Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Cache Windows 10 Untuk Mempercepat Laptop

Cara Membersihkan Cache Windows 10 Untuk Mempercepat Laptop

Gambariklan.com - Mungkin kamu harus tau Cara Membersihkan Cache di Windows 10 Agar Laptop atau Komputer yang kita gunakan Lebih Cepat serta prosesnya lebih ringan.

Jika kamu merasakan komputer atau laptop menjadi lemot ketika digunakan bisa saja disebabkan karena chache nyang menumpuk, hal ini bisa saja terjadi karena laptop yang kita gunakan pasti membuat file-file temporary hasil dari software-software terinstall.

Cache di Windows 10

File cache yang dimaksud adalah data sementara dari aplikasi atau software yang disimpan pada memori komputer dan setiap software pasti membutuhkan space tertentu untuk chachenya seperti browser atau game. 

Jadi semakin sering kita menggunakan software tersebut maka cache akan semakin menumpuk, dan hal ini sangat lah wajar. Jika chace sudah menumpuk dengan ukuran yang besar tentu akan berimbas menghabiskan kapasitas memori komputer.
Maka dari itu kamu bisa coba cara membersihkan cache agar performa laptop atau komputer bisa lebih cepat terutama jika menggunakan sistem operasi Windows 10.

Cara Membersihkan Cache di Windows 10


1. Gunakan Software Tool - Disk Cleanup

Disk Cleanup ini sudah menjadi tool bawaan yang otomatis terinstall ketika memasang sistem operasi Windows 10.

1. Gunakan Software Tool - Disk Cleanup

Cara mengaktifkannya tinggal klik Start Menu dan ketikkan "Disk Cleanup" pada kolom Search.

Setelah itu akan muncul opsi "Disk Cleanup" dan tinggal di klik saja. Akan muncul halaman selanjutnya, dan pilih menu "Windows C" kemudian klik "Ok" maka sistem akan menghitung data-data yang tersimpan di komputer.

Setelah perhitungan selesai tinggal scroll ke bawah dan cari opsi "Temporary files" kemudian pilih kolom dan centang pada opsi "Temporary files".

Pada langkah ini kamu bisa juga memilih jenis file temporary lainnya yang ingin dibersihkan. Terakhir jika sudah selesai pilih "Ok" dan klik "Delete files" maka file cache akan segera dibersihkan dari laptop atau komputer.

2. Hapus Riwayat File Explorer

Langkah selanjutnya kamu bisa menghapus riwayat file explorer, meskipun perbedaannya hanya sedikit, tetapi langkah ini perlu dilakukan.

- Pertama kamu harus membuka menu "File Explorer" terlebih dahulu
- Kemudian cari dan klik tab "View" pada bagian atas layar
- Pilih saja tab "Options"
- Kemudian pada opsi "General" scroll ke bawah pada tab "Privacy"
- Tinggal klik "Clear"

Dengan begini seharusnya file explorer pada windows 10 kamu akan lebih ringan dan lebih mudah membuka sub file yang ada.

3. Bersihkan Cache Pada Semua Browser

Paling penting dan pastinya akan mempercepat loading aplikasi browser ketika internetan yaitu kamu harus membersihkan cache pada semua browser yang terinstall terutama browser paling sering dipakai.

Browser yang menghasilkan banyak cache misalnya Google Chrome, Mozilla ataupun Edge.

Cara menghapus dan membersihkan cache di browser Google Chrome sangat mudah, langkah langkahnya seperti berikut :

- Klik menu ikon tiga titik yang ada pada sisi kanan atas layar
- Akan muncul halaman dan carilah opsi "History"
- Kemudian tinggal klik saja "Clear browsing data" lalu pilih "Clear data"

Berikutnya jika suka menggunakan firefok cara membersihkan browser Mozilla Firefox juga hampir mirip, tinggal pilih ikon tiga garis vertikal pada kanan atas dan pilih "Options" kemudian scroll ke bawah dan cari opsi "Privacy and Security" tinggal klik "Clear history" dan klik "Clear now" untuk menghapus chache.

Untuk menghapus chace pada browser Microsoft Edge pilih saja ikon tiga titik seperti biasa dan pilih opsi "Settings" kemudian cari tab "Clear browsing data" dan pilihlah "Choose what to clear" kemudian klik "Clear" maka secara otomatis chace akan terhapus dan browser menjadi ringan kembali.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Membersihkan Cache Windows 10 Untuk Mempercepat Laptop
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Cache Windows 10 Untuk Mempercepat Laptop"