Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tindakan dan Cara Mengamankan Akun yang Baru Sadar Diretas

Tindakan dan Cara Mengamankan Akun yang Diretas

Gambariklan.com – Peretasan akun diranah internet sudah menjadi resiko yang bisa dialami siapa saja, maka dari itu jika akunmu ada tanda tanda aneh dan bukan kamu yang melakukan maka gunakan cara mengamankan akun yang diretas sebagai berikut.

Keamanan akun-akun yang kita miliki mulai dari email hingga sosial media haruslah sangat diperhatikan dan tanda pertama kemungkinan besar teretas yaitu tidak dapat masuk ke dalam akun.
Hal ini disebabkan karena si peretas sudah mengubah kata sandi dan sudah bisa mengatur dari akun yang dicuri. Kendati demikian masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi akun yang diretas.

Cara Mengatasi Akun yang Diretas


1. Coba Setel Ulang Kata Santi

Pertama kali jika kamu menyadari kalau akun diretas bisa langsung melakukan penyetelan ulang kata sandi, apabila cepat bertindak kemungkinan besar si peretas belum sempat melepaskan email dari akun kamu atau sebaliknya.

2. Segera Beritahu Orang – Orang yang Sering Dihubungi

Berikutnya sebisa mungkin langsung beritahu rekan dan orang-orang yang sering terhubung dengan kamu tentang akun yang diretas, bisa lewat pesan pada jejaring sosial atau langsung chat jika punya nomernya.

Tindakan ini penting dilakukan agar semua orang tau bahwa akun kamu sudah diretas dan mereka tidak akan tertipu jika peretas mengirim suatu permintaan atas nama kamu misalnya uang tunai atas keadaan darurat dan modus modus lain.

3. Amankan Akun Financial

Jika akun yang diretas adalah akun akun yang menyimpan data perbankan atau akun financial maka segera mungkin untuk menghubungi pihak bank atau layanan keuangan yang kamu gunakan untuk memblokir sementara akun akun tersebut.

4. Gunakan Proteksi Antivirus Premium

Tindakan pencegahan terbaik mungkin kamu bisa melakukan scan menyeluruh komputer menggunakan antivirus premium.

Tujuannya agar komputer atau perangkat yang kamu gunakan bebas dari malware yang dapat digunakan mencuri kata sandi dan informasi informasi akun terkait.

5. Amankan Ulang Semua Daftar Layanan Yang Terhubung

Kadang jika akun kita sudah terhubung dengan macam macam layanan maka sebaiknya kamu mengamankan kembali semua daftar layanan terpenting.

Jadikan pengalaman saja jika berlangganan layanan baru lebih baik catat pada note terpisah tentang informasi keterkaitan akun yang mana saja.

6. Coba Ulang Untuk Masuk Ke Akun Tersebut

Harapan selalu ada, apalagi jika kmu menggunakan autentifikasi dua faktor atau cara masuk tambahan, maka cobalah kembali untuk masuk ke layanan tersebut dan putuskan semua tautan dari akun yang berhasil diretas.
7. Perbaiki Layanan Internet

Semua layanan yang terkait dengan akun teretas maka lebih baik segera lakukan perubahan kata sandi yang kuat dan berbeda. Dan juga gunakan jalur akses internet yang berbeda, jika bisa hindari menggunakan Wifi umum yang sangat rentan.

Aktifkan pula fitur keamanan tambahan seperti pertanyaan keamanan atau autentifikasi tambahan ketika mengakses akun dan sangat baik jika semua layanan diaktifkan otentikasi dua faktor.

8. Hubungi Semua Penyedia Layanan Segera Mungkin

Jika baru satu atau dua akun yang bisa diretas, maka tindakan paling efisien kamu harus menghubungi dukungan layanan dari akun terkait misalnya akun media sosial Facebook dan akun email seperti Google untuk meminta memulihkan akses akun.

Cara Mengamankan Akun yang Diretas diatas hanyalah tindakan tindakan yang bisa kamu lakukan jika merasa bahwa akun sudah diretas, apabila akan membuat sebuah akun baru maka sangat disarankan untuk mengaktifkan juga fitur proteksi tambahan yang disediakan.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Tindakan dan Cara Mengamankan Akun yang Baru Sadar Diretas
Penulis : Mas Muktiaji