP / IP dan kisaran tahun 1986 didirikan NSFNET (National Science Foundation Network) sebagai pengganti ARPANET untuk mendukung kegiatan riset dan penelitian di Amerika

Kemudian pada tahun 1990 ARPANET mulai digunakan lebih luas dan diperkenalkan oleh CERN dengan layanan yang sama WWW (World Wide Web).

Selanjutnya dikembangkanlah InterNIC sekitar tahun 1993 an untuk dapat mendaftarkan nama domain dari publik seperti sekarang.

Nah, di Indonesia teknologi internet mulai masuk sekitar tahun 1994 diperkenalkan oleh beberapa orang ahli teknologi informasi dan masih sangat terbatas.
Sejarah Perkembangan Internet

Setelah internet mulai dikenal secara global dan perkembangannya sangat signifikan mulai dari kecepatan, fungsi dan transmisi yang digunakan bahkan skala wilayah atau batas tersedianya jangkauan akses internet sangat cepat berkembang dan mulai merambah pada kota-kota besar.

Akhirnya internet digunakan dengan transmisi paket data untuk beberapa tahun hingga munculnya banyak teknologi terbaru dari konsep dan prinsip dasar kerja dari internet itu sendiri.

Seperti yang kita tahu beberapa dekade ini industri teknologi mulai bersaing mengembangkan generasi jaringan demi mendapatkan kecepatan internet yang lebih tinggi dari perkembangan kedua yaitu 2G kemudian 3G, 4G dan ketika artikel ini dibuat sudah masuk ke era 5G di beberapa negara besar.

Melihat perkembangan kedepan penggunaan internet tidak akan terbatas pada perangkat berlayar saja dan akan berkembang ke semua segmen bidang teknologi dari otomotif, kedokteran hingga penerapan kendali jarak jauh.

Awalnya memang internet muncul karena kebutuhan riset militer, bedanya sekrang internet sudah sangat beragam fungsinya mulai dari penggunaan untuk bidang pendidikan, sosial, politik, budaya, militer, bisnis dan banyak sebagainya pada semua bidang yang ada.

Fungsi Dari Internet

Kata "Internet" merupakan singkatan dari "Interconnection networking" dimana berarti sebuah jaringan komunikasi global yang menghubungkan semua jaringan komputer tanpa batasan tipe dan jenis bisa mulai dari telepon komputer ataupun ponsel genggam.

Kemudian fungsi dari internet secara garis besar adalah membantu manusia lebih efektif beraktifitas yang berkaitan dengan koneksi akses jaringan dan tentunya internet bisa memudahkan manusia dala berkehidupan sosial.

Bisa tau informasi dan perkembangan terbaru serta menjadi akses untuk menjalin relasi tanpa harus bertemu disuatu tempat. Fasilitas fasilitas internet yang bisa dimanfaatkan mulai dari perantara world wide web atau www yang berisikan suatu informasi kemudian kini diconvert menjadi sebuah platform aplikasi dan pastinya akan berkembang lebih luas lagi.

Kemdian salah satu media internet untuk berkirim pesan yaitu ada E-Mail dan kemudian untuk mengakses remote dari tempat yang berbeda ada Telnet, berkutnya untuk transfer file atau data via media internet ada File Transfer Protocol (FTP) dan sebagainya.

Perkembangan sekarang untuk fasilitas chat atau berkomunikasi singkat antara satu orang dan orang lain bisa menggunakan media aplikasi chatting langsung pada ponsel, dulu proses chatting masih menggunakan layanan web domain tertentu tetapi sekarang bentuknya saja yang berbeda lebih mudah dan mendukung mobilitas tinggi.

Fungsi dari Internet Untuk Kehidupan Sehari-Hari

 1. Memudahkan Proses Komunikasi

Poin pertama tentu dengan adanya internet maka komunikasi menjasi lebih mudah dan tidak harus mengeluarkan banyak sarana untuk bisa terhubung dengan orang lain di tempat yang berbeda dan berjarak jauh.

2. Menambah Pengetahuan

Fungsi berikutnya internet bisa menambah pengetahuan kita dari seluruh penjuru dunia mulai dari bentuk artikel, gambar ataupun konten video hanya dengan mengetikkan informasi yang ingin kamu dapatkan pada laman web tanpa harus pergi jauh.

3. Memudahkan Proses Transaksi

Salah satu fungsi internet yang paling penting yaitu memudahkan proses transaksi dalam berbagai segmen bisnis, mulai dari pembayaran online hingga kirim uang perorangan satu sama lain.

4. Sebagai Sarana Hiburan

Internet juga bisa menjadi salah satu sarana hiburan tanpa harus pergi ketempat yang jauh, kita bisa menikmati berbagai konten menarik yang dishare pada laman internet mulai dari konten video hingga cerita dan informasi tentang hobi.

5. Infomasi Untuk Dunia Kerja

Fungsi dari internet yang paling sering dicari dan sepertinya tidak akan pernah berenti dicari yaitu informasi tentan lowongan kerja dan ide dunia bisnis, karena bidang ini pasti dibutuhkan semua orang.

6. Sarana Bisnis

Perkembangan internet sekarang menjadikan kita mudah terhubung dengan suatu ekosistem masyarakan lewat media sosial dan berbagai pada orang lain, karena itu internet bisa difungsikan sebagai sarana promosi bisnis, relasi bisnis dan juga mendapatkan keuntungan dari bidang bisnis bahkan sekarang bisnis harus terhubung dengan internet agar lebih mudah dikenal oleh banyak orang.

Manfaat Adanya Internet

Setelah fungsi dari Internet sebagai penghubung komunikasi global maka pastilah akan ada manfaat yang muncul karena adanya internet tersebut. Salah satu yang pasti Internet menjadi sebuah portal media penyimpan dari segala informasi yang ada, yang ditelusuri dan dicari.

Internet bisa menjadi sarana informasi hiburan dengan adanya media sosial dan platform video dimana muncul banyak sekali pembuat kreasi yang inovatif.

Dan internet juga menjadi salah satu sarana pendukung pendidikan paling kuat apalagi ketika harus bekerja dan belajar dirumah sehingga informasi berupa materi bisa didapatkan lewat buku dan artikel online pada internet.

Selanjutnya tentang manfaat internet yang lebih lengkap untuk kehidupan manusia di kesehariannya sebagai berikut :

1. Manfaat Internet Bidang Pendidikan

Pertama pada bidang pendidikan internet menjadi faktor yang penting untuk membantu dalam proses belajar dan pembelajaran dimana pengguna bisa mengakses dan mendapatkan berbagai informasi dari suber modul, artikel, jurnal hingga pengetahuan umum dari ranah media internet.

2. Manfaat Internet Bidang Bisnis

Berikutnya dengan mudahnya mengakses internet dan terhubung orang lain maka internet memiliki banyak sekali manfaat pada bidang bisnis seperti adanya website usaha, ecommerce, bisnis startup, jual beli onlinve via media sosial dan industri kreatif.

Efeknya internet bisa membuat jangkauan bisnis menjadi lebih luas karena dengan terhubung ke internet maka tidak akan ada batasan akses kita ke seluruh dunia.

3. Manfaat Internet Bidang Informasi

Transfer dan penyebaran informasi yang paling mudah saat ini bisa dikatakan lewat media internet karena sangat mudah sekali menjangkau banyak orang jika dibandingkan media cetak yang terbatas pada lingkup ruang dan wilayah tertentu.

Apalagi pengertian internet sendiri sebagai sebuah media untuk memberikan informasi secara cepat dan jangkauan yang luas sehingga media internet ini sekarang sudah sangat dipilih oleh semua media besar untuk mentranfer informasi ke publik.

4. Manfaat Internet Bidang Kesehatan

Internet juga punya banyak manfaat di bidang kesehata mulai dari referensi hingga jasa layanan pengobatan secara online bahkan sekarang orang dengan keahliah pengobatan bisa mencari dan menemukan berbagai kebutuhan informasi seperti obat, resep, gaya hidup sehat dan rujukan rumah sakit.

5. Manfaat Internet Bidang Sosial dan Hiburan

Manfaat paling besar dari internet yang banyak digunakan oleh manusia saat ini yaitu untuk mengakses media berbasis sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan lainnya untuk terhubung dengan orang lain dan mendapatkan media hiburan.

Sayangnya manfaat terbesar ini juga memiliki efek negatif yang sama besarnya pula, tanpa kontrol yang kuat maka resiko yang muncul akan sangat besar karena kita bisa terhubung dengan banyak orang tanpa batasan.

Penutup Pengertian dan Fungsi Internet

Sebagai penutup Pengertian dan Fungsi Internet maka bisa disimpulkan kalau internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang menghubungkan berbagai media elektronik sehingga memiliki fungsi dan manfaat yang beragam dan banyak sekali untuk kehidupan manusia.

Perkembangan internet terhitung sangat cepat dari tahun ke tahun efek dari kebutuhan manusia yang terus meningkat namun tentu saja semakin besar fungsi dan manfaat yang ada, tanpa kontrol yang kuat dari berbagai pihak maka efek negatif dan resiko yang muncul juga akan semakin besar.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Apa Itu, Pengertian dan Fungsi Internet
Url:https://www.gambariklan.com/2021/04/pengertian-dan-fungsi-internet.html
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Apa Itu, Pengertian dan Fungsi Internet"