Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Teknik Fotografi Smartphone Agar Foto Produk Lebih Menarik

Tips Teknik Fotografi Agar Foto Produk Lebih Menarik

Gambariklan.com – Seni fotografi rasanya saat ini menjadi sangat penting pada berbagai lini bisnis, termasuk pula ketika mengambil foto sebuah produk. Perlu kamu tau ada beberapa tips penting dengan teknik fotografi agar foto produk terlihat lebih menarik.

Foto produk yang menarik bisa menjadikan sebuah barang yang akan dijual menjadi lebih indah dipandang oleh calon pembeli, maka dari itu untuk mengambil foto produk jangan asal jepret saja, kamu bisa coba beberapa tips fotografi berikut ini untuk menghasilkan sudut pandan foto produk menarik.

Perhatikan Sumber Cahaya Alami

Teknik foto produk tidak bisa terlepas dari sumber cahaya yang cukup. Sumber cahaya dari matahari atau sumber cahaya alami menjadi kunci yang lebih baik untuk mendapatkan sisi pandang yang maksimal.

Perhatikan Sumber Cahaya Alami
Namun jika cahaya dari matahari mengalami kendala karena lokasi tempat ataupun cuaca, maka kamu bisa menggunakan cahaya dari lampu dengan memperhatikan sudut datang cahaya tersebut.

Background Netral Lebih Disukai

Dibanding dengan foto produk ber background editing, foto produk dengan background netral lebih disukai pembeli karena memperlihatkan barang tersebut pada ukuran bentuk aslinya.

Persoalan warna juga pilih yang netral atau terkesan alami misalnya latar foto berwarna netral putih, cerah dan warna terang lainnya. Jika ingin terkenas alami lebih terasa gunakan warna coklat motif kayu.

Tujuan dari penggunaan warna alami ini agar pandangan langsung fokus kepada produk tersebut, dan untuk menambah fokus pada produk lakukan penataan di meja foto dimana menggunakan alat alat atau aksesoris yang memperkuat produk utama.

Kamera Handphone Sudah Sangat Cukup

Di masa sekarang ini foto produk bisa dilakukan sendiri dan tidak harus menggunakan kamera canggih seperti DSLR karena kamera dari smartphone saja sudah sangat mumpuni, beli saja smartphon di atas 3 jutaan pasti sudah mendapatkan kualitas kamera bagus.

Selain itu smartphone nya bisa digunakan untuk jualan, dibanding beli kamera mahal yang hanya bisa digunakan untuk foto saja. Kamu hanya perlu mempelajari mode dan fitur untuk memperkuat kualitas dari foto produk yang dilakukan.

Ambil Foto Close Up

Agar detail dan maksud foto produk bisa tersampaikan dengan maksimal maka sangat disarankan untuk mengambil foto dengan metode close up dan hindari menggunakan efek blur atau buram meskipun dilatar belakang.

Ambil Foto Close Up
Metode Close Up akan memperlihatkan sisi sisi barak dengan baik sehingga pembeli bisa memperhitungkan produk itu sendiri, dan jika bisa gunakan satuan ukuran agar pembeli bisa mengira ngira besaran barang.

Permainan Warna Produk

Jangan mengedit foto produk terlalu banyak, cukup edit untuk memperlihatkan warna lebih bagus dan lebih natural. Yang harus kamu lakukan yaitu memberikan permainan warna pada produk tersebut.

Karena nya menggunakan aksesoris tertentu yang bisa memperkuat fokus ke produk menjadi hal yang disarankan. Mengedit foto gunakan saja aplikasi standar seperti Light Room, VSCO dan smapseed.

Hampir semua foto produk yang bagus akan menggunakan latar belakang berwarna cerah ataupun smoth natural, permainan warna pun lebih ke variasi produknya serta aksesoris aksesoris dan hindari latar belakang foto kaya warna karena akan mengaburkan titik fokus ke produk.