Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Cara Aman Ketika Belanja Di Platform Online

Tips Dan Cara Aman Belanja Di Platform Online

Gambariklan.com – Tidak bisa dipungkiri kini pandangan belanja dan membeli sesuatu sudah berubah dari konvensional yang dulunya datang bertemu langsung kini belanja online lebih mudah. Karena platrform ini sangat luas maka kamu bisa coba tips dan cara aman belanja di platform online.

Mmarketplace atau e-commerce dan platform social e-commerce pun kini memiliki transformasinya sendiri yang menjadi sangat simpel, tinggal transfer saja maka barang yang dibeli akan langsung dikirim ke rumah.

Apalagi di masa pandemi, peningkatan konsumen berbelanja online sangat signifikan. Tentu hal ini masih terkait dengan kemudahan yang ditawarkan. Perpindahan pola ini membuat jumlah konsumen baru juga bertambah.

Permasalahan utama yang muncul dan menjadi pertanyaan apakah aman atau tidak jika kita benar benar langsung menjajal platform belanja ini.

Ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu simak untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan agar belanja online lebih aman.

1. Pelajari Cara Belanja Online Yang Aman

Pertama kali mencoba dan merasa bingung itu sudah menjadi hal yang wajar, tapi untuk membedakan mana penjual yang berkomitmen atau penjual yang baru mencoba juga itu menjadi hal yang lumayan sulit.

1. Pelajari Cara Belanja Online Yang Aman
Buang semua rasa tidak percaya kamu terhadap belanja online seperti takut tertipu atau sebagainya, yang penting ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dalam belanja online kita harus memberikan alamat yang jelas serta posisi pendukung agar barang yang dibeli bisa dikirim ke alamat yang tepat. Memilih barang pun lebih disarankan melihat testimoni yang banyak dan bagus daripada melihat harga yang murah ataupun lokasi terdekat.

Pasalnya testimoni ini tidak pernah berbohong, misal kamu mencari dan menemukan barang yang sama dengan harga yang berbeda tetapi testimoni terbanyak ada di harga yang lebih mahal, maka lebih baik beli barang yang lebih mahal tersebut tetapi banyak tertimoni atau feedback yang bagus.

Metode pembayaranpun disarankan Cash On Delivery ( dibayar ketika barang sampai ) atau ditransfer terlebih dahulu ke platform dan uang akan diteruskan ketika barang sudah sampai dan sesuai pesanan.

2. Mencari Barang dan Membandingkan Harga

Ketika berbelanja online, kamu pasti akan menemukan barang yang sama dengan jumlah banyak dengan penjual yang berbeda. Disini kamu harus tau harga wajar dari barang tersebut. Kalaupun tidak tau kamu bisa membandingkannya, range harga terbanyak misalnya barang tersebut rata rata dijual dengan harga 300rb maka kemungkinan besar itulah harga wajar.

2. Mencari Barang dan Membandingkan Harga
Jadi jika menemukan harga barang yang sangat murah untuk harga war tertentu jangan langsung percaya, contohnya seperti ini :

- Jika harga normal smartphone 7 jutaan, dan ada smartphone yang sama dengan harga 500ribu maka jangan pernah percaya pada lapak tersebut.

- Jika harga normal barang yang kamu cari 3jutaan dan ada barang serupa dengan harga lebih tinggi misalnya 15juta dengan dalih gambar ORI atau kualitas terjamin maka juga jangan percaya.

Posisi seperti ini kamu harus mencari barang dengan rentang harga wajar +- 10%, jadi harga perkiraan untuk barang yang harga normalnya 2juta maka range yang dicari antara 1,8 hingga 2,2juta.

Sekali lagi jangan cari harga yang paling murah tetapi pilihlah barang dengan testimoni feedback terbanyak dimana 80% nya bintang 4 keatas.

3. Ketika Ada Label Promo

Jika kamu menemukan barang dengan label promo maka lebih baik pastikan platform tersebut apakah benar memberikan promo atau tidak. Untuk potongan harga yang disarankan lebih baik menggunakan voucher saja atau diskon ongkirnya dan bukan di barangnya.

4. Macam Macam Penjual

Kamu juga harus tau kalau ada beberapa macam penjual misalnya dari lapak resmi, perorangan ataupun orang yang menjual kembali. Semuanya bagus untuk mencoba dibeli, tetapi sangat disarankan untuk beli ke lapak resmi ataupun perorangan atau toko yang sudah mendapatkan 90% keatas feedback positif.

5. Asuransi dan Klaim

Beberapa platform belanja online yang besar memiliki fitur asuransi barang, klaim jika ada kerusakan dan klaim jika barang hilang. Untuk pembelian barang dengan nilai diatas satu juta maka fitur fitur ini penting untuk digunakan juga.

Dari semua Tips Dan Cara agar Aman Belanja Di Platform Online diatas, yang paling bisa dengan mudah diaplikasikan yaitu kita harus membandingkan dan tau harga wajar dari barang tersebut, kemudian feedback positif dengan jumlah banyak menjadi prioritas daripada harga yang murah.

Artikel Dengan judul Tips Dan Cara Aman Belanja Di Platform Online telah tayang pada Gambariklan.com Penulis : Mas Muktiaji.