Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Internet Speed Test, Fungsi dan Kapan Harus Menggunakannya

Internet Speed Test dan Kapan Harus Menggunakannya

Gambariklan.com - Internet Speed Test atau yang sering dikenal dengan laman web untuk cek kecepatan internet ini berfungsi sebagai sarana agar kita bisa mengetahui kecepatan dan kestabilan internet yang sedang digunakan.

Internet Speed Test bisa berupa laman web untuk yang cek kecepatan internet lewat browser dan juga bisa berupa aplikasi untuk yang melakukan cek kecepatan internet lewat smartphone.

Sebuah ide yang menarik bagi mereka yang memiliki situs penyedia layanan cek kecepatan internet, dan sebagian besar memang penyedia situs tersebut juga punya layanan provider internet juga di negaranya masing-masing.

Kenapa dan Kapan Harus Menggunakan Internet Speed Test

Tidak setiap saat butuh menggunakan Internet Speed Test untuk cek koneksi, namun ada beberapa waktu yang lebih baik untuk mencoba cek akses kestabilan internet dengan beberapa laman yang ada.
1. Ketika ganti operator / provider internet.

Mungkin ganti layanan provider internet atau kartu perdana paket data, bisa coba cek kecepatan akses internet untuk mengetahui apakah lebih baik atau lebih lemot daripada provider sebelumnya.

2. Sebelum main game online.

Jika kamu akan main game online pvp atau player vs player maka yang dibutuhkan adalah kestabilan koneksi, maka dengan Internet Speed Test kamu bisa melihat berapa ping yang didapat dan bagaimana grafik speed nya, kalau stabil maka okelah.

3. Ketika Akses Internet Terasa Lelet.

Berikutnya ketika kita main smartphone atau laptop dan tiba-tiba koneksi terasa macet-macet maka bisa juga menggunakan Internet Speed Test untuk melihat benar akses nya lemot atau ada trouble dengan perangkat kita.

4. Pindah Ke Lokasi Baru.

Paling sering sih karena pindah ke lokasi baru entah itu karena berpergian ataupun memang singgah ditempat yang bukan biasanya, maka tidak salah kalau cek kecepatan internet agar bisa tau apakah layanan internet yang kita gunakan ditempat tersebut tercover dengan baik atau tidak.

Kenapa harus menggunakan Internet Speed Test ? Jawabannya sederhana sih, dengan cek speed akses internet maka kita bisa memutuskan untuk ganti provider, ganti layanan ataupun memutuskan pindah lokasi untuk dapat akses internet yang lebih baik karena seperti yang kita tau kalau internet kartu SIM di Smartphone masih bergantung dengan jauh dekatnya lokasi BTS.

Internet Speed Test Yang Banyak Digunakan

Internet Speed Test Yang Banyak Digunakan
Kemudian untuk pilihan Internet Speed Test apa saja yang biasa dan sering digunakan, pada dasarnya tergantung kesukaan, karena setiap laman dan aplikasi Internet Speed Test punya customisasi otomatis cek jaringan yang berbeda-beda.

1. Ookla Speed Test

Pertama yang menduduki peringkat 1 Google ketika artikel ini dibuat dan memang sering digunakan yaitu ada Ookla speed test karena kustomisasi otomatisnya yang sudah sangat bagus.

Tinggal klik "Mulai" dan tunggu saja maka kita akan bisa mendapatkan hasil dari kecepatan internet yang kita miliki, dan kita bisa tau ping serta kecepatan upload dan download, selebihnya itu mungkin dibutuhkan oleh orang yang berkerja berbasiskan hasil dari Internet Speed Test ini.

2. Fast ID

Berikutnya yang paling simpel dari lainnya yaitu ada Fast internet speed test karena tinggal buka lamannya maka otomatis akan langsung melakukan cek koneksi internet yang sedang digunakan.

Sangat simpel dan informasi yang ditampilkan ada latensi, donwload, upload dan kemudian server. Mungkin Ookla lebih diminati karena bisa memilih server sebelum melakukan test.
3. MyRepublic Speed Test

Selanjutnya ada layanan Internet Speed Test dari penyedia internet provider yaitu MyRepublic yang sama mudahnya dengan Ookla, dan juga server yang dijangkau langsung ke provider terdekat dan sesuai.

4. Speedtest Cbn Id

Salah satu yang menurut Gambar Iklan menjadi Internet Speed Test bagus karena proses cek nya cukup detail yaitu CBN, meskipun lebih jarang digunakan Cbn test ini punya grafik yang lebih detail akan hasil download dan upload.

Penutup Tentang Internet Speed Test

Semua Internet Speed Test diatas bisa kamu gunakan untuk mengetahui kestabilan latensi dan kecepatan upload serta download, kalau kamu pengguna smartphone maka lebih baik download bentuk aplikasinya saja yang bisa digunakan kapanpun tersambung internet.

Pada umumnya layanan cek kecepatan internet ini lebih sering digunakan ketika menggunakan provider berbasiskan BTS dan mungkin pengguna ISP yang terjadi anomali kecepatan internet misalnya down atau putus-putus, jadi Internet Speed Test apapun yang kamu pilih intinya tolak ukur latensi download dan upload akan menjadi acuan tentang bagaimana kualitas akses internet kita saat itu.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Internet Speed Test, Fungsi dan Kapan Harus Menggunakannya
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Internet Speed Test, Fungsi dan Kapan Harus Menggunakannya"