Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Proyek dan Negara Yang Pertama Mengembangkan Internet

Negara Yang Pertama Mengembangkan Internet

Gambariklan.com - Negara pertama yang mengembangkan internet adalah Amerika Serikat yang pada awalnya masih berupa jaringan untuk kebutuhan militer yang bernama ARPANET, jadi bukan seperti sekarang.

Mula perkembangan internet mulai tahun 1960an berbentuk jaringan yang menghubungkan hanya 4 komputer saja yang di bangun oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) dengan programnya yaitu ARPANET.
Ke empat komputer yang saling terhubung tersebut masih dalam tingkat universitas saja dan belum digunakan oleh secara umum, universitas yang menggunakan jaringan tersebut yaitu Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah hingga sekitar tahun 1969.

Kemudian pada tahun 1965 muncul istilah "Hypertext" yang digarap oleh Ted Nelson sebagai ilmuan teknologi komputer dan telekomunikasi pada saat itu dan Hypertext masih kita gunakan sampai saat ini pada dunia website.

Karena semakin banyak yang juga ingin menggunakan jaringan ARPANET maka pada tahun 1971 anggota jaringan bertambah hingga 23 komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang digunakan untuk riset milik pemerintah AS dan universitas.

Pada tahun 1974 dipublikasikannya konsep TCP (Transmission Control Protocol) dalam jurnal ilmiah yang berjudul "A Protocol for Packet Network Interconnection" oleh Vint Cerf bersama Bob Kahn.

Dan pada masa tahun yang sama, 1974 an juga diluncurkan jaringan komersil pertama bernama Telenet, yaitu jaringan komputer versi komersil keluaran ARPANET yang bekerja sama dengan Bolt, BBN dan Pontraktor.

Di tahun 1984 proyek ARPANET dibagi menjadi dua yaitu MILNET untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk kepentingan riset akademis karena semakin banyaknya universitas yang ingin mencoba teknologi ini sehingga dipisahlan antara kebutuhan militer dan komersil.
Sistem penamaan domain yang dikenal dengan istilah Domain Name Server (DNS) diperkenalkan tahun 1986 yang berfungsi untuk memberi nama suatu jaringan dalam dunia internet.

Program editor dan browser ditemukan pertama kali pada tahun 1990 an yang menjadi cikal bakal internet seperti yang kita gunakan saat ini oleh Tim Berners Lee yang berfungsi untuk menjelajahi jaringan komputer yang terhubung.

Kemudian berkembang Sistem HTML (HyperText Markup Language) yang diperkenalkan oleh Tim Berners Lee juga pada tahun 1992, di tahun tersebut sudah mulai ada konten video dan audio di jaringan internet.

Dan pada tahun 1993 mulai bermunculan website - website yang dibuat berbagai universitas, serta dikembangkannya web browser yang bernama Mosaic Web Browser. Yahoo sendiri pertama muncul pada tahun 1994 yang didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo.

Perkembangan mulai terlihat di Tahun 1995 dengan banyakyna muncul situs e-commerce pertama yaitu eBay, Craiglist dan Amazon.

Kemudian disusul Google yang berdiri pada tahun 1998 hingga sekarang, setelah itu perkembangan dunia internet sangat pesat hingga hari ini yang sudah memiliki banyak platform untuk berbagai konten mulai dari khusus video, website bisnis hingga blog pribadi.