Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Tempuh Perjalanan Semarang Jogja, Berapa Jam ?

Perjalanan Semarang Jogja Berapa Jam ?

Gambariklan.com - Kalau kamu butuh referensi informasi tentang Perjalanan Semarang Jogja Berapa Jam, maka Gambar Iklan merangkum beberapa rute dan waktu tempuh dari Kota Semarang ke Kota Jogja.

Perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta sepertinya menjadi sebuah rute yang wajib jika ingin liburan ataupun jalan jalan menyeberang Pulau Jawa. Ya bagaimana lagi, destinasi wisata terasik di jalur Semarang memang oke kalau ke Jogja.

Kalau di ukur dari tengah kota Semarang ke Tengah kota Jogja mungkin jarak tempuhnya sekitar lebih dari 130 KM an dan jalur yang bisa ditempuh ada rute Ambarawa - Magelang, Salatiga - Kopeng dan rute Semarang -Boyolali.

Ketiga rute tersebut memiliki waktu tempuh yang hampir sama sekitar 3,5 - 4jam perjalanan tanpa banyak istirahat dan jika perjalanan dilakukan pada siang hari, kecuali ada macet atau penutupan jalan pastinya butuh waktu yang lebih lama.

Perjalanan Semarang Jogja rute Ambarawa - Magelang


Rute pertama yang biasa ditempuh untuk perjalanan ke Yogyakarta dari Semarang yaitu lewat jalan M.Sarbini Ambarawa hingga ke kota Magelang dan terus ke Jogja.

Perjalanan lewat rute ini butuh waktu sekitar 4 Jam hingga sampai ke Jogja tanpa banyak istirahat dan jika jalan lancar dengan kecepatan normal.

Kelebihan Rute :

- Banyak dilewati orang
- Banyak tempat makan dan penginapan
- Ramai hampir 24 jam
- Mudah ketemu bengkel dan tambal ban

Kekurangan Rute :

- Sering macet
- Jalur utama jadi kadang trafiknya padat

Perjalanan Semarang Jogja lewat rute Ambarawa - Magelang sangat direkomendasikan kalau kamu menyetir di malam hari karena jalurnya yang selalu ramai, walaupun tengah malam lampu-lampu jalan sangat terang dan banyak warung-warung masih buka.

Perjalanan Semarang Jogja rute Salatiga - Kopeng


Berikutnya ada pilihan rute yang melalui kota Salatiga kemudian ambil belok kanan ke jalan lingkar dan selanjutnya ambil jalur ke wisata Kopeng maka nanti akan tembus sampai wilayah muntilan dan langsung ke Jogja.

Rute ini sepertinya membutuhkan waktu yang paling lama diantara rute-rute lainnya karena jalannya yang naik turun. Waktu tempuh bisa lebih dari 4-5 jam mengingat jalan yang agak susah.

Namun, rute ini memiliki pemandangan paling oke dan banyak sekali lewat destinasi wisata lereng gunung. Kalau kamu suka jalan jalan sembari mau ke Jogja maka cocok kalau lewat rute ini.
Kelebihan Rute :

- Banyak lewat tempat wisata
- Pemandangan indah dan udara segar
- Di dekat tempat wisata banyak penginapan dan hotel

Kekurangan rute :

- Jalan berkelok-kelok naik turun
- Kalau malam sangat sepi dan dominan jalan gelap
- Susah cari bengkel ataupun tambal ban

Perjalanan Semarang Jogja rute Kopeng ini lebih disarankan kalau kamu ingin jalan-jalan lewat jalur pegunungan dan menyetir di siang hari, kalau perjalanan malam lebih baik pakai jalur lain.

Perjalanan Semarang Jogja rute Semarang - Boyolali


Terakhir ada rute yang hampir sama ramainya dengan jalur Ambarawa - Magelang, tapi di rute ini kamu bisa lewat Tol kalau perjalanan menggunakan mobil.

Rutenya lebih lancar dan jalannya dominan lurus, sangat aman untuk perjalanan siang ataupun malam hari karena melewati tengah kota, lampur jalan terang, banyak SPBU, banyak tempat istirahat dan mudah cari makan atau bengkel.

Perjalanan lewat rute Semarang - Boyolali sudah menjadi rute utama dari jaman dulu bahkan sebelum adanya TOL Semarang Solo. Lewat rute ini kamu bisa mampir ke Surakarta dulu atau ke Klaten sebelum ke Jogja atau sebaliknya.

Dan jika lewat rute ini kamu akan langsung melewati Candi Prambanan sebelum sampai ke tengah Jogja, waktu tempuhnya sekitar kurang dari 4 Jam dan bisa saja kurang dari 3,5 jam tanpa istirahat lama karena rute ini paling cepat dibanding rute lainnya.

Kelebihan Rute :

- Jalan mudah, lurus dan penerangan sangat bagus
- Mudah cari tempat makan
- Banyak fasilitas perjalanan seperti SPBU dan bengkel
- Bisa lewat jalan Tol dulu
- Jalur palig cepat
- Petunjuk arah jelas

Kekurangan Rute :

- Apa ya, sepertinya rute ini paling enak kalau mau ke Jogja dari Semarang.

Mungkin itulah beberapa rute yang bisa kamu lalui jika akan melakukan perjalanan dari Semarang ke Jogja dengan rekomendasi jalur :

1. Lewat Semarang - Boyolali - Jogja kalau mau lewat Tol dan jalur paling cepat
2. Lewat Semarang - Ambarawa - Magelang kalau akan melakukan perjalanan malam

Rata-rata perjalanan akan menempuh waktu sekitar 4 Jam dengan kecepatan normal, namun itu hanya sampai ketengah kota Jogja saja.

Tentang Perjalanan Semarang Jogja


Kalau kamu masih ingin ke pantai nya maka dari tengah kota akan butuh waktu sekitar 1 jam lagi.

Perjalanan Semarang Jogja lebih nyaman dilakukan pada pagi hari setelah subuh, siang ataupun malam sekalian diatas jam 8 malam.

Perjalanan sore hari misalnya berangkat jam 3 atau jam 4 akan butuh waktu lebih lama karena sering macet dan harus banyak berhenti karena alasan lain misalnya ibadah dan istirahat karena pergantian terang ke gelap.

Kalau bisa, jika ingin melakukan perjalanan dari Semarang ke Jogja di sore hari, carilah tempat istirahat untuk rentang jam setengah 6 - jam 7.

Selain karena alasan pesan dari orang-orang tua, di rentang jam ini banyak Truk atau mobil muatan yang justru menambah kecepatannya dan padatnya jalan.

Terakhir jika kamu butuh rekomendasi pilihan rute perjalanan dari Semarang ke Jogja maka Gambar Iklan akan menyebutkan kalau jalur Semarang-Boyolali-Jogja paling oke untuk dipilih dengan berbagai pertimbangan termasuk untuk perjalanan siang ataupun malam.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Waktu Tempuh Perjalanan Semarang Jogja, Berapa Jam ?
Url : https://www.gambariklan.com/2021/02/perjalanan-semarang-jogja-berapa-jam.html
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Waktu Tempuh Perjalanan Semarang Jogja, Berapa Jam ?"