Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Terjadinya Kekurangan Sel Darah Putih

Penyebab Terjadinya Kekurangan Sel Darah Putih

Gambariklan.com - Penyebab Terjadinya Kondisi Kekurangan Sel Darah Putih bisa karena banyak faktor, namun pada dasarnya jika kita mengalami kekurangan sel darah merah dan sel darah putih pastinya bisa berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya, karena itu ada baiknya untuk memahami penyebab-penyebabnya.

Mengutip dari situs www.honestdocs.id Kekurangan sel darah putih atau Leukopenia terjadi jika hasil diagnosa jumlah sel darah putih atau leukosit kurang dari 4.000 per milimeter kubik darah, karena kadar normal leukosit orang dewasa berkisar 4.500-10.000 per milimeter kubik namun perlu dipahami dan digaris bawahi bahwa kadar normal tersebut akan bisa berbeda tergantung dengan faktor lain seperti usia atau kehamilan. 

Salah satu efek kekurangan sel darah putih yang paling dikhawatirkan yaitu menurunnya kualitas sistem kekebalan tubuh karena sel darah putih adalah bagian penting yang yang memiliki fungsi untuk menjaga kekebalan atau imun agar bisa melindungi tubuh kita dari serangan penyakit atau infeksi.
Berikut ini Gambar Iklan mengulas beberapa penyebab kekurangan sel darah putih yang banyak terjadi.

Penyebab Kekurangan Sel Darah Putih


1. Adanya Gangguan Penyakit Bawaan dari Lahir

Penyebab pertama sering terjadinya kekurangan sel darah putih tidak lain karena adanya penyakit bawaan lahir, penyakit ini bisa apa saja yang berpengaruh pada proses kerja sumsum tulang untuk produksi sel darah sehingga akan mengganggu produksi darah putih.

Macam penyakit yang dimaksud misalnya sindrom kostmann atau neutropenia yang merupakan sebuah penyakit dengan kondisi bayi lahir memiliki jumlah neutrofil nyang sangat rendah atau bisa juga penyakit myelokathexis yang bisa menurunkan jumlah neutrofit dalam darah di dalam tubuh.

2. Adanya Gangguan Sel Darah atau Sumsum Tulang

Melanjutkan poin pertama, kondisi terjadinya kekurangan sel darah putih juga bisa disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan turunnya kadar sel darah merah ataupun permasalahan gangguan sumsum tulang seperti penyakit anemia aplastic di mana sum-sum tulang berhenti memproduksi sel-sel darah baru.

Contoh penyakit lainya yaitu hipersplenisme dimana kondisi limpa terlalu aktif bekerja dan sel darah berkurang, ada juga sindrom myelodysplastic yaitu kondisi kelainan darah ditandai dengan gangguan fungsi sumsum tulang yang menyebabkan produksi sel darah menjadi terganggu.

3. Penyakit Menular

Ternyata kondisi kekurangan sel darah putih juga bisa terjadi karena jenis penyakit menular yang menyebabkan leukopenia seperti TBC, HIV atau AIDS.

4. Kondisi Autoimun

Berikutnya kekurangan sel darah putih kadang terjadi karena autoimun dimana sistem kekebalan tubuh dan jaringan tubuh sendiri terganggu misalnya penyakit yang merusak sel darah putih atau sel sumsum tulang.

5. Sedang Pengobatan Kanker

Pengobatan Kanker seperti kemoterapi, terapi radiasi, maupun transplantasi sumsum tulang belakang juga bisa menyebabkan kekurangan darah putih karena bisa mengganggu fungsi sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah.

6. Sarkoidosis

Sarkoidosis merupakan sebuah penyakit sistemik yang disebabkan oleh respon imun berlebihan sehingga terjadi pembentukan granuloma atau daerah peradangan kecil di berbagai jaringan dalam tubuh, nah jika granuloma ini terbentuk di sumsum tulang belakang tetntu akan menyebabkan produksi sel darah terganggu.

7. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Penyebab paling sering terjadi karena tubuh kekurangan asupan vitamin atau mineral seperti vitamin B12, asam folat, tembaga, serta zinc dimana mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk memproduksi darah putih.

8. Gangguan Pada Limpa

Adanya gangguan pada limpa juga bisa menurunkan produksi sel darah putih misalnya terjadi infeksi, pembekuan darah ataupun masalah lain sehingga menyebabkan limpa membengkak dan fungsinya menjadi tidak sempurna.

9. Menggunakan Jenis Obat Tertentu

Ada beberapa jenis obat yamg bisa menimbulkan efek samping terjadinya kurangnya sel darah putih pada tubuh misalnya clozapine, siklosporin, interferon, bupropion, minocycline, sirolimus, natrium valproate dan lain sebagainya. Karena itu sebelum mengkonsumsi obat-obatan tanyakan kepada dokter apa sajaefek samping yang bisa terjadi.

10. Adanya Infeksi Virus

Infeksi virus jika terjadi di sumsum tulang belakang maka akan membuat fungsi sumsum tulang dalam menghasilkan limfosit menjadi terganggu dan tidak stabil akhirnya produksi darah putih akan berkurang.

Penutup Penyebab Kekurangan Sel Darah Putih


Itulah beberapa Penyebab Kekurangan Sel Darah Putih yang bisa Gambar Iklan ulas, pada dasarnya menurut para ahli kesehatan sangat banyak sekali penyebab yang mengakibatkan jumlah darah putih berkurang, namun faktor-faktor diatas adalah penyebab yang paling sering ditemui.