Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melindungi Smartphone Android Agar Aman Dari Peretasan

Cara Melindungi Smartphone Android Agar Aman Dari Peretasan

Gambariklan.com - Saat ini Android menjadi salah satu sistem operasi paling banyak digunakan dan itulah yang menyebabkan Android menjadi target berbagai macam peretasan dan penyebaran malware.

Tujuan dari tindakan peretasan atau malware ini biasanya untuk mencuri data pribadi dan data data penting dari pengguna seperti informasi perbankan hingga akun media sosial.

Maka dari itu menjaga smartphone tetap aman dan mencegah dari tangan tak bertanggung jawab amatlah penting. Kata sebagian orang android itu aman, tapi percayalah dengan berkembangnya sistem maka tindak kejahatan juga akan berkembang. 

Jadi Gambar Iklan merangkum beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melindungi smartphone agar semakin aman dari tindakan peretasan seperti berikut ini.

Tips Melindungi Smartphone Android Agar Aman Dari Peretasan


Periksa Aplikasi Yang Tidak Perlu

Pertama kamu bisa mengecek daftar aplikasi yang terinstal dan sebaiknya hapus aplikasi aplikasi tidak digunakan dan tidak penting.

Periksa Aplikasi Yang Tidak Perlu
Tindakan ini bisa menambah kapasitas ruang penyimpanan di smartphone dan juga melegakan memori RAM jika aplikasi tersebut berjalan di latar belakang.

Menghapus aplikasi aplikasi yang tidak diperlukan bisa mengurangi potensi berbahaya di ponsel Android, apabila ternyata aplikasi tersebut memiliki celah karena lama tidak di update.

Cek Juga Izin Dari Aplikasi Yang Digunakan

Setelahnya maka yang tersisa adalah aplikasi yang sering dan benar digunakan, maka dari itu kamu juga harus memeriksa izin akses ke smartphone pada setiap aplikasi tersebut dan matikan akses ke yang tidak perlu.

Cek Juga Izin Dari Aplikasi Yang Digunakan

Izin akses dari aplikasi memang harus dibatasi dengan yang penting saja, tujuannya agar aplikasi tidak mengumpulkan semakin banyak data pribadi yang tersimpan pada smartphone.

Ingat, hanya berikan izin yang terkait dengan aplikasi admin perangkat dan aksesibilitas hanya kepada aplikasi yang bisa dipercaya penuh, misalnya pada aplikasi resmi dan sering memberikan fitur Update seperti Whatsapp yang diunduh langsung dari play store.

Selalu Lakukan Pembaruan atau Update

Langkah yang penting berikutnya yaitu kamu bisa sering melakukan update aplikasi ketika sudah muncul pembaharuan yang ada, karena update aplikasi ini sangat penting untuk memperbaiki kerentanan aplikasi.

Selalu Lakukan Pembaruan atau Update

Pada dasarnya pengaturan Aplikasi dari Google Play akan melakukan pembaharuan secara otomatis tetapi tidak ada salahnya juga jika kita mengecek pembaharuan tersebut secara manual dan segera menginstall versi terbaru.

Sebagai catatan, berhati-hatilah jika mengunduh aplikasi bukan dari toko resmi, apabila kamu tidak yakin maka lebih baik unduh dari Play Store saja.

Update Dan Rutin Scan Dengan Software Antivirus

Disamping app store Google Play sudah memiliki Google Play Protect sebagai pengaman yang memeriksa aplikasi sebelum diunggah, jadi aplikasi-aplikasi yang sudah ada pada play store bisa dikatakan aman pada umumnya.

Kemungkinan adanya aplikasi yang berbahaya memang bisa saja terjadi, yang jelas Google Play juga akan mengembangkan keamanannya kemudian jika terdeteksi ada aplikasi berbahaya akan langsung dihapus.

Tapi, tidak selalu kita akan menginstall dari Play Store, bisa juga ada aplikasi dari toko lain yang kita butuhkan. Karenanya ketikan kita mengunduh secara manual file APK gunakanlah proteksi tambahan dari antivirus.

Gunakan antivirus yang sering update dan secara otomatis rutin memindai perangkat sesuai jadwal yang ditetapkan.

Periksa Jika Ada Kebocoran Data

Pada masa sekarang perangkat Android sudah menjadi pusat penyimpanan informasi pribadi berjalan mulai dari foto sampai akun akun sosial dan data percakapan dengan orang lain.

Maka dari itu resiko kebocoran data menjadi lebih "sering muncul" di ranah akses internet, maka dari itu kita harus mengetahui kemungkinan tentang kebocoran data dan cara memeriksanya.

Periksa secara rutin kemungkinan adanya kebocoran data beserta memeriksa pembaharuan aplikasi dan scan antivirus agar ponsel smartphone senantiasa aman dan meminimalisir celah dari serangan peretasan.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Melindungi Smartphone Android Agar Aman Dari Peretasan
Penulis : Mas Muktiaji