Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Email Gmail Lewat PC dan Ponsel Smartphone Dengan Mudah

Cara Daftar Email Gmail Lewat PC dan Ponsel Smartphone Dengan Mudah

Gambariklan.com - Gmail yang merupakan sebuah layanan email milik Google, maka cara untuk men daftar email Gmail ini tentunya sangat mudah dan bisa dilakukan lewat pc ataupun ponsel smartphone.

Ketika membutuhkan sebuah akun email baru, sangat disarankan untuk menggunakan Gmail dari google yang sekarang ini sudah sangat umum digunakan pada smartphone smartphone baru.

Cara mendaftar email Gmail lewat PC ataupun smartphone tidaklah sulit dan bisa dibilang sangat mudah apalagi jika ponsel yang kamu gunakan adalah Android, maka sudah menjadi keharusan untuk membuat satu akun email terlebih dahulu.

Dengan mendaftar Gmail dari Google maka kamu akan langsung terhubung dengan fitur-fitur Google seperti sinkronisasi Google Chrome, Play store, hingga data YouTube dan banyak lagi fitur lainnya.
Keuntungan utamanya data data yang sudah di sinkronkan akan langsung bisa diakses jika kita berganti perangkat dengan hanyak melakukan login akun saja.

Berikut ini Gambar Iklan merangkum step by step cara mendaftar email dari Gmail lewat PC ataupun pada smartphone android yang mudah dan bisa kamu lakukan sendiri.

Cara Daftar Email Gmail Baru Dari PC Komputer atau Laptop


Cara Daftar Email Gmail Baru Dari PC Komputer atau Laptop

1. Buka browser pada perangkat, disarankan Google Chrome

2. Kemudian masukkan alamat www.gmail.com pada web browser Chrome tersebut

3. Klik create an account untuk membuat sebuah akun dan akan terbua form baru

4. Cara lainnya kamu bisa langsung masuk ke alamat https://accounts.google.com/signup agar langsung terbuka form tersebut

5. Berikutnya kamu bisa mengisi data diri dengan lengkap mulai dari nama depan, nama belakang, username, dan password kalau bisa yang formal tapi unik

6. Setelah kamu selesai mengisi nama maka kemudian diharuskan membuat username atau bisa juga memilih sendiri username yang ingin kamu gunakan

7. Jika muncul notifikasi “That username is taken. Try another” artinya nama tersebut sudah digunakan atau ada alasan lain misalnya seperti berikut :

- username yang kamu ingin pakai sudah digunakan orang lain

- bisa juga username yang kamu gunakan sangat mirip dengan yang sudah ada

- username sama dengan nama pengguna yang pernah dipakai orang lain walaupun akun tersebut sudah tidak aktif

- username tersebut pernah digunakan untuk tindakan yang tidak dibenarkan oleh ketentuan Google, misalnya akun yang pernah digunakan untuk spam

8. Jika username yang sudah kamu gunakan disetujui oleh Google dengan muncul centang hijau maka selanjutnya klik Next dan Isi semua kolom yang ada dengan benar

9. Berikutnya akan muncul form yang harus di isi dengan tanggal lahir dan jenis kelamin, data seperti nomor HP dan akun recovery memang bersifat opsional tapi sebaiknya di isi dengan benar juga

10. Klik Next Step kemudian akan muncul syarat dan ketentuan atau agreement dan klik pada kotak persyaratan "I Agree"

11. Jika tidak ada kendala maka akun Gmail kamu sudah aktif dan bisa melakukan pengaturan lanjutan

Mendaftar email Gmail dari PC lebih mudah dalam personalisasinya, namun hal itu hanya masalah selera. Kalau kamu ingin mendaftar lewat ponsel gunakan cara berikut,

Cara Daftar Email Gmail Pada Ponsel Android

Cara Daftar Email Gmail Pada Ponsel Android
Cara daftar email dari smartphone, foto:cdn1.techadvisor.co.uk


Cara daftar email dari smartphone hampir sama saja dengan cara daftar email dari komputer mungkin bedanya hanya dimensi layar dan penyesuaian lebarnya saja.

1. Pertama kamu harus menuju ke menu setting atau pengaturan pada ponsel dan cari menu account atau akun.

2. Pilihlah add account untuk menambah akun atau membuat akun baru

3. Pilihlah hanya pada ikon google saja

4. Berikutnya akan muncul pilihan sign in dan kamu pilih saja create a new account untuk membuat sebuah akun

5. Pilihlah create a new account dan isi nama depan, nama belakang sesuai kolom yang ada kemudian klik next

6. Selanjutnya kamu akan diminta mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin kemudian Klik next

7. Langkah yang sama yaitu memilih username untuk akun Gmail kamu dan klik next

8. Jika muncul notifikasi “That username is taken. Try another” artinya mungkin username tersebut sudah digunakan dan kamu harus mencari username lainnya. Lebih baik gunakan kombinasi nama dan angka agar lebih mudah

9. Apabila username disetujui maka kotak akan berwarna hijau atau ada ikon centang hijau dibagian pinggir dan klik next

10. Kemudian kamu akan diminta untuk membuat password minimal 8 karakter menggunakan huruf kecil, huruf besar, angka dan sebisa mungkin tambahkan karakter unik. Penting untuk dicatat agar kamu tidak lupa

11. Lakukan verifikasi password dengan mengetik ulang pasword yang kamu buat tadi pada kolom bawahnya, klik next

12. Selanjutnya akan muncul form mengisi nomor telepon dan email pemulihan, form ini berupa opsional atau tidak wajib diisi. Tapi tetap saja disarankan untuk di isi dengan benar dan klik next

13. Form berikutnya yaitu kotak Privacy and Terms, tidak perlu dibaca, scroll saja sampai kebawah dan Klik I Agree

14. Setelah itu seharusnya muncul form konfirmasi username dan password, isikan dengan benar dan klik next

15. Pada ponsel akan muncul pilihan pembayaran, tinggal lewati saja dengan klik No Thanks lalu klik Next

16. Semua langkah sudah selesai dan aplikasi akun akan memproses data, jika berhasil maka kamu akan mendapat pemberitahuan berupa email yang berisi kalau kamu sudah memiliki akun Gmail baru.

Kelebihan Menggunakan Akun Email dari Gmail

Jujur saja sekarang email dari Gmail sangat disarankan pada banyak perangkat mulai dari smartphone baru hingga ketika kita menginstall Google Chrome pada PC.

Mungkin ada beberapa keuntungan dan kelebihan menggunakan email keluaran Google tersebut yang bisa gambar iklan ulas seperti berikut,

1. Singkronisasi Perangkat Hanya Dengan Satu Akun

Kelebihan pertama yaitu fitur sinkronisasinya yang bisa digunakan untuk menikmati layanan-layanan dari Google seperti Google Drive, YouTube, Blogger dan sebagainya.

Jadi jika kamu sudah memiliki bilah Bookmark di ponsel atau browser chrome, dan ketika berganti perangkat cukup masuk menggunakan satu akun Gmail saja maka semua setting dang borkmark tersebut juga muncul pada perangkat baru.

2. Akun Gmail Tidak Ada Kadaluwarsa

Berikutnya karena Akun Gmail tidak mengenal kata kedaluwarsa dan berlaku selamanya meskipun bertahun-tahun tidak pernah dibuka asalkan kamu tetap ingat username dan passwordnya saja.

3. Kapasitas Penyimpanan Yang Cukup Besar

Selain bisa dibuat dengan gratis, akun gmail juga memberikan ruang penyimpanan 15 GB, dan kapasitas ini untuk email gratis sudah sangat mencukupi.

4. Bisa Langsung Membuka Lampiran

Fitur bagus lainnya dari Gmail yaitu kita bisa melihat file seperti gambar, pdf, dokumen office tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu, jika terasa penting barulah kita bisa mengunduhnya.

5. Fitur Anti-Spam

Email Gmail secara informasi yang Gambar Iklan baca mempunyai sistem pengamanan yang sangat baik karena semua email yang masuk akan ditolak bila tidak memiliki SSL dan Email tersebut langsung masuk ke label spam.

Sebagai informasi tambahan SSL atau Secure Socket Layer merupakan sebuah protokol kriptografi penyedia alur komunikasi yang sangat aman di internet pada masa sekarang.

Itulah cara daftar email Gmail baru pada komputer, pc, laptop atau smartphone android dengan mudah yang bisa kamu lakukan sendiri serta yang paling penting semuanya gratis.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Daftar Email Gmail Lewat PC dan Ponsel Smartphone Dengan Mudah
Penulis : Mas Muktiaji