Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menurut Ahli Gizi Ternyata Minum Kopi Baik untuk Kesehatan

Menurut Ahli Gizi Ternyata Minum Kopi Baik untuk Kesehatan

Gambariklan.com – Tempat ngopi yang akhir akhir ini menjamur di pinggir pinggir jalan tentunya memunculkan pertanyaan apakah minum kopi baik untuk kesehatan atau tidak.

Tapi ternyata menurt para ahli gizi, mengonsumsi kopi baik untuk kesehatan jika dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Mungkin ada beberapa hal tentang minum kopi yang perlu kamu tau.

Kopi Itu Mengandung Antioksidan


Selain kafein, kopi juga mengandung antioksidan yang selalu dikaitkan dengan perlindungan kesehatan.

Apalagi dengan besarnya kandungan asam klorogenat serta polifenol sudah terbukti mampu untuk mengurangi peradangan dan bisa membantu memperkuat perlindungan terhadap penyakir kronis termasuk obesitas.
Kopi Bisa Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Berdasarkan penelitian juga bahwa peluang terkena penyakit diabetes tipe 2 menurun sebesar 6 persen untuk setiap cangkir per hari dengan alasan adanya efek antioksidan anti-inflamasi kopi serta karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan pembakaran kalori.

Kopi Bisa Memberikan Energi Tambahan

Untuk perihal ini butuh pemahaman yang lebih dalam, karena dengan mendapatkan kafein dalam jumlah sedang saja sudah meningkatkan kinerja atletik mulai dari peningkatan sirkulasi, peningkatan kekuatan otot hingga daya tahan dan mampumengurangi rasa nyeri otot.

Bisa di ibaratkan mendapatkan semangat atau lonjakan energi akan membuat kita bisa beraktifitas lebih kuat, karena itu tidak jarang kita mendengar kalau ada orang orang yang merasa lemas kalau belum minum kopi.

Relaksasi dan Kebahagiaan

Pada beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa minum kopi dapat menghasilkan energi yang positif yang salah satunya yaitu kesenangan, sensasi ketenangan dan kebahgiaan. Bahkan pada salah satu hasil studi harvard menyebutkan bahwa kopi juga bisa mengurangi risiko depresi.

Kopi Tidak Membuat Dehidrasi

Masih dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa setelah mendapatkan asupan kafein dari kopi selama 4 hari secara konsisten maka tubuh bisa menyesuaikan dan meniadakan efek dehidrasi.

Kopi Dan Resiko Penyakit Rendah

Kandungan kandungan yang dimiliki kopi dapat melindungi tubuh kita dari kanker tertentu misalnya kanker payudara, kanker kolorektal hingga kanker endometrium dan prostat sampai penyakit jantung.

Disisi lain manfaat kafein dari kopi juga dapat mencegah penurunan kognitif serta penurunan kemungkinan stroke karena itu kopi sering dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit penyakit tertentu bahkan sampai sekarang hal ini masih terus menjadi penelitian di banyak negara.