Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat - Alat Untuk Menghubungkan Komputer Ke Internet

Alat - Alat Untuk Menghubungkan Komputer Ke Internet

Gambar Iklan - Dimasa ini Alat Alat Untuk Menghubungkan Komputer Ke Internet tidaklah sebanyak dan seribet dulu, bahkan dalam segi mobilisasi kita hanya butuh laptop dan smartphone saja untuk bisa terhubung ke internet.

Berbeda untuk komputer yang berbentuk dekstop dimana tidak mungkin dibawa-bawa dan harus berada pada suatu tempat saja, maka metode dan alat untuk bisa terhubung ke internet ada beberapa.

Terhubung dengan internet akan memungkinkan kita untu bisa mengirim dan menerima email, browsing Web, video streaming dan masih banyak lainnya. Akses ke internet bisa menggunakan layanan internet nirkabel atau yang dikenal sebagai Wi-Fi, dengan kabel Lan dan bahkan bisa dengan smartphone sepaket USB Wireless Receiver / Dongle.

Macam Layanan Internet Yang Bisa Dipilih
Untuk bisa terhubung ke akses internet, selain memiliki komputer maka kita juga harus menggunakan layanan internet tertentu atau yang sering disebut ISP. Berikut ini ada beberapa jenis layanan ISP yang pernah ada hingga sekarang.

1. Dial-up

Layanan internet yang bisa dibilang kecepatannya paling lambat karena menggunakan saluran telepon, jadi telepon dan internet tidak bisa digunakan bersamaan, layanan ini sudah lama sekali dan sekarang sudah tidak digunakan lagi.

2. DSL

Layanan internet yang menggunakan koneksi broadband dengan kecepatan yang lebih baik daripada layanan dial-up, layanan DSL ini terhubung ke Internet melalui saluran telepon namun tidak mengharuskan pasang telpon dirumah, layanan ini juga sudah tidak digunakan lagi.

3. Internet Kabel

Layanan internet kabel TV bisa digunakan walaupu kamu tidak memiliki TV yang sesuai untuk layanan tersebut, jadi hanya menggunakan akses internet Wi-Finya saja, layanan internet kabel ini sekarang sudah sangat menjamur dan bahkan bisa pasang dalam hitungan hari saja.

4. Internet Satelit

Internet yang menggunakan satelit juga termasuk broadband tetapi tidak butuh kabel atau saluran telepon tetapi menggunakan satelit yang mengorbit bumi sehingga bisa digunakan dimanapun, pada dasarnya internet ini standar militer.

5. Layanan Internet SIM 3G dan 4G

Di era jayanya smartphone seperti sekarang layanan 3G sudah jarang digunakan dan paling dominan ada di koneksi 4G LTE tentunya paling sering digunakan di smartphone yang terhubung secara nirkabel melalui jaringan seluler.

Koneksi internet menggunakan sim card smartphone paling mudah dilakukan dan harganya terjangkau, kamu hanya butuh USB Wireless Receiver / Dongle agar komputer bisa terhubung internet nya ke ponsel.

Alat Yang Dibutuhkan untuk Bisa Terhubung Ke Internet

Secara umum jika kamu menggunakan komputer, maka butuh beberapa alat dan komponen untuk bisa terhubung ke internet.

1. Komputer

Tentu kamu butuh komputer untuk mengakses aplikasi browser atau email, karena sedang membahas komputer maka hanya komputer saja yang dicantumkan.

2. Modem Internet / Router / Internet Smartphone


Dengan menggunakan komputer maka kamu bisa menggunakan modem internet usb atau internet smartphone agar bisa terhubung ke akses internet, kalau menggunakan internet smartphone maka butuh Dongle untuk menerima koneksi.

Apabila menggunakan router maka kamu butuh berlangganan Internet Service Provider (ISP) dan untuk terhubung ke router bisa menggunakan kabel Lan ataupun Dongle untuk menerima akses Wi-Fi.

3. Browser / Aplikasi Internet

Berikutnya tentu saja browser agar bisa mengakses semua informasi di internet, atau juga mengakses konten musik dan video secara online. Atau mungkin kamu ingin menggunakan internet untuk main game maka di komputer harus sudah terinstall game yang akan dimainkan.

Perangkat Keras / Alat Untuk Menghubungkan Komputer Ke Internet


1. Modem

Modem merupakan salah satu perangkat keras tambahan untuk terhubung ke Internet dimana menggunakan layanan dari SIM provider atau operatorseluler, modem yang ada sekarang berukuran kecil dengan port USB, dan kalau dibandingkan dulu maka kecepatannya juga jaug berbeda karena modem sekarang menggunakan jaringan 4G dan hampir meloncat ke 5G.

2. Router

Router adalah sebuah perangkat keras untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lainnya ke koneksi internet tunggal bisa secara nirkabel Wi-Fi ataupun menggunakan koneksi kabel Lan.

Router biasanya langsung didapatkan ketika kamu berlangganan ke suatu ISP yang mengcover daerah kamu berada, jadi tinggal berlangganan ISP seperti Telkom, MyRepublic, MNC dll maka akan langsung dipinjami router, kecuali jika butuh router untuk tujuan tertentu maka harus beli sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.

3. Access Point

Dulu Access Point dan Router menjadi dua buah perangkat yang berbeda dimana Access Point berfungsi untuk memancarkan sinyal nirkabel dari ISP, namun sekarang antara router dan Access Point sudah jadi satu.

4. Kabel Jaringan / Lan

Untuk menghubungkan komputer ke Access Point atau router bisa juga menggunakan kabel lan karena memang ada portnya jika kamu tidak ingin menggunakan dongle pada port USB.

5. Wireless Network Adapter

Fungsi dari Wireless Network Adapter yaitu agar komputer bisa menangkap sinyal wireless yang dipancarkan oleh access point. Namun sekarang bentu dari adapter sudah dominan menggunakan USB dan bernama USB Wireless Receiver / Dongle.

6. Port USB / Port Lan

Port USB akan terpakai jika kamu mengakses internet dari ISP menggunakan USB Wireless Receiver / Dongle dan port LAN atau konektor RJ5 akan terpakai jika kamu menggunakan kabel Lan untuk terhubung ke Access Point.

Menghubungkan Komputer Ke Jaringan Internet


Secara detail memang untuk menghubungkan komputer ke internet bisa dengan banyak sekali cara, namun yang biasa digunakan ada 2 yaitu lewat jaringan dan koneksi Wifi.

-Terhubung Ke Internet Lewat Jaringan

Cara pertama untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer ke jaringan komputer, metode ini biasa digunakan pada perusahaan, sekolah dan warnet dengan adanya komputer yang berfungsi sebagai server.

Semua akses ke internet dari tiap komputer akan melalui server tersebut terlebih dahulu, dan komputer servernya lah yang terhubung ke ISP.

- Terhubung Ke Internet Lewat Wi-Fi

Berikutnya yang umum digunakan yaitu terhubung ke internet lewat koneksi Wifi, jadi misalnya rumah kita atau tempat kita berada saat itu sudah berlangganan ISP, tinggal hubungkan saja komputer ke internet lewat akses Wi-Fi menggunakan USB Wireless Receiver / Dongle.

Dengan cara ini kita hanya butuh password untuk mengakses internet wifi tersebut dan tidak dibutuhkan komputer server.

Berikutnya komputer kita bisa terhubung ke akses internet wifi dengan hotspot dari smartphone, jadi tidak banyak perangkat yang dibutuhkan, hanya komputer, smartphone yang ada akses internetnya serta USB Wireless Receiver kemudian tinggal aktifkan saja fitur hotspot pada smartphone dan akses lewat komputer dengan memasukkan password yang sudah di setting, maka komputer sudah bisa langsung terhubung ke internet.