Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Sepele Yang Justru Berbahaya Bagi Kesehatan

Kebiasaan Sepele Yang Justru Berbahaya Bagi Kesehatan

Gambariklan.com - Di rutinitas sehari-hari ternyata banyak lho kebiasaan sepele yang bisa berbahaya bagi kesehatan misalnya menahan bersin dan juga menunda buang air kecil, kedua hal tersebut sangat simpel tapi memiliki dampak tertentu.

Tidak hanya menahan bersih dan buang air kecil, namun masih banyak lainnya hal-hal sepele yang bisa menimbulkan dampak tidak baik dan justru masih kita lakukan sampai saat ini, mungkin saja.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan dimana kerap dianggap sepele tetapi justru memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan yang sudah Gambar Iklan rangkum dari berbagai sumber.

1. Menunda-Nunda Untuk Buang Air Kecil

Sering kali kita memutuskan untuk menunda buang air kecil karena sedang dalam kondisi atau hal yang tidak bisa ditinggal, jadi sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Pokoknya kalau sudah terasa ingin buang air kecil langsung lakukan.

1. Menunda-Nunda Untuk Buang Air Kecil
Jika kita kerap menunda buang air kecil dampak yang bisa muncul sangat bahaya yaitu bisa menyebabkan Infeksi Saluran Kemih dan jika terus menahan nahan bisa jadi akan berisiko mengalami gagal ginjal serta munculnya permasalahan lain.

Kondisi seperti ini terjadi karena ginjal tidak bisa melakukan fungsinya melakukan penyaringan terhadap racun yang diproduksi tubuh dan material-material kotoran sisa pencernaan yang harusnya langsung dikeluarkan.

2. Sering Menjilat atau Meniup Luka

Meniup niup serta menjilat luka kecil kadang sering dilakukan, dengan dalih agar luka cepat sembuh, tapi kebiasaan ini harus kamu hentikan jika mendapati luka goresan.

Pasalnya berdasarkan penelitian para ilmuwan dari Harvard University menemukan lebih dari 600 spesies mikroorganisme yang ada di dalam mulut kemudian darah pada luka justru menjadi tempat yang sempurna untuk mereka.

Maka dari itu kamu harus menghentikan tindakan menjilat luka dan lebih baik gunakan saja obat khusus pada luka untuk mempercepat pemulihannya, di sisi lain menggunakan obat luka bisa menghindarkan dari infeksi.

3. Bermain atau Menggunakan Ponsel di Toilet

Merasa bosan ke toilet pastinya lebih menyenangkan menggunakan hp atau ponsel dan melihat-lihat konten hiburan.

Tentu jika kita membawa ponsel ke toilet maka akan menghabiskan lebih banyak waktu di sana dan ternyata semakin lama kita ditoilet justru bisa meningkatkan tekanan di pembuluh darah anus sehingga memberikan efek resiko mengalami wasir.

Dan hal sepele yang di khawatirkan ponsel akan lebih banyak tercemar bakteri, padahal kita akan memegang ponsel tersebut sepanjang hari.

4. Sering Menahan Bersin

Sering menahan bersin atau batuk artinya sama saja tidak membiarkan tubuh untuk mengeluarkan benda-benda asing itu dari tubuh serta tidak membolehkan tubuk bergerak refleks seperti fungsinya.

Bersin muncul sebagai sebuah gerakan refleks untuk menyingkirkan bakteri, virus, dan partikel debu yang masuk melalui hidung, menahan bersin juga dapa membuat seluruh kekuatan bersin kembali ke dalam tubuh dan resikonya bisa melukai organ pernafasan, pendengaran dan meningkatkan tekanan darah.

5. Sering Menyentuh Wajah Tanpa Cuci Tangan

Menyentuh wajah, mulut dan mata selalu dilakukan dengan sengaja atau tanpa segaja karena bisa termasuk sebagai gerakan reflek juga, tetapi menyentuh wajah dalam keadaan tangan yang kotor akan meningkatkan risiko permasalahan kesehatan kulit seperti jerawat.

Apalagi buat kamu yang memiliki kulit sensitif maka mulai sekarang biasakan bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah, serta lakukan sering sering untuk cuci tangan.