Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menemukan dan Menghapus Malware Pada Komputer

Cara Menemukan dan Menghapus Malware Pada Komputer

Gambariklan.com - Kalau kamu khawatir dengan adanya Malicious software atau yang dikenal sebagai malware maka bisa kok coba cara menemukan dan menghapus malware pada komputer seperti berikut ini.

Sebagai informasi saja kalau malware atau Malicious software adalah program atau perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menyusup ke sistem komputer kemudian mengambil informasi penting dari komputer tersebut.

Malware ini bisa menginfeksi komputer atau laptop kita dengan masuk tanpa diketahui melalui email, ketika dowload file di internet dan ketika kita menginstall program-program yang terinfeksi.

Tentu malware ini berbahaya karena bisa merusak sistem komputer dan menyebabkan resiko pencurian data atau informasi penting, cara paling umum dari penyerangan malware yaitu ketika mendownload software dari sumber tidak jelas atau atau tautan di email yang sudah disisipkan malware.
Malware merupakan sebuah sebutan dari perangkat lunak yang berbahaya namun untuk jenisnya bisa berupa virus, spyware, adware jahat, worm, trojan horse dan program berbahaya lainnya.

Jangan khawatir, yang penting kamu berhati hati dan tidak sembarangan mengunduh atau menginstall aplikasi dari internet namun jika komputer telah memiliki tanda tanda terinfeksi malware, kamu bisa coba cara menemukan dan menghapus malware seperti berikut :

Tanda Komputer Atau Laptop Terkena Malware

Tanda paling bisa dilihat yaitu komputer atau laptop kita tiba tiba eror dan terjadi hal-hal aneh. Maksudnya ketika kamu merasa " ini komputer kok tidak normal seperti biasanya " maka perlu mengambil tindakan untuk mencari malware.

Tanda Komputer Atau Laptop Terkena Malware

Kadang eror tersebut juga bisa terjadi karena beberapa faktor misalnya perangkat keras yang sudah tua atau komponen rusak dan yang perlu diwaspadai kondisi seperti ini juga bisa menandakan sesuatu yang bermasalah.

Misalnya saja komputer atau laptop kamu normal jaya ketika digunakan dan beberapa saat tiba tiba langsung menjadi lemot dari biasanya tanpa kamu mengutak atik atau melakukan apapun maka mungkin saja ada malware yang berjalan di latar belakang.

Cara Menemukan Malware Pada Komputer atau Laptop


Kecuali melakukan scan dengan antivirus yang up to date, kamu juga bisa melakukan tindakan cepat dan mudah untuk melihat dan memeriksa apakah ada malware pada komputer dengan melihat Task Manager pada Windows dan cek aplikasi apa yang sedang dijalankan.

Cara Menemukan Malware Pada Komputer atau Laptop
1. Kamu buka saja Task Manager dengan klik kanan dan cari Task Manager tersebut

2. Pindah ke tab Processes dan cari aplikasi atau layanan yang tampak asing, misalnya ada aplikasi yang berjalan tetapi tidak kamu gunakan atau akses.

3. Berikutnya Klik kanan dan pilih "Search online" untuk melihat apakah ada orang lain yang menjalankan proses tersebut pada komputer kamu.

Hal ini berlaku jika kamu bekerja pada sebuah jaringan internet atau ethernet, jika terjadi ketika komputer offline maka langsung saja scan lengkap dengan anti virus.

Tidak semua proses yang tak kamu kenal berarti malware atau virus, hanya aplikasi atau layanan yang tidak pernah ada pada komputer umumnya.Untuk bisa membedakan hal ini kamu harus paham benar dengan komputer.

Jika tidak menemukan hal tersebut maka lanjut ke tindakan memindai pc, komputer atau laptop untuk menemukan Malware.

Cara Menenemukan dan Hapus Malware


Sebelum ribet ribet mencari dan download antivirus maka kamu bisa menggunakan Windows Security bawaan Windows terbaru, tapi jika masih menggunakan OS yang lama maka langsung gunakan antivirus saja.

Cara Menenemukan dan Hapus Malware

1. Pertama Buka Windows Security

2. Kemudian cari dan pilih "Virus & threat protection", pada windows 10 fitur ini sudah sangat bagus untuk mengatasi malware.

3. Tinggal Klik "Quick scan" untuk menjalankan proses scan, jika bisa pilih "Scan options" dan gunakan fitur pemindaian lengkap untuk pencarian yang lebih menyeluruh

4. Tunggu sampai ada virus atau malware erdeteksi dan berikutnya tinggal pilih opsi untuk menghapusnya dari komputer atau laptop kamu.

Kamu Bisa Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Malware


Keamanan bawaan dari sistem operasi komputer memang makin canggih tapi tetap saja kita haru mewaspadai dan melakukan tindakan tindakan tertentu agar terhindar dari malware.

1. Selalu update sistem operasi ke versi terbaru dan jangan lupa antivirusnya juga, jika ada dana gunakan saja antivirus yang premium.

2. Jangan pernah membuka email atau lampiran dari orang atau sumber yang tidak dikenal, jika ada email tak dikenal maka baca saja dan jangan ikuti perintah apapun.

3. Jangan mudah memasukkan username dan pasword serta jangan klik tautan link mencurigakan dalam bentuk apapun entah itu via sms atau pada situs web.

4. Periksalah selalu email atau situs web yang kamu akses merupakan situs legal dan dari sumber terpercaya.

5. Jangan sembarangan mengunduh atau menjalankan file dari sumber tidak jelas.

Mungkin itulah cara sederhana Menemukan dan Menghapus Malware Pada Komputer atau laptop kamu, selain waspada dan hati hati agar terhindar dari malware maka ada baiknya pula untuk selalu mengupdate sistem keamanan setiap waktu.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Menemukan dan Menghapus Malware Pada Komputer
Penulis : Mas Muktiaji