Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengisi Daya Smartphone di Mobil Aman dengan Car Charger

Tips Mengisi Daya Smartphone di Mobil Aman dengan Car Charger

Gambariklan.com - Mengisi daya atau ngecas smartphone di mobil ketika perjalanan jauh sebaiknya jangan sembarangan dan ada beberapa tips yang perlu kamu tau agar ponsel kita tetap dalam keadaan aman dan baik.

Dipasaran banyak sekali dijual berbagai macam car charger dari harga yang terjangkau hingga harga yang terbilang mahal, dan tentu saja harga tidak berbohong tentang kualitas yang diberikan.

Ada beberapa pemikiran pengguna bahwa mengisi daya smartphone dengan car charger bisa menyebabkan rusaknya perangkat tapi tidak sedikit juga yang berpandangan mengisi daya smartphone di mobil dengan car charger merupakan hal yang aman dilakukan. 

Nah, agar resiko rusaknya smartphone bisa diminimalisir ketika mengisi daya di mobil ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba agar baterai smartphone tetap aman dan awet walau sering diisi daya langsung dari mobil.

Matikan Smartphone Ketika Mengisi Daya

Saran pertama agar baterai smartphone tetap awet walaupun sering di charge pada mobil yaitu sebisa mungkin matikan atau mode pesawat dahulu dan jangan digunakan ketika sedang diisi daya dengan car charger.

Matikan Smartphone Ketika Mengisi Daya
Apabila smartphone digunakan ketika di isi dayanya maka kemungkinan baterai dan komponen di dalamnya rusak bisa sangat besar, hal ini berlaku untuk pengecasan menggunakan listrik rumahan dan juga listrik DC pada motor ataupun mobil.

Jika harus menggunakan GPS untuk petunjuk jalan lebih baik smartphone di charge terlebih dahulu sampai penuh baru digunakan setelahnya.

Jangan Taruh Smartphone di Bawah Sinar Matahari

Berikutnya yang harus kamu perhatikan yaitu jauh kan smartphone dari sinar matahari langsung atau terpapar sumber panas yang berlebih secara langsung karena smartphone atau charger yang panas dari tambahan faktor luar bisa lebih mudah merusak kompenen di dalamnya.

Jangan Taruh Smartphone di Bawah Sinar Matahari
Jika charger atau smartphone terasa panas lebih baik cabut dahulu dan biarkan hingga suhunya turun barulah dipakai atau di charge kembali, hal ini berlaku untuk semua jenis charger mulai dari cas listrik, cas mobil ataupun powerbank.

Belilah Car Charger yang Memiliki Kualitas Proteksi

Mungkin yang paling penting jangan beli car charger murah karena dayanya tidak stabil dan hampir tidak ada proteksi ketika melakukan charge smartphone. Disini harga tidak bisa berbohong, car charger dengan harga yang cukup tinggi biasanya memiliki banyak proteksi agar pengisian daya smartphone lebih aman.

Belilah Car Charger yang Memiliki Kualitas Proteksi

Jikapun ada proteksi yang harus dimiliki misalnya overheat protection, kemudian harus ada over charge protection dan over discharge protection, tambahan proteksi berikutnya ada over current protection, over voltage protection hingga over power protection.

Proteksi proteksi seperti ini yang bisa mengamankan kualitas baterai smartphone tidak dimiliki oleh car charger dengan harga murah. Jadi tidak ada salahnya membeli car charger dengan harga yang lebih mahal asal bisa lebih awet dan aman.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com Dengan judul : Tips Mengisi Daya Smartphone di Mobil Aman dengan Car Charger, Penulis : Mas Muktiaji.