Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Kondisi Kulit Yang Bisa Memberitahukan Kondisi Kesehatan

Macam Kondisi Kulit Yang Bisa Memberitahukan Kondisi Kesehatan

Gambariklan.com – Setiap orang pastinya memiliki kondisi kulit yang berbeda, namun ada kondisi kulit tertentu yang mampu untuk memberitahukan bagaimana kondisi kesehatan kita dan hal tersebut juga berlaku untuk semua orang.

Kondisi kondisi seperti ini kerap kalai diabaikan dan dianggap biasa saja tetapi memahami kondisi kulit sangat penting karena tanda tanda tersebut merupakan efek dari perubahan kondisi kesehatan yang lain.

Seperti yang kita tau bahwa kulit merupakan organ terbesar dan terluar pada tubuh maka dari itu kulit akan bisa memberitahukan apa yang terjadi pada organ organ dibawahnya.
Maka dari itu sering kali kita menemukan pemeriksaan kesehatan yang mulai dari kulit terlebih dahulu karena kondisi kuli bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang mendasarinya dan faktor faktor lain yang sedang terjadi.

Terjadinya Kondisi Kulit kering

Apabila kamu mendapati kondisi kulit menjadi kering dan pelembap tidak berhasil menghilangkannya maka lebih baik berkonsultasilah kepada dokter karena bisa jadi kondisi kulit kering kronis disebabkan oleh eksim atau hanya kekeringan umum cuaca saja.

Jika memang disebabkan karena Eksim maka kulit akan mengalami kondisi peradangan kronis dan dapat menyebabkan kulit kering gatalhngga meradang. Tidak diragukan lagi jika kondisi demikian berhubungan dengan komponen imunologi dan genetik serta lingkungan sekitar.

Munculnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Jika muncul lingkaran gelap pada bagian bawah mata kemungkinan besar akibat fakor genetika, usia atau sebagian besar karena pola gaya hidup yang membuat istirahat tidak berkualitas.

Pertama mungkin lingkaran hitam dibawh mata terjadi secara anatomis karena seiring bertambahnya usia dan bantalan lemak tersebut berubah menjadi lebih banyak cekungan.

Penyebab lainnya bisa jadi karena kekurangan nutrisi, dehidrasi atau kurang tidur, jika kurang tidur pastinya rentan sekali menjadi kondisi insomnia dan lebih buruknya akan berdampak pada kesehatan lambung.

Munculnya Bintik Bintik Kecil

Sangat normal sekali jika seseorang memiliki bintik-bintik kecil berwarna hitam dan bisa jadi bintik tersebut berwarna lebih terang di bagian tubuh dan rata rata tidak berbahaya tetapi harus kamu perhatikan juga perkembangannya.

Jika bintik tersebut tetap dan tidak berkembang maka tidak apa apa tetap jika bintik-bintik tersebut tumbuh dan berkembang cepat dikhawtirkan menjadi salah satu tanda kanker kulit dan kondisi demikian sangatmembutuhkan penanganan medis.

Munculnya Bercak Gelap Pada Wajah

Bercak gelap yang muncul atau pigmentasi gelap pada wajah yang juga dikenal sebagai melasma pada umumnya berhubungan secara hormonal kepada wanita dan kadang ada kaitannya dengan kehamilan.

Memang pada dasarnya tidak menandakan sebuah masalah medis karena hal tersebut dapat dipicu oleh lonjakan hormon dan kondisi yang terjadi bisa diperburuk oleh sinar matahari maka dari itu jika muncul bercak gelap pada wajah lebih baik hindari dulu sinar matahari yang menyengat.

Tumbuh Bulu Bulu Halus Pada Wajah

Jika tumbuh bulu di wajah untuk kaum laki laki tentu itu menjadi sebuah hal yang sangat normal, tetapi berbeda jika hal ini terjadi pada wanita karena rambut wajah yang tumbuh berlebihan bisa menjadi tanda terjadinya hormon tidak seimbang.

Atau yang lebih parah kondisi demikian juga bisa menjadi tanda sindrom ovarium polikistik dimana ada hubungannya dengan gangguan kesuburan dan penyebabnya karena adanya hormon androgen yaitu jenis hormon yang dibuat oleh kelenjar gonad.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Macam Kondisi Kulit Yang Bisa Memberitahukan Kondisi Kesehatan
Penulis : Mas Muktiaji