Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting Untuk Pengelola UMKM

Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting Untuk Pengelola UMKM

Gambariklan.com – Beralihnya metodologi penjualan konvensional menjadi penjualan online tentunya memaksa sebagian besar pelaku UMKM membuat sebuah website mandiri untuk memasarkan produknya ke seluruh nusantara, apalagi dimasa sekarang tatap muka jual beli sudah dihindari.

Mengelola website sendiri artinya butuh web hosting yang mumpuni dan terjangkau, karena itu mungkin kamu bisa menyimak beberapa tips memilih penyedia layanan web hosting untuk pelaku UMKM berikut ini.

Tuntutan memasarkan produk melalui ranah online pada dasarnya terjadi karena penurunan omzet mencapai lebih dari 50 persen pada semua pelaku usaha imbas dari pandemi yang mempengaruhi berbagai sektor.

Maka dari itu untuk menghindari gulung tikar, para pengelola usaha atau UMKM sangat disarankan menggunakan media website sebagai sarana pemasaran produk, dan karena website membutuhkan hosting untuk mengupload semua materi web pastilah butuh web hosting dengan kriteria yang cocok untuk UMKM. 
Dari banyaknya penyedia layanan web hosting ada saatnya kita merasa bingung mana yang terbaik, kalau bisa dibilang sih semua layanan web hosting pasti akan memberikan fasilitas sebaik mungkin jadi kamu harus bisa memilih dengan pertimbangan faktor faktor tertentu yang cocok untuk web pemasaran produk.

Penyedia Web Hosting Memiliki Layanan 24 Jam

Pertimbangan pertama dari banyaknya penyedia layanan web hosting maka kamu akan sangat direkomendasikan untuk mencari sebuah penyedia jasa web hosting yang memiliki layanan 24 jam termasuk layanan pelanggan juga bahkan ketika hari libur.

Hal ini berkaitan jika sewaktu waktu terjadi masalah dengan hosting website maka kita langsung dapat meminta bantuan kepada tim dari penyedia jasa tersebut, apalagi yang namanya website pemasaran barang akan diakses orang pada jam berapapun.

Lokasi Server Web Hosting

Pertimbangan berikutnya yang cukup selektif yaitu lokasi dari server, karena target kita pasar lokal maka lebih baik kita memilih jasa web hosting dengan lokasi server di Indonesia.

Mungkin bisa berbeda jika target pasar UMKM yang dikelola sudah mencapai luar negeri atau mungkin di ranah ASIA, jika begitu carilah layanan web hosting dengan lokasi server di negara dengan kualitas transmisi data tercepat dan stabil misalnya Singapore.
Tapi jika kapasitas pemasaran UMKM ada di lokalan saja atau dalam pulau besar misalnya, pakai saja layanan web hosting yang berada di kota terdekat dengan begitu jika ada permasalahan tentang hosting, permintaan penanganan bisa lebih cepat dan mudah.

Adanya Layanan Backup Data Dari Penyedia

Kemudian kamu juga harus mencari jasa web hosting yang memiliki layanan backup data dan bisa kita minta kapanpun atau dijadwalkan pada waktu waktu tertentu secara rutin jadi jika ada trouble dengan situs kita bisa memulihkannya sedia kala dengan pencadangan terakhir.

Kapasitas Penyimpanan Web Hosting Besar

Ukuran kapasitas penyimpanan juga menjadi pertimbangan yang penting, memiliki kapasitas penyimpanan besar akan sangat cocok dengan website pemasaran karena kita akan sering mengupload katalog.

Untuk harga jangan cari yang murahan karena layanan layanan ini sangat penting dan biasayan penyedia layanan webhosting murah tidak banyak memberikan fitur fitur yang dibutuhkan.

Layanan Bisnis Premium Dengan Kestabilan Penuh

Terakhir mungkin kamu sangat disarankan untuk mengambil layanan bisnis premium, harga cukup mahal tidak masalah karena dengan rata rata harga cukup tinggi penyedia layanan webhosting memiliki infrastruktur yang baik dan memiliki kecepatan serta kestabilan trasfer data yang bagus.