Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Saga Untuk Mengatasi Sariawan Hingga Sakit Perut

Manfaat Daun Saga Untuk Mengatasi Sariawan Hingga Sakit Perut

Gambariklan.com - Cukup banyak Manfaat daun saga untuk kesehatan yang mungkin jarang orang tau, meskipun daun ini sering ditemui pada sekitar rumah, tidak sedikit yang menganggapnya tidak berguna.

Daun saga ini berukuran kecil bersirip ganjil dan rasanya agak manis, di kalangan oran tua jaman dahulu dipercaya memiliki kandungan dan manfaat baik untuk tubuh sehingga serta sering dijadikan ramuan obat tradisional.

Perlu kamu tau kalau bijinya sangat beracun jadi perlu berhati-hati jika ingin menggunakannya. Adapun manfaat daun saga untuk kesehatan adalah hasil dari kandungannya yang sangat banyak.

Nama latin daun saga yaitu Abrus precatorius L. dan sebagian besar cara konsumsinya dengan direbus kemudian air rebusannya langsung diminum ataupun dibuat teh, rasa rebusan air daun saga sedikit manis.
Diketahui dari penelitian bahwa daun saga memiliki senyawa flavonoid yaitu antioksidan, triterpene glycosides, abrin, dan juga alkaloids serta memiliki juga efek antibakteri.

Berikut ini gambar iklan merangkum beberapa manfaat daun saga untuk kesehatan yang mungkin harus kamu tau, tapi untuk penggunaanya sebaiknya tanya kepada orang yang pernah dan sering merebusnya.

Manfaat Daun Saga Untuk Kesehata


Daun Saga Bisa Meredakan Panas Dalam

Salah satu manfaat daun saga yaitu dapat meredakan panas dalam, mekipun panas dalam ini permasalahan kesehatan yang ringan, mencoba bahan alami juga tidak ada salahnya.

Cara menggunakan daun saga untuk meredakan panas cukup mudah tinggal ambil sekitar 15 an daun saga dan cuci bersih kemudian rebus daun saga dengan 2 gelas air dan tunggu hingga dingin setelah itu saring dan diminum.

Membantu Mengatasi Sariawan

Masih seputar gejala panas dalam, manfaat daun saga lainnya bisa digunakan mengobati meredakan sariawan. Daun saga bisa membantu meredakan sariawan karena mengandung bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat serta turunan metilnya.

Ambil saja beberapa pucuk tangkai daun saga yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari kemudian di kunyah tetapi jangan ditelan, atau rebus 10 gram daun saga dengan setengah liter air kemudian saring dan gunakan untuk berkumur 3 kali sehari.

Daun Saga Untuk Meredakan Batuk

Sifat antitusif dari daun saga bisa menjadi obat yang menekan dan meredakan batuk karena antitusif bekerja menghambat daerah koordinasi serta mampu untuk mengubah lengkung refleks batuk, perihal ini masih sering dilakukan penelitian, Meskipun begitu tidak jarang orang tua di desa juga menggunakan rebusan daun ini ketika batuk.

Meredakan dan Mengatasi Sakit Perut

Pada beberapa resep pengobatan, daun saga juga ada dan digunakan untuk mengatasi sakit perut. Caranya bisa dimakan langsung atau minum air rebusannya untuk melancarkan mengeluarkan racun. Sulit untuk dipastikan, tapi bisa kamu tanyakan pada orang-orang tua yang tinggal di desa

Mencegah Diabetes dan Kanker

Daun Saga memiliki kandungan antioksidan yang tidak diragukan lagi sehingga mempunyai berbagai khasiat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh apalagi antioksidan sudah dikenal sejak lama dikenal dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan diabetes.

Daun saga jika direbus maka air rebusannya memiliki rasa yang sedikit manis dan bisa melegakan tenggorokan, karena itu minum air rebusan daun saga atau teh dari daun saga akan membantu meredakan batuk dan mencegah kanker serta menekan diabetes.

Anti bakteri

Daun saga diketahui mengandung senyawa saponin dimana senyawa tersebut berkhasiat sebagai antibakteri pada kadar 0,09%, kalau kamu pernah melihat orang terluka kemudian di tempel daun ini yang sudah dihaluskan itu karena kandungan anti bakterinya.

Mencegah dan Mengatasi Diare

Manfaat daun sagayang sering dan paling banyak dijumpai yaitu digunakan untuk mengatasi masalah diare karena sifat antioksidan dan anti bakterinya bisa membuang racun-racun didalam perut yang menjadi penyebab munculnya diare, cara menggunakannya seperti diatas dengan meminum air rebusanya.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Manfaat Daun Saga Untuk Mengatasi Sariawan Hingga Sakit Perut
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Saga Untuk Mengatasi Sariawan Hingga Sakit Perut"