Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Kartu Memori MicroSD Untuk Ponsel Smartphone

Tips Memilih Kartu Memori MicroSD Untuk Ponsel Smartphone

Gambariklan.com – Meskipun sekarang kapasitas memori internal sudah gede-gede tetap saja memori eksternal masih dibutuhkan. Gambari Iklan punya beberapa tips memilih kartu memori microSD agar cocok dengan ponsel smartphone yang kita gunakan.

Sudah jelas jika kartu memori eksternal microSD menjadi salah satu hal penting untuk ponsel dengan ROM atau memori internal berkapasitas terbatas, pasalnya jika memori ROM terbatas maka sebagian besarnya atau hampir setengahnya akan terpakai oleh Sistem Operasi.

Sisa memori yang ada pasti akan digunakan untuk aplikasi seperti penyimpanan game, foto, lagu ataupun video. Apalagi jika kamu punya hobi berfoto-foto atau sering merekam video 4K maka memori tambahan ini sangat dibutuhkan.
Adapun jika ponsel kamu sudah memiliki kapasitas ROM yang besar, MicroSD juga penting dipasang agar file file yang kita simpan seperti diatas mudah untuk di backup dan dipindah ke komputer atau lapotop.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika akan membeli kartu memori microSD untuk ponsel atau smartphone yang sedang dipakai.

Cara Memilih Kartu Memori MicroSD


1. Perhatikan Kapasitas Yang Dibutuhkan

Pertama kali kamu harus tau berapa maksimal kapasitas memori eksternal yang support pada ponsel, informasi ini biasanya ada pada kemasan kardus ponsel ataupun bisa cari di search engine dengan mengetik “spesifikasi merk hp kamu”.

Cara Memilih Kartu Memori MicroSD
Setelah kamu tau berapa dukungan maksimum memori eksternal yang bisa digunakan maka jangan beli memori diatas kapasitas tersebut.

Untuk ponsel ponsel terbaru dengan ram 4GB atau 6GB saja sudah mendukung memori berkapasitas mulai daru 128GB, 256GB, hingga 1TB jadi pilihlah memori dengan maksimum memori sesuai dengan dukungan yang ada.

Pernah ada statmen yang mengatakan “menggunakan memori eksternal sesuai dengan batas maksimal dukungan ponsel karena akan bikin lemot”, iya memang hal ini bisa berlaku tetapi untuk ponsel ponsel lama, sedangkan di ponsel baru teknologinya sudah bisa mengcover daya untuk memori dengan lebih baik.

2. Kebutuhan Kapasitas MicroSD

Berikutnya kamu bisa membeli microsd sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan, misalnya kalau kamu hanya ingin menyimpan foto foto atau lagu lagu saja maka kapasitas 128GB saja sudah sangat cukup.

2. Kebutuhan Kapasitas MicroSD

Apabila kamu butuh memori eksternal untuk mengambil foto dengan mode berlanjut seperti burst shooting atau sering merekam video 4K maka kamu butuh MicroSD dengan kapasitas besar kisaran 512GB, 1TB TETAPI microsd tersebut memiliki keterangan mendukung perekaman 4K.

3. Spesifikasi dan Kecepatan Memori

Paling penting, kamu jangan tertarik oleh harga murah sebab microSD memiliki berbagai macam kelas dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi.

Ketika artikel ini ditulis rata rata kelas yang bagus untuk MicroSD yaitu kelas10, dan kelas dibawahnya seperti kelas6 sekarang harganya menjadi sangat murah.

Jadi perhatikan pada kemasan, berapakah kelas dari memori tersebut dan kecepatan read dan write yang mampu di dapatkan.

MicroSD juga punya beberapa spesifikasi, misalnya microSD yang mendukung kecepatan tinggi, mendukung perekaman 4G, atau hanya mendukung kapasitas besar saja dengan kecepatan yang standar.

Maka dari itu cara memilih microSD terbaik harus memperhatikan dari spesifikasi, kecepatannya, kebutuhan, kapasitas dan berapa maksimal dukungan yang mampu dicover oleh ponsel. Dan terakhir, jangan lupa belilah produk ORIGINAL yang memiliki garansi panjang.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Tips Memilih Kartu Memori MicroSD Untuk Ponsel Smartphone
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Kartu Memori MicroSD Untuk Ponsel Smartphone"