Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Penyebab Sakit Tenggorokan

Macam Penyebab Sakit Tenggorokan

Gambariklan.com - Pada umumnya sangat banyak penyebab sakit tenggorokan, tapi yang jelas sebagian besar penyebabnya karena adanya penyakit yang lain. Dan karena itulah kamu harus penyebabnya terlebih dahulu sebelum memilih cara mengatasinya.

Sakit tenggorokan biasanya terasa saat menelan, meskipun rasa sakitnya sama penyebab utamanya harus dikenali terlebih dahulu karena berbeda penyebab maka penanganannyapun akan berbeda.

Berikut ini ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab munculnya sakit tenggorokan yang harus kamu tau.

Penyebab Sakit Tenggorokan


1. Kamu Sedang Flu

Pertama dan yang sering terjadi kamu sedang mengalami flu ataupun gangguan sinus yang juga bisa menjadi penyebab tenggorokan sakit, sejatinya influenza atau flu adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus dan disertai gejala lain seperti batuk atau pilek.

Kedua penyakit ini antara flu dan sinus membuat tubuh merespon untuk membersihkan tenggorokan dari drainase karena itulah tenggorokan akan teriritasi dan menjadi sakit ketika menelan makanan. 
2. Radang Tenggorokan

Penyebab berikutnya yang juga banyak terjadi yaitu karena radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau infeksi virus bahkan bisa juga karena reaksi alergi terhadap alergen dari lingkungan seperti polusi dan asap rokok.

Radang tenggorokan menyebabkan rasa sakit saat menelan dan bisa juga menimbulkan gejala lain seperti pembengkakan kelenjar getah bening ataupun pembengkakan amandel namun semuanya akan berakibat munculnya rasa sakit pada tenggorokan.

3. Radang Amandel

Sudah jelas jika radang amandel bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan sakit, radang amandel disebabkan oleh bakteri dan berbagai virus serta bisa kena ke semua usia meskipun begitu sampai saat ini radang amandel paling banyak terjadi pada anak-anak.

Sakit tenggorokan menjadi gejala yang utama muncul jika amandel membengkak kemudian bisa saja terjadi demam.

4. Kondisi Batuk yang Kronis

Batuk beberapa saat itu sangat normal namun jika batu berlangsung lebih dari delapan minggu maka akan disebut dengan batu kronis, kering atau berdahaknya batuk kronis pasti mengganggu kondisi tenggorokan.

Karena sudah mencapai level batuk kronis maka tenggorokan sakit saat menelan akan lebih parah dan disertai bersin atau sesak napas.

5. Disebabkan Difteri

Difteri merupakan sebuah kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan bisa berakibat serius, bakteri difteri akan memengaruhi selaput lendir hidung hingga tenggorokan dengan membentuk selaput putih tebal baru di atas permukaan dalam hidung dan tenggorokan.

Gejala Difteri sangat banyak mulai sakit sangat pada tenggorokan, demam, munculnya bercak tebal abu-abu di amandel hingga pembengkakan kelenjar di leher, jadi kondisi tenggorokan akan benar-benar parah jika dibiarkan saja.

6. Asam Lambung Kronis

Asam lambung kronis juga bisa menjadi penyebab tenggorokan sakit berikutnya karena asam lambung mengalir naik kembali hingga ke esofagus atau kerongkongan dan cairan asam lambung tadi menimbulkan iritasi dinding esofagus berakibat munculnya rasa nyeri pada tenggorokan.

7. Esofagitis

Peradangan pada kerongkongan atau esofagus yang disebut dengan penyakit esofagitis juga akan sangat membuat tenggorokan terasa sakit karena esofagus mengalami iritasi cukup berat.

Gejala Esofagitis selain tenggorokan sakit saat menelan bisa juga munculnya rasa sakit di dada, sakit perut, suara serak, batuk hingga terjadi mual muntah.

Maka dari itu jika tenggorokan terasa sakit yang dalam dan sulit untuk menelan maka ketahui dulu penyebabnya kemudian sembuhkan dulu barulah melakukan penanganan terhadap tenggorokan yang sakit.