Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Buruk Memakai Kaus Kaki Sempit

Dampak Buruk Memakai Kaus Kaki Sempit

Gambariklan.com - Kamu harus tau dampak buruk memakai kaus kaki sempit yang ternyata dapat menimbulkan berbagai masalah pada kaki, mungkin hal ini terlihat simpel dan memakai kaus kaki ketat bisa terkesan keren, sebaliknya sangat disarankan untuk dihindari.

Kadang karena tuntutan kerja apalagi soal penampilan, menggunakan kaus kaki dengan ukuran sempit harus dipaksakan walau terasa kurang nyaman dan jika hal ini diteruskan dalam waktu lama bisa bisa menimbulkan masalah kesehatan di kaki.

Maka dari itu cari dan gunakan kaus kaki yang pas dan jangan terlalu ketat saat digunakan, salah satu dampaknya seperti mengganggu sirkulasi darah hingga menyebabkan kaki mati rasa.
Selengkapnya Gambar iklan merangkum beberapa dampak buruk memakai kaus kaki sempit yang mungkin terjadi jika dilakukan dalam jangka panjang.

Menggunakan Kaos Kaki Sempit Meningkatkan Risiko Varises

Pertama, karena menggunakan kaos kaki yang sempit maka aliran aliran darah akan terhambat dan dapat meningkatkan risiko varises bahkan tidak hanya itu, bisa juga memperparah kondisi jika memang sudah terkena varises.

Pastinya Mengganggu Sirkulasi Darah

Yang sudah pasti dari dampak buruk memakai kaus kaki sempit tentu saja terganggunya sirkulasi darah di sekitar telapak kaki karena kaus kaki ketat bisa menghambat aliran darah daritubuh bagian atas ke kaki.

Aliran darah terganggu karena disebabkan pembuluh darah tertekan oleh jaringan di sekitarnya dimana jaringan tersebut tertekan oleh kaos kaki.

Dampak pertama yang dirasakan yaitu kaki menjadi terasa tidak nyaman dan terasa nyeri karena oksigen dalam aliran darah tidak lancar mengalir sampai ke jaringan otot, maka jangan gunakan kaos kaki yang terlalu ketat dalam waktu lama.

Kaki Bisa Bengkak

Setelah varises dan rasa nyeri maka berikutnya kaki bisa bengkak bengkak dalam waktu singkat atau waktu waktu tertentu yang dalam istilah medis disebut dengan edema.

Edema adalah salah satu efek samping lainnya dari menggunakan aksesoris di kaki termasuk kaos kaki yang terlalu sempit karena akumulasi cairan tidak terdistribusi dengan lancar di seluruh bagian.

Kaki Bisa Mati Rasa

Bengkak dan varises yang berkepanjangan akan membuat kaki bisa mati rasa, kondisi ini terjadi juga karena terhambatnya aliran darah.

Apabila kondisi demikian dibiarkan berlarut-larut maka kaki akan sering terasa mati rasa, jika sudah pernah terjadi maka hentikan menggunakan kaos kaki yang ketat

Kulit Kaki Bisa Iritasi

Dampak memakai kaos kaki ketat berikutnya jika dilakukan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan iritasi kulit yang mulanya hanya meninggalkan bekas pada kulit saja.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif bisa jadi setelah beberapa hari akan terjadi iritasi dan kulit akan terlihat kemerahan dan bahkan terasa gatal, jika dibiarkan saja pasti akan menjadi infeksi.

Kulit Kaki Mudah Terkena Infeksi Jamur

Kondisi kulit kaki yang selalu lembab akibat kaos kaki ketat dan sempit akan menyebabkan munculnya infeksi jamur pada bagian sela sela jari jempol dan telunjuk kaki dengan rasa yang amat gatal.

Infeksi jamur bisa terjadi karena kulit tertekan kaus kaki yang terlalu sempit kemudian iritasi bercampur dengan keringat sehingga kulit kaki menjadi lembap akhirnya muncul jamur jamur kaki.

Mungkin itulah hal-hal yang menjadi dampak buruk dari memakai kaus kaki sempit setiap hari, lebih baik pilihlah kaus kaki yang sesuai dengan ukuran agar kaki terasa nyaman ketika beraktifitas.