Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyelamatkan Mobil Yang Kena Banjir

Tips Menyelamatkan Mobil Yang Kena Banjir

Gambariklan.com - Seringnya turun hujan deras sering membuat sejumlah ruas jalan terendam banjir, dan buat kamu pemilik mobil berikut ini ada beberapa tips untuk menyelamatkan mobil yang terkena banjir.

Jika mobil tiba-tiba terendam banjir pasti akan sangat membingungkan karena jika mesin mati dan tidak bisa digunakan pastinya harus diservis.

Jangan panik kalau menemui kondisi dimana mobil yang sudah terlanjur terendam banjir, kamu lakukan saja langkah-langkah seperti yang Gambar Iklan ulas dibawah ini.

1. Lepas Kabel Aki dari Mobil

Tindakan pertama kamu harus melepas bagian kabel aki dari komponen mobil agar tidak terjadi korsleting listrik.

Kalau mobil terkena banjir dan kabel aki tidak segera dicabut maka resiko yang paling sering muncul akan terjadi korsleting dan bisa menyebabkan sistem elektronik mati.
2. Pindahkan Mobil Tanpa Menghidupkan Mesin

Kemudian pindahkan mobil ketempat yang lebih tinggi atau lebih kering tanpa menghidupkan mesin, didorong saja yang penting posisi air lebih rendah daripada posisi mesin.

3. Keringkan Bagian Pengapian Mobil

Setelah banjir reda dan kondisi sudah kering maka kamu harus cek bagian pengapian pada mobil yang seperti busi hingga karburator dan koil dan keringkan sebisa mungkin.

Apabila kondisi pengapian masih normal maka mobil aman dn jika ada gangguan akibat mobil terendam banjir mungkin susah dinyalakan sebaiknya bawa ke bengkel saja.

4. Kuras Tangki

Jika air sampai masuk ke tanki bensin biasanya ditandai dengan warna bensin yang berubah menyerupai susu maka tindakan yang bisa dilakukan yaitu menguras tangki bensin agar tidak muncul karat didalam tanki yang bisa mengganggu pengapian mobil.

5. Keringkan Interior Mobil dan Panel

Setelah banjir hilang, sangat penting untuk mengeringkan dan juga memastikan kondisi lampu mobil tidak kemasukan air.

Tujuannya agar tidak muncul jamur pada interior mobil dan juga lampu tidak terjadi korslet.

6. Taruh Mobil Di Bawah Matahari

Agar mobil benar-benar kering, kamu bisa memarkirkan mobil dilapangan atau dibawah terik sinar matahari agar membantu interior dan komponen luar mobil cepat kering.

Kalau ada komponen didalam yang sulit kering cobalah gunakan alat pengering sebagai alternatif dan jangan lupa bersihkan kotoran-kotoran bekas banjir yang menempel di body serta bagian bawah mobil.

7. Segera Cek Kondisi Mobil ke Bengkel

Inti dari semua langkah diatas ya pada poin terakhir ini yaitu mengecek kondisi mobil ke bengkel resmi terdekat dengan begitu kalau ada komponen yang rusak bisa langsung diganti dengan part yang original.

Mungkin itulah beberapa langkah dan tips menyelamatkan mobil jika terkena banjir, pertama yang harus dilakukan yaitu melepas kabel aki dan memindahkan mobil ke tempat kering. Setelah banjir reda maka lebih bagus bawa mobil ke bengkel untuk cek kondisinya.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Tips Menyelamatkan Mobil Yang Kena Banjir
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Tips Menyelamatkan Mobil Yang Kena Banjir"