Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Kopi

Macam Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Kopi

Gambariklan.com - Perlu kamu tau ada beberapa macam makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan kopi karena bisa menimbulkan efek yang kurang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Belakangan ini kopi mulai digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak muda remaja hingga orang tua dan hal itu bisa kita lihat dari banyaknya kedai atau warung kopi yang banyak muncul dipenjuru kota.

Jelas yang namanya kopi sangat tepat menjadi teman nongkrong, apalagi ada juga yang minum kopi bersama makanan berat lainnya, tepi perlu kamu tau tidak semua jenis makanan bisa kamu konsumsi bersama dengan kopi karena akan ada dampak yang ditimbulkan.
Masalahnya justru ada beberapa makanan yang terasa lebih nikmat dengan minum kopi padalah jika kedua makanan tersebut masuk bersamaan akan memengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap mineral dan vitamin dari makanan yang disantap.

Apabila dibiarkan saja dan tidak peduli bisa saja menjadi sumber masalah kesahatan atau penyakit disamping itu nutrisi yang terkandung pada makanan justru tidak bisa dirasakan secara maksimal.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan bersama dengan kopi yang sudah Gambar Iklan rangkum dari berbagai sumber.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Kopi


Daging Sebagai Sumber Protein

Pertama daging menjadi bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan kopi selanjutnya karena kopi sendiri mengandung zat tannate yang bisa membentuk ikatan dengan beberapa mineral pada makanan.

Ikatan dari zat ini akan sangat sulit untuk di urai pencernaan dan penyerapannya, apalagi minum kopi setelah makan daging membuat kamu mengeluarkan zinc yang justru seharusnya zat tersebut diserap pencernaan.

Jadi hindarilah meminum kopi setelah makan makanan yang mengandung zinc misalnya tiram, daging merah atau daging unggas.

Jangan Minum Susu Bersamaan Kopi

Berikutnya hindari minum susu atau olahan susu dalam bentuk apapun bersamaan dengan minum kopi karena kafein dalam kopi biasa bisa mengganggu penyerapan kalsium dan akan meningkatkan jumlah kalsium terbuang dalam urin.

Meskipun kopi dan susu rasanya enak efek sampingnya akan membuat kamu mengeluarkan beberapa persen kalsium yang harusnya diserap.

Antara kopi dan susu memang memiliki manfaat sendiri sendiri, dan apabila ingin mendapatkan kedua manfaat tersebut dengan maksimal lebih baik minum diwaktu yang terpisah.

Semua Jenis Jamur

Jamur termasuk bahan makanan atau bisa juga sayuran yang kandungan vitamin D sangat banyak, tetapi bertolak belakang dengan kopi yang membuat kadar vitamin D rendah. Jadi jika makan jamur dalam bentuk apapun lebih baik minum air putih yang netral dan hindari kopi.

Kacang - Kacangan

Kacang - Kacangan mengandung zat besi nabati dimana cukup sulit untuk diurai dalam waktu yang singkat, efeknya jika minum kopi setelah makan kacang kacangan sama seperti daging yaitu akan memperkuat ikatan tersebut dan membuat tubuh harus bekerja keras dalam menyerap zat tersebut.

Daging Ikan

Selain daging merah kamu juga dilarang untuk makan daging ikan bersamaan dengan kopi karena berbagai mineral didalam ikan akan menjadi lebih sulit untuk diserap tubuh.

Aneka Gorengan

Terakhir yang sangat dilarang yaitu mengonsumsi kopi bersamaan dengan menikmati gorengan, walaupun rasanya sangat nikmat justru akan membuat kandungan lemak jahat dan kolesterol dalam gorengan bisa meningkat beberapa kali lipat dibandingkan minum air putih.

Mungkin itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi, kamu bisa kok menikmati makanan yang bersifat netral seperti biskuit menjadi teman minum kopi selain dari jenis makanan yang disebutkan diatas.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Kopi
Penulis : Mas Muktiaji