Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Mobil Setelah Liburan Tahun Baru

Cara Merawat Mobil Setelah Liburan Tahun Baru

Gambar Iklan - Setelah jalan-jalan jauh liburan tahun baru menggunakan mobil tentunya membuat kendaraan roda empat yang kita gunakan butuh perawatan tertentu agar tetap dalam keadaan yang prima.

Setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh untuk liburan tahun baru disarankan untuk melakukan perawatan khusus agar tarikan dan peforma mobil tidak turun dan menjadi tidak enak dikendarai.

Perjalanan liburan yang menuntut gas rem gas rem secara berulang-ulang efek jalan macet bisa menyebabkan oli cepat aus dan karburasi menjadi kotor, berikut ini ada beberapa cara merawat mobil setelah digunakan untuk perjalanan jauh liburan tahun baru.

Cara Merawat Mobil Setelah Digunakan Liburan Tahun Baru


1. Segera Ganti Oli

Mesin mobil yang baru digunakan untuk perjalanan jauh dengan akselerasi yang tidak menentu sangat penting untuk melakukan perawatan ganti oli secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar tiap tipe mobil.

Pada umumnya mengganti oli mobil dilakukan setelah menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km, tetapi kalau habis liburan tahun baru lebih baik langsung diganti oli baru saja.

Tipe oli yang digunakan juga harus tepat sesuai kebutuhan standar mesin mobil yang digunakan agar terhindar dari munculnya panas berlebih pada mesin mobil dimana oli memiliki peran menahan gesekan pada mesin.

Kalau bingung pakai oli apa, lebih baik tanyakan ke bengkelnya dan utarakan cara berkendara serta jarak yang sering dilalui, biasanya sih orang bengkel sudah paham banget oli apa yang cocok untuk digunakan dengan tipe berkendara tertentu.
2. Jangan Lupa Bersihkan Filter Karburasi

Berikutnya yang menjadi salah satu faktor penyebab mesin mobil kadang sulit dihidupkan bisa karena saringan karburasi filter mobil yang kotor maka dari itu membersihkan filter karburasi juga sangat penting.

Cara membersihkan saringan filter karburasi juga cukup tinggal gunakan saja sikat gigi untuk melepas kerak dan kotoran menempel pada sarigan, sebaiknya hindari penggunaan hairdryer atau compressor karena akan beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter.

3. Cek Kondisi Radiator

Setelah perjalanan jauh maka perlu juga untuk memantau kondisi radiator dan harus di cek dengan seksama dimana fungsi radiator sangat penting untuk menetralisir panas mesin mobil.

Jika terjadi kondisi air radiator kosong atau mungkin bocor bisa menimbulkan kerusakan pada mesin dan juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan.

Jika radiator kosong atau bocor maka bisa menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin jadi periksa air pada radiator mobil anda secara berkala dan juga periksa kondisi tempat air pada radiator.

4. Gunakan Mobil di Kecepatan Tinggi Untuk Beberapa Saat

Kondisi mesin mobil yang digunakan gas rem gas rem dalam jangka waktu lama akan menghasilkan kerak pada beberapa bagian mesin untuk mengatasi kondisi seperti ini hanya perlu memacu kendaraan.

Mesin harus dipacu dengan menginjak gas lebih dalam agar kerak yang terdapat pada mesin dapat keluar melalui knalpot, bisa dilakukan pada jalan lurus dan panjang untuk menyelaraskan kembali kondisi mesin.

Jangan lupa perhatikan keamanan berkendara ketika mencoba memacu mobil lebih cepat dan hanya pada jalan yang panjang dan lenggang.

Penutup

Perjalanan jauh liburan tahun baru sering membuat mesin turun dalam segi peformanya karena penggunaan yang kacau mengingat medan macet dan sering gas rem.

Maka setelah liburan sangat disarankan untuk melakukan perawatan terutama ganti oli dan periksa bagian radiator.