Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Muncul Karat Di Mobil Saat Musim Hujan

Cara Mencegah Muncul Karat Di Mobil Saat Musim Hujan

Gambariklan.com - Permasalahan munculnya karat mobil ketika musim hujan memang sangat mudah ditemui dan bikin sedikit khawatir karena bisa buat penampilan mobil tidak keren lagi.

Masalah karat mobil akan sering muncul pada sejumlah komponen yang berbahan dasar dari besi seperti bagian bawah bodi, casis atau tulang-tulang dan yang paling sering di bagiak kaki-kaki mobil.

Apabila tidak segera di tindak atau diperhatikan maka karat tersebut akan merusak lebih banyak komponen secara perlahan dan bisa jadi lebih parah.
Berikut ini ada cara mencegah dan mengantisipasi karat yang sering muncul di bagian tertentu pada mobil ketika musim hujan.

Penyebab Munculnya Karat Pada Mobil

Mungkin salah satu penyebab munculnya karat paling sering terjadi yaitu karena besi pada mobil terus-menerus terkena kandungan mineral yang tinggi pada air laut.

Maka dari itu mobil-mobil yang tinggal atau sering melewati jalan dekat pantai harus lebih memperhatikan perawatan agar tidak gampang berkarat karena air laut memiliki sifat korosif pada bahan besi.

Kemudian hal yang sering menyebabkan karat adalah komponen mobil terkena air hujan yang mengandung mineral dengan keasaman tinggi, kondisi seperti ini sering terjadi pada perkotaan yang memiliki level polusi sudah parah.
Penyebab lainnya bisa juga karena benturan atau tabrakan sehingga membuat cat mengelupas dan bagian yang kehilangan lapisan cat tersebut akan lebih mudah terkena karat.

Lumpur dan kotoran-kotoran lainnya yang dibiarkan lama menempel juga bisa menimbulkan karat sehingga ketika mencuci harus menggunakan cairan pembersih yang kuat atau sikat kawat.

Cara Mencegah Karat Muncul di Komponen Mobil


Hanya ada satu Cara Mencegah Karat Muncul di Komponen Mobil yaitu dengan menjaga kebersihan mobil sebaik mungkin apalagi ketika cuaca tidak jelas maka lebih baik mobil sering dicuci dan dibersihkan dari air hujan atau kotoran lumpur.

Jaga kondisi mobil tetap kering dan tidak lembab pada bagian yang berbahan besi seperti bagian kolong mobil dan sambungan-sambungan besi atau body.

Kalau ada bagian yang kehilangkan lapisan anti karat atau cat sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk dicat ulang atau dilapisi dengan anti karat kembali.

Terakhir mungkin tentang Cara Mencegah Karat Muncul di Komponen Mobil adalah ketika muncul sedikit karat maka jangan dibiarkan dan segera lapisi anti karat di sekitar bagian tersebut.

Selalu mencuci mobil dengan air bersih ketika setelah melewati daerah pinggir laut atau genangan air dan banjir sangat disarankan agar tidak ada mineral atau kotoran penyebab karat yang menempel.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Mencegah Muncul Karat Di Mobil Saat Musim Hujan
Penulis : Mas Muktiaji