Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Penting Ketika Liburan Luar Kota Naik Motor

Hal Penting Ketika Liburan Luar Kota Naik Motor

Gambariklan.com - Liburan ke luar kota naik motor memang punya sensasi tersendiri ketika menikmati perjalanan dan perubahan suasana antara satu lokasi dan lokasi lainnya.

Perjalanan jauh antar kota untuk melakukan aktifitas berlibur bersama teman atau pasangan menggunakan kendaraan roda dua tidak dipungkiri bisa memberikan pengalaman tersendiri.

Namun meskipun punya sensasinya sendiri, para pengendara harus mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan melakukan perjalanan jarak jauh guna mengurangi resiko yang ditimbulkan.

Berkendara jarak jauh dengan menggunakan kendaraan roda dua membutuhkan persiapan khusus misalnya mulai dengan cek kesiapan unit motor itu sendiri dari mesin, kelistrikan sistem pengereman.
Kondisi kesiapan fisik juga sangat penting untuk diperhatikan, berikut ini ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh para bikers yang ingin belibur keluar kota dengan menggunakan motor.

Persiapan Liburan Ke Luar Kota Naik Motor


1. Penting Untuk Menjaga Kesehatan Fisik

Pertama, untuk melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor akan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan harus selalu menjalankan protokol kesehatan baik sebelum berkendara sampai nanti di tempat tujuan.

Piranti riding gear dan semua perlengkapan berkendara yang tepat harus digunakan untuk menutupi seluruh bagian tubuh seperti masker yang ditambahkan buff agar bisa meminimalisir tertular virus hingga mengurangi menghirup polusi.

Waktu istirahat ketika berkendara harus diperhatikan dan senantiasa menjaga jumlah cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum dan mengambil waktu rehat yang konsisten, perjalanan jarak jauh tidak boleh mengejar waktu tetapi lebih baik menikmati setiap waktu perjalanan.

Waktu istirahat yang ideal untuk perjalanan jauh yaitu minimal 30 menit untuk setiap dua jam berkendara, gunakan waktu untuk banyak minum dan tiduran. Usahakan untuk istirahat ditempat ramai orang agar aman dari tindak kejahatan.

2. Rencana Perjalanan Harus Tepat

Para bikers yang melakukan perjalanan jauh harus memiliki rencana yang matang seperti informasi tentang kondisi jalur yang akan dilalui dengan melihat aplikasi peta digital atau sumber informasi lainnya.

Jangan lupa siapkan rute alternatif, lokasi istirahat dan makan hingga lokasi membeli bahan bakar. Cuaca di tiap rute harus diperhitungkan juga agar perjalanan tidak kacau karena perubahan cuaca yang mendadak.

Jangan membawa barang yang berlebihan ketika berkendara agar tidak mengurangi kenyamanan, persiapkan saja anggaran untuk barang atau bahan makanan yang bisa dibeli selama di perjalanan.
3. Jika Berkendara Dengan Berboncengan

Perhitungan berikutnya jika melakukan perjalanan jarak jauh dengan berboncengan karena membutuhkan konsentrasi tinggi dan lebih menguras tenaga walaupun sisi positifnya ada teman ngobrol dan bertukan pikiran.

Konsentrasi harus menjadi prioritas ketika berkendara dan hidnari banyak bersenda gurau karena bisa menurunkan konsentrasi.

Khusus bagi pembonceng motor lebih baik tetap terjaga selama berkendara dan jangan tertidur karena akan memberatkan orang yang didepan apalagi bisa mengganggu keseimbangan.

Memang berkendara jarak jauh sangat menyenangkan jika ditemani teman ataupun kerabat tetapi pembonceng juga harus menjadi partner berkendara yang aman dan bisa mendukung kenyamanan bagi pengemudi.

Mungkin itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai motor roda dua, yang penting jangan lupa berdoa dan persiapkan semua faktor yang dibutuhkan dalam perjalanan sebaik mungkin.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Hal Penting Ketika Liburan Luar Kota Naik Motor
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Hal Penting Ketika Liburan Luar Kota Naik Motor"