Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Lampu Motor Redup dan Tidak Terang Lagi

Penyebab Lampu Motor Redup dan Tidak Terang Lagi
Lampu Motor Redup, gambar: piqsels.com

Gambariklan.com - Sudah tau Penyebab Lampu Motor Redup dan Tidak Terang Lagi yang bikin berkendara di malam hari terasa kurang nyaman lagi karena masalah penerangan ?

Lampu motor adalah sebuah komponen penting pada kendaraan untuk menjaga visibilitas pengelihatan selama berkendara di malam hari atau ketika kondisi cahaya matahari mulai menghilang.

Seiring berjalannya waktu lampu motor kendaraan roda dua bisa saja meredup karena beberapa hal, karenanya jangan panik dan segera mengganti lampu bohlam karena banyak penyebab lain yang harus kamu tau.

Penyebab Lampu Motor Redup Tidak Terang


1. Bohlam Lampu Motor Mati

Ya, tentu saja penyebab pertama karena lampu bohlam motor mati, jadi harus diganti untuk mendapatkan sinar cahaya lampu yang terang kembali.

Cara mendeteksinya mudah, tinggal buka cover dan ambil lampu tersebut kemudian lihat ada bagian gosong atau tidak, kalau ada berarti fix lampunya mati dan tinggal di ganti saja.
2. Masalah Kualitas Bohlam Lampu

Berikutnya kalau bohlam lampu pada motor masih hidup dan tidak terlihat terang bisa jadi karena kualitas bohlamnya tidak sesuai dengan standar pabrik yang biasa dipakai untuk jenis motor kamu.

Saran saja kalau beli bohlam motor belilah yang original, biasanya sih bohlam standar pabrikan lampu pada motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt tergantung dari motor kamu pakai versi yang mana.

Kecuali kalau motor kamu menggunakan lampu LED dan ternyata redup juga maka permasalahannya bukan kualitas lampunya tetapi ada penyebab lain.

3. Baterai atau Aki Motor Sudah Lemah

Penyebab yang paling banyak terjadi ketika menggunakan sistem penerangan DC yaitu kondisi baterai atau aki melemah dan sudah tidak bagus lagi.

Aki motor merupakan pusat penyimpanan arus listrik pada kendaraan sehingga menyediakan sumber listrik agar motor bisa dihidupkan dan lampu bisa menyala normal.

Ketika aki lemah maka kondisi sistem kelistrikan juga akan melemah efeknya sudah pasti lampu motor akan meredup. Cara mengatasinya ada 2 yaitu mencharge nya ulang atau mengganti aki motor tersebut.

4. Saklar Lampu Motor Kotor

Untuk menghidupkan lampu akan menggunakan saklar lampu dan jika saklar ini kotor bisa jadi lampu motor meredup karena aliran listrik dari aki ke bohlam terganggu.

Biasanya hal ini terjadi karena komponen saklar kurang perawatan ataupun sering kemasukan air, jadi tinggal bawa ke bengkel saja untuk dibersihkan atau diganti.

Motor generasi baru yang menerapkan teknologi Automatic Headlight On (AHO) dimana lampu hidup sepanjang waktu tentu tidak akan menemui permasalahan di saklar.

5. Mika Lampu atau Reflektor Buram

Salah satu penyebab yang paling mungkin dan sering terjadi karena masa penggunaan yaitu mika lampu atau reflektor menjadi buram efek dari masa pakai.

Hal ini juga menyebabkan sinar lampu menjadi redup, pilihannya hanya satu yaitu mengganti reflektor tersebut dengan yang baru.

6. Kondisi Kiprok yang Lemah

Sebagai informasi saja kalau kiprok pada motor itu berfungsi untuk mengubah arus AC dari spull magnet menjadi DC dan berfungsi juga untuk mengisi daya aki serta menunjang sistem kelistrikan saat mesin hidup.

Permasalahan ini biasanya hanya dideteksi oleh bengkel dan kalau kamu tidak paham mesin serah kan saja ke bengkel ahlinya, solusinya sih biasaya langsung ganti Kiprok.

7. Spul Penerangan Melemah

Spull penerangan sangat berkaitan dengan komponen baterai atau aki kendaraan dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terang atau redupnya nyala lampu motor.

Ketahanan komponen spull bisa di cek normal atau tidaknya jika ketahanan komponen ini berkisar 0,2-1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat artinya komponen ini normal.

Jika ketahanan menunjukkan angka mendekati 2 ohm itu artinya spull penerangan motor sudah mulai lemah dan harus diganti.

8. Kabel Lampu Terbakar atau Meleleh

Selanjutnya ada juga penyebab kabel lampu terbakar dan meleleh karena konslet atau hubungan arus pendek jadi kualitas penghantaran aliran listrik tidak sempurna sehingga lampu redup.

Kabel lampu bisa terbakar atau meleleh karena adanya loncatan elektron pada soket sehingga menimbulkan peningkatan suhu, cara mengatasinya ya kabel tersebut harus diganti.

9. Soket Lampu Karatan

Soket lampu seperti komponen kelistrikan seperti lainnya bisa juga karatan dan menjadi penyebab lampu motor redup karenas oket terbuat dari plat besi.

Bahan logam pembuat Soket bisa jada berkarat seiring berjalannya waktu penyebabnya mungkin karena sering kemasukan air hujan lewat sela head cover motor, ya kalau sudah karatan lebih baik diganti.

10. Soket Lampu Kendor

Soket lampu yang kendor akan membuat arus listrik meluber ke mana-mana sehingga hanya sedikit arus listrik yang bisa sampai ke lampu motor.

Kondisi Soket lampu yang kendor akan membuat tegangan arus listrik ke lampu motor menjadi kurang maksimal sehingga terlihat redup, mengatasinya tinggal melakukan service rutin.

11. Fitting Lampu Rusak

Selain soket lampu, komponen fitting yang sudah rusak atau tidak layak pakai juga dapat menyebabkan redupnya lampu motor dimana tandanya dudukan lampu terbakarpada bagian tembaga.

Kalau fitting lampu sudah rusak maka tidak dapat diperbaiki dan satu-satunya cara mengatasinya hanya mengganti fitting lampu motor agar lampu bisa terang kembali.

Penutup Penyebab Lampu Motor Redup dan Tidak Terang


Itulah kira-kira ada 11 Penyebab Lampu Motor Redup dan Tidak Terang lagi yang tentunya mengganggu visibilitas pengelihatan ketika berkendara di malam hari. Kalau urusan lampu motor terlihat redup lebih baik komponen yang sudah rusak segera diganti.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Penyebab Lampu Motor Redup dan Tidak Terang Lagi
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Penyebab Lampu Motor Redup dan Tidak Terang Lagi"