Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Daftar Pustakan dari Internet Mudah Lengkap

Cara Membuat Daftar Pustakan dari Internet Mudah Lengkap

Gambar Iklan - Cara Membuat Daftar Pustakan dari Internet tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, dan secara garis besar ada beberapa format yang harus dipatuhi jika menggunakan artikel dari internet sebagai rujukan dalam bentuk apapun.

Membuat daftar pustaka memang penting dilakukan apalagi jika kita sedang menulis yang berkaitan dengan ilmu, terlebih lagi sekarang sumber dari internet lebih mudah ditemukan dan digunakan daripada harus "berburu" buku yang dibutuhkan.

Maka dari itu kamu bisa mengikuti beberapa format penulisan yang sudah banyak digunakan di Indonesia sebagai berikut.

Pengertian Umum Daftar Pustaka
Daftar pustaka adalah kumpulan dari daftar rujukan yang didalamnya tercantum judul, nama pengarang, tahun terbit dan lainnya sebagai catatan sumber dan posisinya halaman terakhir suatu karya tulis.

Daftar pustaka ini sangat diperlukan dan harus ada karena sebagai sumber rujukan untuk memastikan kebenaran data yang diambil sehingga karya tulis yang dibuat bisa dipercaya.

Fungsi lain daftar pustaka juga sebagai ucapan terima kasih ataupun rasa menghormati dari pemilik data atau ilmu atau pembahasan yang asli yang digunakan untuk penelitian. Maka dari pengertian daftar pustaka ini tentu bukan sekedar kelengkapan penulisan saja tetapi ada tujuan yang sangat penting.

Tentu Daftar pustaka tidak diperbolehkan ditulis secara asal asalan namun ada beberapa aturan-aturan yang harus dipenuhi untuk cara penulisannya.

Aturan Penulisan Daftar Pustaka Yang Digunakan

Dilansir dari bocahkampus.com Dalam menulis daftar pustaka ada beberapa aturan yang harus diperhatikan agar daftar pustakan yang dicantumkan bisa secara valid.

-Penulisan nama pengarang mulai dari nama belakang atau nama keluarga, kemudian diikuti tanda koma dan nama depan.

-Penulisan nama pengarang dimana penulis tersebut orang Tionghoa/Jepang/Korea maka tidak perlu dibalik karena nama keluarga sudah berada di depan.

-Jika melakukan Pengutipan maka nama pengarang pada kutipan wajib dimasukkan ke daftar pustaka secara lengkap.

-Tidak Perlu mencantumakan sebutan gelar.

-Jika lebih dari satu pengarang, hanya nama pengarang pertama saja yang dibalik, dan pengarang lainnya tidak perlu dibalik.

-Daftar pustaka harus diurutkan berdasarkan abjad.

-Jika ada lebih dari satu sumber daftar pustaka maka nama pengarang yang sama tetap ditulis sebanyak jumlah sumber.

-Jika sumber artikel dsb tidak memiliki nama pengarang, maka ditulis saja nama lembaga atau instansi yang menerbitkan.

-Batas tahun referensi pustaka maksimal 5 tahun terakhir.

-Jika sumber pustaka dari internet tidak diperbolehkan mengambil sumber dari blogspot, wordpress, atau wikipedia untuk alasan kredibilitas.

-Penulisan judul pada daftar pustaka dibedakan dengan diberi efek tebal atau miring atau garis bawah atau diapit tanda petik dua (").

Itulah beberapa aturan umum penulisan daftar pustaka yang benar namun kalau daftar pustaka didapat dari internet maka ada tata cara penulisan yang perlu di ikuti.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Jika sumber yang dikutip atau digunakan berdasarkan dari artikel yang ada di media internet maka aturan penulisannya harus mengikuti urutan NA. TA. JU. AL (WAKTU), dengan deskripsi sebagai berikut

NA: Nama penulis
TA: Tahun terbit artikel
JU: Judul artikel
AL: Alamat atau URL Website
WAKTU: Waktu mengakses artikel

Contoh Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Apabila kita mengambil sumber artikel dari internet dengan deskripsi dan rincian sebagai berikut ini :

Alamat: www.pertaniandigital.com/hidroponik.html
Judul Artikel: Teknik Budidaya Sayur Hidroponik Terbaik Dirumah
Tahun Terbit: 2018
Nama Penulis: Mamat Apriadi
Waktu akses: 5 Mei 2020

-Maka penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan rumus di atas adalah sebagai berikut :

Apriadi, Mamat. 2018. Teknik Budidaya Sayur Hidroponik Terbaik Dirumah. www.pertaniandigital.com/hidroponik.html ( diakses tanggal 5 Mei 2020 )

Pada umumnya kesalahan ketika menulis daftar pustaka dari internet hanya terletak pada format penulisannya dan juga sumber tersebut tidak akurat karena bersumber dari blogspot, wordpress, atau wikipedia yang tidak memiliki kekuatan secara kredibilitas

Cara penulisan daftar pustaka dari internet tersebut adalah satu dari beberapa format yang berstandar internasional, karena itu kamu juga bisa mengikuti format berikut ini agar penulisan daftar pustaka dari internet bisa lebih sempurna.

1. Cara menulis daftar pustaka dari internet format APA

Dilansir dari liputan6.com Pertama ada cara menulis daftar pustaka dari internet dengan format atau gaya tulisan APA (American Psychological Association).

Susunan penulisan : Nama web atau situs, tanggal artikel, judul artikel, waktu mengakses dan alamat website (URL).

Contoh :

Otomotifes.com. (2020, 6 Februari). Teknik BoreUp Mesin Agar Mendapatkan Torsi Maksimal. Diakses pada 5 Januari 2021dari https://www.otomotifes.com/modifikasi/teknik-boreup-mesin-agar-mendapatkan-torsi-maksimal.html

2. Cara menulis daftar pustaka dari internet format MLA

Berikutnya ada cara menulis daftar pustaka dari internet format penulisan MLA atau Modern Language Association.

Susunan penulisan : judul artikel, nama website, tanggal artikel dibuat, waktu akses, alamat website (URL).

Contoh:

"Macam Teknik BoreUp Mesin Agar Mendapatkan Torsi Maksimal. Otomotifes.com. 6 Februari 2020. 5 Januari 2021. https://www.otomotifes.com/modifikasi/teknik-boreup-mesin-agar-mendapatkan-torsi-maksimal.html

3. Cara menulis daftar pustaka dari internet format MHRA

Berikutnya cara menulis daftar pustaka dari internet format MHRA atau Modern Humanities Research Association.

Susunan penulisan : nama website, "judul artikel", deskripsi website, tanggal artikel dibuat, <alamat website atau URL > [waktu diakses].

Contoh :

Otomotifes.com, " Macam Teknik BoreUp Mesin Agar Mendapatkan Torsi Maksimal ", Teknik BoreUp Mesin, 6 Februari 2020, https://www.otomotifes.com/modifikasi/teknik-boreup-mesin-agar-mendapatkan-torsi-maksimal.html [diakses pada 5 Januari 2021]

4. Cara menulis daftar pustaka dari internet format CSE

Berikutnya Cara menulis daftar pustaka dari internet format Council of Science Editors.

Susunan Penulisan : nama website, judul artikel [internet], deskripsi website, tanggal artikel dibuat [waktu diakses], URL lengkap.

Contoh :

Otomotifes.com. Macam Teknik BoreUp Mesin Agar Mendapatkan Torsi Maksimal [internet]. Teknik BoreUp Mesin, 6 Februari 2020, 10:30 [diakses 5 Januari 2021]. https://www.otomotifes.com/modifikasi/teknik-boreup-mesin-agar-mendapatkan-torsi-maksimal.html

5. Cara menulis daftar pustaka dari internet sumber email

Kemudian jika kamu menulis daftar pustaka dari internet tetapi sumbernya dari email maka bisa menggunakan format penulisan berikut :

Otomotifes.com. " Macam Teknik BoreUp Mesin Agar Mendapatkan Torsi Maksimal ". otomotifes@gmail.com (diakses pada 5 Januari 2021)

Kemudian jika terjadi tidak menemukan nama penulis atau waktu terbit maka bisa menggunakan format penulisan "____" untuk yang tidak ditemukan dan tetap dilanjutkan dengan mencantumkan judul serta alamat dan waktu mengakses.

Untuk sumber email yang ada nama pengarangnya maka harus menuliskan nama pengarang pada daftar pustaka dengan benar yaitu dahulukan nama belakang baru di ikuti nama depan kemudian nama tengah jika ada.

Contoh :

Nama pengarang Amran Yobiroakta Amnahas

maka format penulisannya:

Amnahas, Amran Yobiroakta " Teknik BoreUp Mesin ". 2020. https://autosinfo.id/teknik-boreup/

6. Cara menulis daftar pustaka dari internet sumber jurnal online

Kemudian jika kamu menulis daftar pustaka dari sumber jurnal online maka ada beberapa hal yang harus ada yaitu nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume maupun edisi, halaman, DOI atau digital object identifier dan terakhir URL website dari jurnal tersebut.

6.1. Daftar Pustaka Jurnal Online : MLA Style

Susunan penulisan :
Nama akhir, Nama awal."Judul artikel". Nama jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi): Media.

Contoh :

Jobe, Karen D. “Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon.” Kairos 5.2 (2000): n. pag. Web. 23 Mar. 2005.

6.2. Daftar Pustaka Jurnal Online : APA Style

Susunan penulisan :
Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul artikel. Nama jurnal, volume (edisi jika ada).

Contoh dengan DOI:

Spreer, P., Rauschnabel, P.A. (2016, September). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100

Contoh tanpa DOI:

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth “age" of educational technology research. British Journal of Educational Technology, 44(6), 889-915. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/(issn)14678535;jsessionid=956132f3de76eeb120577e99ee74ce9c.f04t01.

Penutup Cara Membuat Daftar Pustakan dari Internet


Berbagai metode dan Cara Membuat Daftar Pustakan dari Internet diatas tentunya berguna sebagai syarat kelengkapan dan juga sebagai rasa menghormati serta rasa terima kasih kepada penulis sumber yang kita kutip, lansir atau sadur ilmunya.

Contoh dan format Penulisan daftar pustaka internet tersebut hanya yang paling sering digunakan, diluar format tersebut masih banyak sekali macam gaya yang ada. Format penulisan terbaik tentunya dengan menyesuaikan dengan format penulisan daftar pustaka yang sering digunakan pada instansi atau tempat karya ilmiah tersebut di uji.

Sumber Terkait:

1. bocahkampus.com
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, dan Internet
Penulis : Rizky Pratama
Url : https://bocahkampus.com/cara-menulis-daftar-pustaka

2. liputan6.com
6 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Pahami Syaratnya
Penulis : Fakhriyan Ardyanto
URL :https://hot.liputan6.com/read/4491874/6-cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-pahami-syaratnya