Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Gambariklan.com - Ada cukup banyak Penyebab Lampu Motor Redup mulai dari kondisi kelistrikan motor hingga kualitas bohlam lampu yang digunakan, tentu kondisi lampu motor yang tidak terang lagi akan membuat aktivitas berkendara pada malam hari terasa kurang nyaman dan ada beberapa cara mengatasinya yang bisa kamu coba.

Lampu motor menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor untuk menjaga visibilitas pengelihatan selama berkendara pada malam hari atau ketika kondisi cahaya matahari mulai kurang dan menghilang.

Seiring berjalannya waktu lampu motor kendaraan roda dua bisa saja meredup karena beberapa hal, contohnya karena masa pakai yang sudah lama, jadi kamu bisa segera segera mengganti lampu bohlam agar mendapatkan pencahayaan yang terang kembali, namun disisi lain juga ada banyak faktor yang menyebabkan lampu motor redup.

Penyebab Lampu Motor Redup 

Berikut ini gambariklan.com akan mengulas beberapa penyebab lampu motor redup dan tidak terang lagi serta cara mengatasinya agar pencahayaan pada motor bisa terang kembali.

Penyebab Lampu Motor Redup
1. Bohlam Lampu Motor Mati

Penyebab pertama mungkin karena lampu bohlam motor mati yang biasa terjadi, kondisi seperti ini diakibatkan karena bohlam lampu sudah mencapai masa pakainya, jadi solusinya harus diganti untuk mendapatkan sinar cahaya lampu yang terang kembali.

Untuk mengetahui bohlam motor ini mati atau tidak sangat mudah, kamu tinggal buka cover lampu ( tiap motor caranya beda-beda ) kemudian lepas bohlam lampu tersebut kemudian lihat kebagian kaca lampu tersebut ada bagian gosong atau tidak, kalau ada berarti kemungkinan besar lampunya mati dan tinggal di ganti saja dengan bohlam yang baru.

2. Kualitas Bohlam Lampu

Penyebab lampu motor redup berikutnya bisa karena kualitas dari bohlam lampu itu sendiri. Begini, sekarang ini part motor dipasaran kan sangat beragam kualitasnya mulai dari yang ORI, KW super, KW1, KW2 dan sebagainya termasuk bohlam lampu motor.

Tentu harga bohlam lampu motor yang kualitasnya lebih rendah akan lebih murah jika dibandingkan dengan yang ori, namun kekuranganya cahaya yang dipendarkan dari bohlam lampu akan lebih redup. Bisa juga karena kualitas bohlam yang digunakan tidak cocok dengan standar pabrik yang biasa dipakai untuk jenis motor kamu.

Maka dari itu sangat disarankan kalau untuk urusan lampu maka lebih baik belilah yang original, biasanya sih bohlam standar pabrikan lampu pada motor mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt tergantung dari motor kamu pakai versi yang mana. Ketika beli cukup bilang saja merk motor kamu dan dari pabrikan apa, kemudian minta yang ORI.

Kecuali kalau motor kamu sudah menggunakan jenis lampu LED dan ternyata masih mengalami kondisi redup juga maka permasalahannya bukan kualitas lampunya tetapi ada penyebab lain seperi kualitas baterai Aki ataupun kelistrikannya.

3. Baterai atau Aki Motor Sudah Lemah

Penyebab selanjutnya yang paling banyak terjadi ketika menggunakan sistem penerangan DC yaitu kondisi baterai atau aki melemah dan sudah tidak bagus lagi. Jadi memang kualitas dari aki motor ini sudah melemah sehingga tidak maksimal menyediakan daya listrik untuk komponen lampu.

Aki motor adalah sebuah kompone motor sebagai pusat penyimpanan arus listrik yang berfungsi untuk menyediakan sumber listrik agar motor bisa dihidupkan dan lampu bisa menyala normal.

Kemudian ketika kondisi aki melemah atau sudah aus maka kondisi sistem kelistrikan juga akan melemah, efeknya sudah pasti lampu motor akan meredup entah itu lampu depan atau lampu belakang ataupun lampu sein yang tidka menyala normal. Cara mengatasinya ada 2 yaitu mencharge ulang aki untuk meningkatkan dayanya lagi atau yang lebih disarankan yaitu mengganti aki motor tersebut.

4. Saklar Lampu Motor Kotor

Pada motor lama, untuk menghidupkan lampu masih menggunakan saklar lampu dan jika saklar sudah lama dipakai bisa saja kotor dan membuat lampu motor meredup karena aliran listrik dari aki ke bohlam terganggu.

Hal ini biasa terjadi karena komponen saklar kurang perawatan ataupun sering kemasukan air, cara mengatasinya ya tinggal bawa ke bengkel saja untuk dibersihkan atau diganti, kamu juga bisa coba untuk membersikan dan menggantinya sendiri.

Nah, untuk motor generasi baru sudah menerapkan teknologi Automatic Headlight On (AHO) pada sistem lampu depan dimana lampu akan hidup sepanjang waktu, ketika menyalakan mesin pun lampu akan otomatis hidup, jadi tidak akan menemui permasalahan di saklar.

5. Mika Lampu atau Reflektor Buram

Selanjutnya karena masa penggunaan motor, bisa jadi mika lampu atau reflektor menjadi buram. Hal ini sangat wajar mengingat bahan yang digunakan akan terimbas dari lamanya waktu penggunaan.  efek dari masa pakai.

Reflektor yang buram menyebabkan sinar lampu menjadi terbias redup, cara mengatasi mika reflektor motor yang buram hanya satu yaitu dengan mengganti reflektor tersebut dengan yang baru, menggunakan cairan pembersih apapun tidak akan mengubah masa pakai dari reflektor tersebut jadi lebih baik ganti reflektor baru saja.

6. Kiprok Lemah

Sebagai informasi saja, kalau kiprok pada motor itu berfungsi untuk mengubah arus AC dari spull magnet menjadi DC dan berfungsi juga untuk mengisi daya aki serta menunjang sistem kelistrikan saat mesin hidup.

Nah, permasalahan akan muncul ketika kiprok ini melemah, sayangnya kondisi kiprok lemah biasanya  lebih peka dideteksi oleh bengkel, biasanya jika memang kiprok sudah aus dan tidak layak pakai maka bengkel akan menyarankan untuk ganti Kiprok.

7. Spul Penerangan Melemah

Spull penerangan sangat berkaitan dengan komponen baterai atau aki kendaraan dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terang atau redupnya nyala lampu motor. Ketahanan komponen spull bisa di cek, normal atau tidaknya jika ketahanan komponen ini berkisar 0,2-1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat artinya komponen ini normal.

Jika ketahanan menunjukkan angka mendekati 2 ohm itu artinya spull penerangan motor sudah mulai lemah dan harus diganti.

8. Ada Kabel yang Terbakar atau Meleleh

Mungkin penyebab lampu motor meredup atau mati karena ada kabel lampu yang terbakar dan meleleh, bisa karena konslet atau arus pendek sehingga kualitas penghantaran aliran listrik ke lampu motor tidak sempurna.

Kabel lampu motor bisa saja terbakar atau meleleh karena adanya loncatan elektron pada soket sehingga menimbulkan peningkatan suhu, cara mengatasinya ya hanya dengan mengganti kabel tersebut dengan kabel yang lebih kuat.

9. Soket Lampu Karatan

Soket lampu seperti komponen kelistrikan seperti lainnya yang bisa juga karatan dan menjadi penyebab lampu motor redup, hal ini bisa terjadi karena soket terbuat dari bahan plat besi. 

Bahan logam pembuat Soket lampu motor bisa jadi berkarat seiring berjalannya waktu penggunaan, mungkin karena kemasukan air hujan lewat sela head cover motor atau perihal lainnya, kalau sudah karatan lebih baik diganti saja.

10. Soket Lampu Kendor

Berikutnya Soket lampu bisa saja kendor atau kabel yang menyambung ke soket kendor, hal ini akan membuat arus listrik meluber ke mana-mana sehingga hanya sedikit arus listrik yang bisa sampai ke lampu motor. Kondisi Soket lampu yang kendor akan membuat tegangan arus listrik ke lampu motor menjadi kurang maksimal sehingga terlihat redup.

11. Fitting Lampu Rusak

Selain soket lampu motor, komponen fitting yang sudah rusak atau tidak layak pakai juga dapat menyebabkan redupnya lampu motor. Tandanya terlihat dudukan lampu terbakar atau gosong hangus pada bagian tembaganya.

Kalau fitting lampu sudah rusak maka tidak dapat diperbaiki dan satu-satunya cara mengatasinya hanya mengganti fitting lampu motor tersebut agar lampu bisa terang kembali.

Penyebab Lampu Motor Redup Saat Di Rem

Penyebab lampu motor redup saat di rem biasanya karena baterai AKI sudah melemah dayanya, sehingga ketika di rem, arus listrik akan terbagi ke komponen yang menggunakan lampu lainnya seperti lampu belakang, sein dan juga lampu panel.

Namun ketika posisi motor melaju, kondisi penerangan terlihat baik-baik saja karena kiprok yang bekerja mendukung arus daya listrik ke lampu motor. Jadi ketika motor di rem, kecepatan motor melambat, kiprok akan berkurang kinerja dari putaran mesin, dan daya listrik dari AKI dibutuhkan juga untuk lampu rem belakang, sehingga daya untuk lampu depan akan terbagi dan berkurang sehingga terlihat meredup.

Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Membahas tentang bagaimana cara mengatasi lampu motor yang redup sebenarnya tidak ada cara lain, hanya bisa dilakukan mengganti part motor yang rusak agar lampu bisa terang kembali.

Misalnya jika AKI motor yang sudah lemah atau rusak, maka bisa dicoba men chargenya terlebih dahulu, kalau masih tidak bisa ya berarti harus diganti. Kemudian jika bohlamnya yang rusak maka harus ganti bohlam lampu motor.

Khusus perkabelan motor, lebih baik serahkan saja ke bengkel daripada harus repot sendiri karena banyak bagian yang harus dibuka begitu juga dengan masalah kiprok serta soketnya. Khusus untuk reflektor yang sudah buram, menggunakan cairan pembening kembali hanya akan menyelesaikan masalah dalam waktu dekat karena masa pakai ya tetap masa pakai, ganti reflektor baru akan lebih pasti membuat sorot lampu motor terlihat terang kembali.

Jadi untuk tau mana bagian atau part yang harus diganti, kamu musti bisa mencari tau dan cek satu persatu dimana letak permasalahannya, kalau malas repot dengan hal tersebut tinggal bawa kebengkel saja dan bilang pada bengkelnya kalau "biar lampunya bisa terang lagi", udah nanti bengkel sudah tau harus apa. 

Penutup

Itulah kira-kira 11 Penyebab Lampu Motor Redup dan Tidak Terang yang biasa terjadi dan mungkin terjadi karena masa penggunaan motor juga. Kondisi lampu yang redup tentunya mengganggu visibilitas pengelihatan ketika berkendara di malam hari dan juga menyebabkan pengendara lain kurang peka keberadaan motor kamu. Sebaiknya kalau terjadi lampu motor meredup, segera dilakukan tindakan untuk mengatasinya agar aktifitas berkendara bisa nyaman kembali.

Artikel ini telah tayang dan diupdate pada Gambariklan.com dengan judul "Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Motor Redup" dengan link https://www.gambariklan.com/2021/03/penyebab-lampu-motor-redup-tidak-terang.html penulis Mas Muktiaji.