Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Gambariklan.com - Ada beberapa Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet yang pastinya kondisi seperti ini bikin bingung dan jengkel.

Kadang pasti terjadi keadaan dimana laptop atau komputer sudah terhubung ke jaringan Wifi namun tidak bisa digunakan untuk browsing ataupun buka aplikasi yang membutuhkan akses internet.

Penyebab terjadi tidak terhubung walaupun notifikasinya sudah tersambung wifi juga banyak sekali seperti wifi yang greyed out atau disabled, bisa juga gagal routing ke gateway dan penyebab lainnya.

Begini Cara Mengatasi Wifi Terhubung tapi Tidak Bisa Akses Internet


Beberapa cara berikut ini bisa kamu coba dan lakukan jika tersambung wifi namun laptop atau komputer tidak bisa akses internet.
1. Cobalah Restart Router atau Modem

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu melakukan restart router dari saklar utamanya yang biasanya berada di belakang atau atas router, matikan router sekitar 30detik hingga 1 menit barulah dinyalakan kembali dan tunggu hingga lampu DSL menyala stabil.

Atau kamu juga bisa melakukan router reboot melalui browser dengan mengakses halaman admin router yang biasanya ada di akses :

- 192.168.0.1/192.168.1.1
- Username : Admin
- Password : Admin

Setingan ini pada umumnya digunakan pada hampir semua jenis router jika masih keadaan default kemudian Pilih System Tools -> Reboot option dan klik Reboot kemudian tunggu sampai router menyala kembali.

2. Ubahlah Mode Wifi

Berikutnya kamu bisa coba untuk merubah mode wifi dengan mengakses :

192.162.0.1 pada browser web dan login dengan password dan username kamu, kalau masih default dan belum dirubah-ubah maka bisa di isi dengan pass dan username : Admin.

Kamu cari saja menu Wireless -> Wireless Settings dan ubah mode menjadi 11bgn dan klik Save, kemudian restart router dan coba gunakan kembali.

3. Coba Update Driver Adaptor Wifi

Jika kedua cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah yang ada maka cobalah cek laptop atau komputer kamu dan cobalah untuk mengupdate driver wifi atau dongle yang sedang digunakan.

Dengan mengupdate driver adaptor wifi atau dongle, diharapkan adaptor wifi pada laptop bisa bekerja dengan normal kembali apabila sebelumnya ada ketidak cocokan antara versi driver dan wifi yang sedang digunakan.

4. Gunakan Google Public DNS

Selanjutnya cobalah menggunakan DNS Google Public dengan cara akses pengaturan

- Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center
- Klik jaringan yang digunakan
- Klik Properties
- Klik Ipv4
- Klik Properti
- Klik Use the following Dns address
atau Gunakan alamat DNS berikut,

Isikan alamat DNS Google dan isikan juga pada kolom IPV6 kemudian hidupkan kembali router dan cek kembali akses internetnya.

5. Gunakan Mode Pesawat

Seharusnya ke empat cara diatas sudah bisa mengatasi masalah yang terjadi, tapi jika masih berada pada masalah Wifi yang tersambung namun tidak bisa mengakses internet maka cobalah gunakan mode pesawat dan restart perangkat.

Fungsinya untuk mengganti IP dari perangkat kita dan membuka kembali jalur internet ke Wifi, cara ini sering Gambariklan gunakan jika akses internet tidak bisa digunakan.

Namun kalau masih tidak bisa juga, cobalah tanya ke teman terdekat yang menggunakan jaringan Wifi itu juga, jika temanmu bisa tersambung pastilah permasalahan ada di perangkat yang kamu gunakan.

Karena masa sekarang terhubung ke jaringan Wifi lebih sering menggunakan smartphone androin, apabila permasalahan tersebut terjadi cobalah langkah dibawah ini.

Jika Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Internetan di Smartphone Android

Cara berikutnya bisa kamu coba jika sedang terhubung ke akses Wifi tetapi internetnya tidak bisa digunakan.

1. Gunakan Forgot Network

Mungkin permasalahan yang muncul pertama kali password dari wifi tersebut mungkin saja sudah diganti, karena itu smartphone android kamu tidak bisa terhubung, dan untuk memasukkan password baru bisa gunakan fitur "forgot network".

Cara menggunakannya :

-Buka menu Settings
-Masuk Pengaturan WLAN
-Piliha jarignan Wifi yang diinginkan
-Klik Forgot Network (lupakan jaringan)
-Keluar dari pengaturan dan cari wifi tersebut kembali
-Masukkan password yang baru dan konekkan

Jika akses internet sudah bisa digunakan maka masalahnya selesai, dan jika belum lakukan langkah berikutnya.

2. Restart Smarphone Android

Berikutnya lakukan restart ponsel untuk mengatasi berbagai macam bug atau error seperti wifi yang tidak bisa digunakan browsing agar akses jaringan menjadi normal kembali.

Tunggu sampai ponsel menyala kembali dan sambungkan ke wifi yang tadi kemudian cek akses internetnya sudah bisa digunakan atau belum.

3. Atur Ulang Waktu dan Tanggal

Mungkin perlu cek juga pengaturan waktu dan tanggal sudah sesuai dengan zona kamu berada atau belum, untuk memastikan bahwa pengaturan waktu dan tanggal pada Android sudah benar maka gunakan fitur Automatic date & time.

Caranya :

- Masuk ke pengaturan
- Ketuk Date & time
- Cari dan centang Automatic date & time

Dengan begini pengaturan tanggal dan waktu pada ponsel kamu akan terset secara otomatis.

4. Hapus Cache

Setelah mengatur waktu dan tanggal maka kamu bisa lakukan hapus cache data pada Android agar data-data sementara yang menumpuk bisa hilang dan bersih sehingga tidak mengganggu sistem.

Fungsi utama cache sebenarnya untuk mempercepat loading sebuah halaman situs atau performa transfer data dengan mengambil data cache yang sebelumnya sudah disimpan, namun ada kalanya cache ini harus dibersihkan agar aplikasi dan ponsel bisa mendapatkan data baru.

Caranya :

- Masuk menu Settings
- masuk ke pengaturan Storage penyimpanan
- klik Cached data
- tap OK jika muncul pop-up Clear catched data
- tunggu sampai selesai dan cek akses internet

5. Mungkin Karena Antivirus

Penyebab lain yang memungkinkan kondisi seperti ini terjadi karena antivirus yang tidak sengaja memblokir jaringan internet dari wifi yang tidak dikenali maka dari itu cobalah untuk menonaktifkan terlebih dahulu anti-virus dan coba akses kembali internet wifi yang digunakan.

6. Gunakan Aplikasi

Jika semua cara diatas masih belum bisa juga maka gunakan saja aplikasi Wifi Fixer atau aplikasi untuk mengatur ulang Wifi lainnya pada android, dengan menggunakan aplikasi tersebut diharapkan beberapa masalah yang berkaitan dengan wifi seperti wifi terhubung namun data internet tidak bisa digunakan teratasi dan bisa memperkuat penerimaan sinyal.

7. Terakhir ! Ganti Custom ROM

Cara terakhir ini jangan kamu lakukan sendirian dan sembarangan, jika semua koneksi wifi yang ada tidak bisa digunakan maka kemungkinan masalah berada di smartphone android kamu.

Cobalah bawa ke tempat servis dan beritahukan masalah yang diatas, jika penyebabnya ada di ROM maka tempat servis tersebut akan menyarankan untuk ganti Custom ROM agar sistem lama diganti dengan sistem yang baru.

Tapi perlu di garisbawahi, Jangan lakukan sendiri dan pastikan kamu cari tempat servis terpercaya kalau bisa di service center nya.

Penutup Mengatasi Wifi Terhubung Tidak Bisa Akses Internet


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek dan mencoba mengatasi wifi terhubung tetapi tidak bisa digunakan untuk akses internet pada laptop yang menggunakan adaptor Wifi, komputer yang menggunakan dongle dan smartphone android.

Kalau semua cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah yang ada maka cek kembali apakah wifi yang digunakan mengalami masalah hardware atau tidak, jika iya pastinya harus diganti dan kalau tidak maka kerusakan pasti berada pada perangkat kamu dan harus di konsultasikan atau dibawa ketempat servis. Semoga membantu.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet
Url : https://www.gambariklan.com/2021/04/cara-mengatasi-wifi-terhubung-tapi-tidak-bisa-akses-internet.html
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet"